Jalin Silaturahmi dan Tingkatkan Kapabilitas APIP, Inspektur Daerah Morowali, Afridin Terima Kunker Inspektorat Kota Kendari

  Kamis 09 September 2021   helman kaimu     132

1 (1)

Morowalikab.go.id, Bungku, Dalam rangka menjalin silaturahmi serta upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Aparatur terkait peningkatan kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah atau yang biasa dikenal APIP, Inspektur Daerah Kabupaten Morowali, H. Afridin, SH., MSA , didampingi Sekretaris, Nur Alam, S.Pd., M.Pd, dan sejumlah Inspektur Bidang, menerima kunjungan kerja (Kunker) Inspektorat Kota Kendari pada Kamis (09/09/21).

4 (1)

Inspektur Daerah Kabupaten Morowali, Afridin mengatakan bahwa kunjungan Inspektorat Kota Kendari di Inspektorat Kabupaten Morowali merupakan suatu kebanggaan tersendiri, pasalnya kehadiran mereka banyak hal yang di diskusikan dan saling tukar pengalaman kerja  khususnya terkait upaya peningkatan kapabilitas APIP.

‘’Saya sangat berbangga dikunjungi kawan-kawan sesama APIP dari Kota Kendari untuk saling tukar pengalaman kerja, dengan harapan dapat meningkatkan kinerja pengawasan dan pengetahuan sehingga kita bisa mengedukasi teman-teman OPD apa yang sudah terbaik di daerah lain,’’ ujar Afridin.

3 (1)

Sementara itu, Inspektur Daerah Kota Kendari, Syarifuddin, SE,Ak., MSA, mengungkapkan bahwa dipilihnya Inspektorat Kabupaten Morowali sebagai tujuan berkoordinasi terkait pengawasan disebabkan karena Inspektorat Kabupaten Morowali merupakan salah satu APIP di Provinsi Sulawesi Tengah yang sudah mencapai APIP level Tiga.

Disamping itu, Syarifudin, menuturkan bahwa mekanisme pengawasan yang dilakukan Inspektorat Kabupaten Morowali menginspirasi Inspektorat Kota Kendari Berkunjung ke Morowali.

‘’Kinerja-kinerja dan mekanisme pengawasan Inspektorat Kabupaten Morowali setidaknya menginspirasi kami dan banyak yang ingin dilihat terkait pengawasannya. Selain itu, ada juga ikatan emosional dimana Inspektur Daerah Morowali termasuk orang yang memiliki jaringan dan relasi disegala lini termasuk saya,’’ ujar syarifuddin.

Ia menegaskan, kunjungan ke Inspektorat Kabupaten Morowali tidak bermaksud membanding-bandingkan kinerja APIP, namun bertujuan untuk membangun sinergitas guna meningkatkan kapabilitas sesama APIP.

‘’Kunjungan kami tidak bermaksud membanding-bandingkan, namun jika ada kelebihan Inspektorat Kabupaten Morowali ataupun Inspektorat Kota Kendari kami sepakat untuk bersinergi dan menerapkannya guna meningkatkan kapabilitas sesama APIP. Tidak hanya itu, kunjungan Inspektorat Kota Kendari, selain meningkatkan kapabilitas APIP juga sebagai upaya menyambung tali silaturahmi antar sesama lembaga atau unit kerja yang betul-betul membantu kepala daerah masing-masing dalam mengawasi jalannya penyelenggaraan pemerintahan di daerah,’’ tutur Inspektur Kota Kendari.

Sebagai informasi, kunjungan yang diselimuti suasana keakraban berakhir dengan penandatanganan kesepakatan antara Inspektur Daerah Kabupaten Morowali dan Inspektur Kota Kendari yakni sepakat mereplikasi Aplikasi JARI dan e-Proksi untuk diimplementasikan pada pemerintahan daerah Kabupaten Morowali, yang akan ditindak lanjuti dengan perjanjian kerjasama antara kedua belah pihak dalam waktu paling lambat Tiga bulan dari penandatanganan kesepakatan tersebut.

 

 

 

Berita Terkait

forkopimda-morowali-ikuti-rakornas-penanggulangan-covid-19-dan-pen

Forkopimda Morowali Ikuti Rakornas Penanggulangan Covid-19 dan PEN

Morowali, IKP, Kominfo, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Morowali yakni Bupati Morowali, Drs. Taslim, Dandim 1311/Mrw, Letkol. Inf. Raden Yoga Raharja, SE., M.M., M.I.Pol, Kajari Morowali, Tenri A Waru, SH., MH, dan perwakil

rsud-morowali-rutinkan-in-house-training-demi-peningkatan-pelayanan

RSUD Morowali Rutinkan In - House Training demi Peningkatan Pelayanan

    PPID – morowalikab.go.id – Bungku – Demi peningkatan pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Morowali melalui Poli Paru menyelenggarakan kegiatan Inhouse Training di Ruang Pertemuan lantai 4 RSUD Morowali dengan Pema

hari-kedua-mtq-ke-x-perlombakan-tiga-cabang-lomba-dan-11-golongan

Hari kedua MTQ ke-X, Perlombakan Sejumlah Golongan Dari 3 Cabang Lomba

Morowalikab.go.id, Witaponda, Bertempat disejumlah Masjid Kecamatan Witaponda, Pelaksanaan Lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-X Tingkat Kabupaten Morowali terus berlangsung pada hari kedua, Selasa (21/10/20). Seperti halnya hari pe

dprd-sampaikan-pandangan-umum-fraksi-terhadap-penyampaian-nota-keuangan-pertanggungjawaban-pelaksanaan-apbd-2019

DPRD Sampaikan Pandangan Umum Fraksi terhadap Penyampaian Nota Keuangan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2019

morowalikab.go.id - Bungku - DPRD Morowali menggelar Rapat Paripurna  di Ruang Sidang pada Jumat, (26/06). Agenda Rapat Paripurna ke sembilan (9) masa sidang ke tiga (3) tersebut adalah tentang pandangan umum fraksi terhadap penyampaian nota keu

bupati-hadiri-paripurna-tanggapan-fraksi-terhadap-ranperda-usul-pemda

Bupati Hadiri Paripurna Tanggapan Fraksi Terhadap Ranperda Usul Pemda

BUNGKU, morowalikab.go.id, Bupati Morowali, Drs. Taslim didampingi Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan sejumlah Pejabat Eselon III dan IV menghadiri Rapat Paripurna ke-8 masa persidangan II Tahun sidang 2020-2021 di Ruang Sidang DPRD, Des