Tingkatkan Mutu Pendidikan, Bupati Morowali Sebut Program ITF Maksimalkan Kapasitas Guru

  Selasa 28 Juli 2020   helman kaimu     216

IMG_5877

Morowali, IKP Kominfo, Dinas Pendidikan Daerah Kabupaten Morowali dan Ruang guru menyelenggarakan kegiatan penutupan (Closing Ceremony) pada program pelatihan guru Indonesia Teaching Fellowship (ITF).

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Kerja Bupati Morowali berlangsung secara Virtual antara Pemerintah Daerah, Manajemen Ruang Guru dan sejumlah guru yang masuk dalam program ITF, pada Senin (27/07/20).

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Bupati Morowali, Drs. Taslim, Wakil Bupati Morowali, Dr. H. Najamudin, S.Ag.,S.Pd.,M.Pd, Kepala Dinas Pendidikan Daerah, Amir Amirudin, S.Pd., M.M,  dan Manager Yayasan Ruang Guru, Melania Niken Larasati.  

IMG_5846

Dalam kesempatan tersebut, Bupati, Taslim mengatakan Indonesia Teaching Fellow ship (ITF) merupakan program pelatihan guru dikabupaten Morowali. Kegiatan yang merupakan bentuk kerjasama antara Pemda Morowali dengan ruang guru berlangsung selama satu tahun yang dimulai sejak Juni 2019 dan berakhir Juni 2020.

Program kegiatan  pelatihan ITF merupakan bentuk kerjasama antara Pemda Morowali dengan Ruang guru untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan cara memaksimalkan kapasitas guru secara berkelanjutan dalam menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap bersaing diera industri 4.0. Selain itu juga kegiatan ini bertujuan untuk menutup program pelatihan ITF Kabupaten Morowali yang sudah diselenggarakan selama satu tahun.

‘’Saya berharap guru yang sudah mengikuti kegiatan program pelatihan ITF dapat mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat selama pelatihan ITF serta memotivasi guru yang belum sempat ikut dalam kegiatan ini sehingga ada keseimbangan pemerataan kualitas pendidikan di Kabupaten Morowali. mudah-mudahan kedepan mimpi kita menjadikan pendidikan yang berkualitas dikabupaten morowali bisa terwujud, sehingga kedepan morowali memiliki generasi yang berkualitas dan berdaya saing dimasa yang akan datang. Ini merupakan salah satu solusi menghadapi proses pembelajaran dimasa pandemi Covid-19,’’ ujar Taslim.         

Sementara itu, Manager Yayasan Ruang Guru, Melania Niken Larasati mengatakan pada hari ini merupakan suatu kebanggaan bagi dirinya untuk hadir secara virtual mewakili ruang guru dalam closing seremony kegiatan pelatihan ITF yang sudah berjalan selama satu tahun. Kami sadar sekali bahwa pendidikan Indonesia masih memerlukan banyak sekali pekerjaan yang harus kita lakukan secara bersama-sama. Olehnya dibutuhkan kerjasama antara Pemerintah dan swasta untuk mewujudkan pendidikan indonesia yang berkualitas dan merata.

‘’Guru merupakan ujung tombak pendidikan yang sangat berjasa dalam membimbing anak-anak Indonesia untuk bisa menjadi lebih baik secara akademis dan juga secara karakter. Sebagai bentuk apresiasi, kami berharap bahwa pelatihan selama satu tahun kemarin dapat bermanfaat dan berguna serta dapat memotifasi guru untuk terus menjalankan profesi mulia sebagai guru di Morowali,’’ tukasnya.

Ditempat yang sama Kadis Pendidikan Daerah Amir Amirudin sangat mengapresiasi kegigiha guru-guru dalam menimba ilmu sehingga pada program ini terjadi peningkatan yang signifikan, bahkan nilai UKG ada yang mengalahkan rata-rata nasional. Ini satu hal yang membanggakan Kabupaten Morowali. ‘’Program ITF ini merupakan satu kebanggaan kita dalam peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Morowali. Olehnya diharapkan kesiapan sarana dan prasarana seperti jaringan telekomunikasi yang memadai  dalam menunjang aktivitas guru yang lebih baik,’’ kata Amir sapaan akrabnya Kadis Pendidikan Daerah Kabupaten Morowali.

Kegiatan yang dipandu oleh sinta ditutup Wakil Bupati Morowali, Dr. H. Najamudin dilanjutkan dengan pengumuman  Prestasi guru ITF ditingkat daerah yakni pengumuman Champion ITF Morowali yang diraih oleh Asnidar dari SMPN Satu Bungku selaku Juara 1, juara 2 diraih oleh  Hennimawati dari SDN 8 Bungku dan juara 3 diraih Sih Rahardji dari SDN 1 Laantula Jaya.

Sementara itu, Champion The Most 5 Active Teacher ITF Morowali diraih oleh Ni Desak Ketut Seriwidani dari SDN 2 Wosu, The Most 5 Improved Teacher ITF Morowali yang diraih oleh Sobri dari SMPN 1 Bungku, The Most 5 Impactful Teacher ITF Morowali diraih oleh Nursam dari SDN Moahino, Best 5 To UKG akhir ITF Morowali diraih oleh Awaludin dan Samrah dari SMPN 2 Bungku serta Nominasi Best Teacher ITF Morowali  Asmaul Mufidah dari SDN 2 Lambelu, Asnidar SMPN 1 Bungku, dan Rosmi Ta’na Pala’Biran dari SDN Sampeantaba.

 

 

Berita Terkait

paripurna-ke-9-berikut-jawaban-bupati-atas-pemandangan-umum-fraksi-terhadap-pengantar-nota-keuangan-dan-rapbd-2020

Paripurna Ke-9, Berikut Jawaban Bupati atas Pemandangan Umum Fraksi Terhadap Pengantar Nota Keuangan dan RAPBD 2020

PPID - morowalikab.go.id - Bungku - DPRD menggelar rapat paripurna ke-9, masa persidangan ke-1 tahun 2019/2020, dengan agenda mendengar tanggapan Bupati atas pemandangan umun fraksi terhadap pengantar nota keuangan dan RAPBD TA 2020 di Ruang Sidang D

pemkab-morowali-gelar-sosialisasi-sistem-merit-stranas-pk-2020

Pemkab Morowali Gelar Sosialisasi Sistem Merit / Stranas PK 2020

Bungku- Morowalikab.go.id- Menindak lanjuti Surat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nomor B/2034/KSP.00/10-16/04/2020 Tanggal 21 April 2020, Inspektorat Daerah gelar sosialisasi perihal pelaksanaan target nasional sub aksi sistem merit strategi nasi

lantik-pejabat-baru-bupati-morowali-tekankan-peningkatan-pelayanan-masyarakat-yang-lebih-baik

Lantik Pejabat Baru, Bupati Morowali Tekankan Peningkatan Pelayanan Masyarakat Yang Lebih Baik

PPID - morowalikab.go.id - Bungku - Bupati Morowali, Drs. Taslim resmi melantik beberapa Pejabat dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali. Adapun Pejabat yang dilantik diantaranya, Faruk, SH, sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan As

bimtek-smart-city-morowali-impian-jadi-kenyataan

BIMTEK SMART CITY MOROWALI, IMPIAN JADI KENYATAAN

 morowalikab.go.id: Smart city merupakan sebuah konsep kota cerdas yang dapat membantu masyarakat dalam pengelolaan ketersediaan sumber daya yang ada serta memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat atau lembaga dalam melakukan kegiatannya, s

jaring-isu-publik-diskominfo-provinsi-sulteng-gelar-temu-wicara-di-morowali

Bupati Taslim Membuka "Temu Wicara, Monitoring Isu Publik"

PPID Morowalikab.go.id. Bungku Tengah - Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah, bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Morowali mengelar "Temu Wicara" dengan topik "Monitoring Isu Publ