Wakili PLH Bupati Morowali, Staf Ahli Bid. Kesra dan SDM Buka Secara Resmi Pelaksanaan Bimbingan Teknis Pokjanal Posyandu Tingkat Kabupaten Morowali tahun 2024

  Rabu 10 Juli 2024   Salsadila Rahim     370

Morowalikab.go.id - Bungku -  Pemerintahan Daerah Kabupaten Morowali mengikuti Pelaksanaan Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pokjanal Posyandu secara berjenjang dalam rangka revitalisasi posyandu di Kabupaten Morowali. Kegiatan ini berlangsung di Aula Hotel Grand Qafia. Rabu (10/7/2024).

WhatsApp Image 2024-07-10 at 13-32-23

Bimtek yang digelar tersebut, dibuka secara resmi oleh PLH Bupati Morowali yang dalam hal ini diwakili Staf Ahli Bidang Kesra dan SDM,  Abdul Malik Hafid, S.Hi.,M.Si. Dalam arahan dan juga sambutannya, beliau menyampaikan bahwasanya pembangunan kesehatan diarahkan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, serta kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya dapat terwujudkan.

Abdul Malik Hafid juga mengatakan, permasalahan pembangunan kesehatan di Kabupaten Morowali antara lain tingginya angka kematian ibu dan bayi, kasus stunting, kematian akibat penyakit menular dan tidak menular sehingga menimbulkan beban kesehatan yang signifikan.

WhatsApp Image 2024-07-10 at 13-32-26 (1)
Selanjutnya, beliau mengimbau terkait penyelenggaraan kegiatan posyandu, dalam hal terlaksana pun tidak terlaksana membutuhkan peran serta dari segala sektor, kita tidak hanya mengandalkan dari sektor kesehatan semata-mata.

Adapun tujuan dari pelaksanaan bimtek tersebut ialah, agar adanya penguatan posyandu dan rencana aksi Pokjanal Posyandu Kabupaten Morowalai dalam mendukung integrasi layanan primer. Tak hanya itu, keberadaan posyandu sangatlah penting dalam pendekatan upaya promosi kesehatan dan pencegahan penyakit kepada seluruh masyarakat.

Pokjanal Posyandu sebagai wadah yang dimana tugas dan fungsinya yakni meningkatkan koordinasi, pembinaan, fasilitasi, advokasi dan bantuan yang berkaitan dengan fungsi serta kinerja posyandu.

WhatsApp Image 2024-07-10 at 13-32-25 (1)
Diharapkan melalui kegiatan bimtek tersebut, dapat mewujudkan optimalisasi peran dan fungsi Pokjanal Posyandu melalui peningkatan kapasitas kelembagaan, sumber daya manusia, anggaran dan koordinasi posyandu antara lain melalui sistem informasi posyandu. Serta juga dengan kegiatan ini, dapat menghasilkan suatu rencana tindak lanjut guna suksesnya pelaksanaan posyandu aktif di Kabupaten Morowali.

Turut hadir dalam giat tersebut diantaranya, Kepala Seksi Promkes & Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Prov. Sulteng, Fahri, SKM.,Kabid Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Morowali, Suryani Rone, SKM.,Pimpinan/Perwakilan OPD Lingkup Pemkab Morowali, TP-PKK Kab.Morowali maupun yang mewakili, serta para peserta kegiatan bimtek yang berjumlah 32 orang.

Adapun acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh, Kabid Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Morowali, Kepala Seksi Promkes & Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Prov. Sulteng, dan Pihak Pemdes Morowali, serta TP-PKK Morowali. kegiatan selanjutnya ditutup dengan sesi tanya jawab.

WhatsApp Image 2024-07-10 at 13-32-26

 

Berita Terkait

sinergitas-tiga-pilar-bangun-daerah-polres-morowali-gelar-jumpa-pers

Sinergitas Tiga Pilar Bangun Daerah, Polres Morowali Gelar Jumpa Pers

BUNGKU, morowalikab.go.id, Polres Morowali bersama Pemda Morowali dan Insan Pers menggelar pertemuan tiga pilar di Kafe Mako Polres Morowali, Kompleks Perkantoran Fonuasingko, Desa Bente Kecamatan Bungku Tengah, Rabu (31/03/21). Pertemuan tersebu

pemkab-morowali-peringati-maulid-nabi-muhammad-saw-1441-h

Pemkab Morowali Peringati Maulid Nabi Muhammad Saw 1444 H

Morowalikab.go.id-Bungku- Pemerintah Kabupaten Morowali melaksanakan Maulid Nabi Muhammad SAW, Senin (10/10). Maulid yang berlangsung khidmat di Masjid Agung Morowali tersebut bertajuk "Dengan Hikmah Maulid Nabi Muhammad Saw 1444 H 2022 M kita perkua

bupati-dan-wakil-bupati-morowali-resmikan-kantor-baru-satpol-pp

Bupati dan Wakil Bupati Morowali Resmikan Kantor Baru Satpol PP

Pengguntingan Pita diresmikannya Kantor Baru Satpol PP Morowali oleh Wakil Bupati Morowali Dr.H.Najamudin, S.Ag., S.Pd., M.Pd.,  Morowalikab.go.id-Bungku- Hampir kurang lebih 7 Tahun, Kantor Satpol PP Morowali berpindah tempat, akhirnya Sat

bupati-buka-rembuk-stunting-tingkat-kabupaten-morowali-tahun-2022

Bupati Buka Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten Morowali Tahun 2022

Morowalikab.go.id - Bungku - Bupati Morowali, Drs. Taslim resmi membuka acara Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten Morowali Tahun 2022 di Ruang Pola Kantor Bupati, Selasa (22/03/2022). Kegiatan tersebut dalam rangka mendukung upaya percepatan pencegah

bupati-morowali-tatap-muka-silaturahmi-bersama-presiden-direktur-pt-vale-indonesia-tbk

Bupati Morowali Tatap Muka & Silaturahmi Bersama Presiden Direktur PT Vale Indonesia Tbk

Morowalikab.go.id-Bungku- Rabu (10/5/2023) Malam, Bupati Morowali Drs Taslim dan Presiden Direktur PT Vale Indonesia Febriani Eddy, bertemu dalam sebuah acara tatap muka dan silaturahmi yang berlangsung di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Morowali.&nb