Wakil Bupati Morowali Jadi Mentor Reformer Alamsyah di Seminar Diklat PKN II Puslatbang Bandung, secara Virtual.

  Kamis 23 September 2021   Octaviana Latong     82

Morowalikab.go.id-Bungku- Wakil Bupati Morowali Dr.H.Najamudin, M.Pd, mendampingi sekaligus menjadi mentor pada seminar Proyek Perubahan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II angkatan XI Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI), dilaksanakan di Puslatbang Bandung, yang digelar secara virtual, Rabu (22/09/21).

WhatsApp Image 2021-09-23 at 08-57-41 (1)

Dalam seminar tersebut, Kepala BPKAD Kabupaten Morowali Alamsyah Zen, S.STP., Mec. Dev. Sebagai reformer memaparkan hasil karya ilmiah proyek perubahan di hadapan para penguji. Proyek Perubahan tersebut berupa aplikasi pengelolaan data Barang Milik Daerah (BMD 4.0) berbasis teknologi informasi.

Alamsyah menjelaskan bahwa BMD 4.0 merupakan Proyek Perubahan yang dicetus untuk memudahkan pelayanan masyarakat serta kerja-kerja organisasi  khususnya dalam melakukan Rekon Belanja Modal di seluruh OPD Kab. Morowali. BMD 4.0 berangkat dari rekonsiliasi BMD yang masih manual, sulitnya mengakses data Simda BMD dan adanya Idle Assets milik Pemerintah Daerah Kab. Morowali yang belum dimanfaatkan. Selaku Reformer, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Morowali, Alamsyah Zen dalam pemaparannya kemudian menguraikan tujuan dan manfaat lahirnya aplikasi BMD 4.0.

"Dengan adanya BMD 4.0, dapat terwujudnya jabatan fungsional pengelola BMD, adanya penilaian kinerja pengelolaan BMD di seluruh OPD, tersedia informasi kinerja BMD yang terukur berbasis elektronik, dan tersedia data Idle Assets", pungkas Alam.

Alamsyah mengatakan, Proyek Perubahan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja OPD khususnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta menjawab setiap kebutuhan kerja OPD guna terciptanya pemerintahan yang baik dan bersih.

Dikesempatan yang sama, Wakil Bupati Morowali dalam dukunganya menyampaikan, semua perangkat daerah dilingkungan Pemkab Morowali harus memiliki minset bahwa untuk menciptakan pelayanan yang baik dan bersih harus didukung dengan ASN yang prefosional dan Teknologi IT yang memadai. Karena pada prinsipnya agenda proyek perubahan yang telah dipaparkan oleh reformer Alamsyah, sangat dibutuhkan di Kabupaten Morowali.

“ Saya Bersama bupati berterimakasih karena dukungan dari internal yang saat ini sudah ditunjukan dari Kepala BPKAD Morowali yang itu sebagian dari visi misi kami. Pengelolaan BMD 4.0 itu penting dan harus ditingkatkan”. Ungkapnya.

 

WhatsApp Image 2021-09-23 at 08-57-41

Bukan hanya itu, Wakil bupati menyampaikan tiga pesan dan harapannya, yaitu bagaiamana menciptakan pelayanan yang maju (good governance), bagaimana PAD Daerah harus meningkat, dan Bagaiamana meningkatkan ekonomi masyarakat.

“ Saya kira tiga pesan dari saya ini, yakin bahwa Kabupaten Morowali akan  cepat maju, oleh karena itu besar harapan saya bagaimana karya ilmiah ini bisa diberikan masukan, hal-hal yang masih bertolak belakang sehingga menjadikan karya ini tidak bias, maka coba kajiannya perlu dibatasi, sehingga akan lebih fokus. Catatan penting dari saya kalau memang karya ini ASN nya kita tingkatkan, saya kira itu saja, namun kalau memang kajian ini adalah bidang IT, maka IT nya yang kita tingkatkan. Bagi kami pemda khususnya, pak bupati dan wakil bupati yang memiliki visi dan misi, jika didiukung dengan teknologi yang bagus dan maju, modern, ditambah lagi dengan ASN kita yang profesional, saya kira negara kita ini akan tertata dengan bagus, khususnya di Pemda Morowali.” Pungkasnya,

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati juga mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada Reformer yang telah berupaya memberikan sumbangsih tenaga dan pikiran untuk mewujudkan pelayanan terbaik dari Pemerintah Daerah Kab. Morowali. 

"Atas nama Pemerintah Daerah Kab. Morowali, saya Bersama bupati memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Reformer, Alamsyah dan seluruh pihak yang telah bekerjasama dalam rangka menyukseskan salah satu misi kepemimpinan kami yakni mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih. Semoga aplikasi ini segera dimanfaatkan, sehingga apa yg dibuat bisa berguna dan membantu kita menghadapi masalah yang ada” Pungkasnya.

 

Berita Terkait

deadlock-pembahasan-umsk-morowali-2019

"DEADLOCK" PEMBAHASAN UMSK MOROWALI 2019

morowalikab.go.id - BUNGKU TENGAH (selasa/15/1/2019). Menidaklanjuti surat Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sulawesi Tengah Selaku Ketua Dewan Pengupahan Provinsi Sulawesi Tengah Nomor 561/0151/Bid.Phiwasnaker, tentang Penetapan UMSK tahun 2019, ta

bupati-morowali-lantik-13-kades-di-menkep-dan-5-anggota-bpd

Bupati Morowali Lantik 13 Kades di Menkep dan 5 Anggota BPD

PPID - morowalikab.go.id - Ulunambo - Sebanyak 13 Kepala Desa (Kades) terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa serentak Tanggal 28 September 2019 periode 2019-2025 di Wilayah Kecamatan Menui Kepulauan resmi dilantik oleh Bupati Morowali, Jum’at (25/10/

satpol-pp-morowali-gelar-upacara-peringatan-hut-pol-pp-ke-71

Peringati HUT Ke-71, Satpol PP Morowali Gelar Upacara

BUNGKU, morowalikab.go.id, Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) KE-71 Tahun 2021, Satpol PP Kabupaten Morowali menggelar upacara di Halaman Kantor Satpol PP Kabupaten Morowali, Kompleks Perkantoran Fonu

ceramah-safari-ramadhan-wabup-sampaikan-beberapa-program-pemda-untuk-masyarakat-kepulauan

Ceramah Safari Ramadhan, Wabup Sampaikan Beberapa Program Pemda Untuk Masyarakat Kepulauan

PPID - morowalikab.go.id - Ulunambo - Memasuki hari kedua, Ketua rombongan Tim II Safari Ramadhan 1440 H, Wakil Bupati Morowali, Dr. H. Najamudin, S.Ag, S.Pd, M.Pd, menjadi penceramah sekaligus imam salat Isya dan Tarwih di mesjid Al Jami, Kel. Uluna

paripurna-dprd-morowali-setujui-dua-buah-raperda-usul-pemda-menjadi-perda

Paripurna DPRD Morowali, Setujui 2 Buah Raperda Usul Pemda Menjadi Perda

Morowalikab.go.id, Bungku, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Morowali menggelar rapat paripurna ke-6 dan ke-7 masa persidangan 1 Tahun Sidang 2020-2021, Senin (21/09/20). Rapat berlangsung di Ruang Sidang DPRD, Desa Bahoruru Kecamat