Tingkatkan Koordinasi Guna Menjaga Keamanan Tetap Kondusif, Pemkab Morowali Rakor Bersama Forkopimda Dan Perusahaan

  Selasa 17 Januari 2023   Ketut Suta     171

WhatsApp Image 2023-01-17 at 15-47-07

Morowalikab.go.id- Bungku - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morowali menggelar Rapat koordinasi (Rakor) bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta pihak Perusahaan yang ada di Lingkup Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Selasa (17/1/2022).

 

Kegiatan tersebut digelar untuk Menyamakan Presepsi dan Meningkatkan Koordinasi Guna Menjaga Keamanan dan Ketertiban, Dalam Rangka Menjaga Stabilitas dan Hubungan yang Harmonis, berlangsung di Aula Kantor Bupati Morowali, Desa Bente, Kecamatan Bungku Tengah.

 

Rakor dipimpin Bupati Morowali Drs. Taslim, dan dihadiri Perwakilan DPRD Morowali Achmad Efendi, Wakapolres Morowali Kompol Donatus Kono, Kasdim 1311/Morowali Mayor Inf David Lunta, Perwakilan Kejaksaan Negeri Morowali Mutiara.F, Disnaker, Kesbangpol, Camat Bungku Timur, Camat Bungku Barat, Camat Bahodopi, serta perwakilan atau management dari masing-masing perusahaan PT.Vale, PT.VI, PT.BTIIG, PT.IMIP, PT.MSS, dan PT.TBR.

WhatsApp Image 2023-01-17 at 15-47-05

 

Dalam arahannya Bupati Taslim menyampaikan, pemicu terjadinya gangguan stabilitas keamanan saat ini dapat disebabkan oleh bebebrapa faktor, yakni termasuk ketika menjelang kegiatan Pemilihan umum (Pemilu).

 

Selain itu juga seperti diketahui, beberapa waktu lalu telah terjadi peristiwa tidak diinginkan di kawasan Perusahaan Morowali Utara (Morut), sehingga dari pristiwa itu harus menjadi perhatian serius semua pihak di Kabupaten Morowali agar terus menjaga keamanan dan ketertiban tetap kondusif.

 

"Maka dari itu kami mengundang bapak/ibu untuk mengikuti Rakor hari ini. Walaupun selama ini bapak/ibu sudah melakukan upaya yang cukup maksimal untuk menjaga situasi aman dan kondusif di Morowali, namun kita tidak boleh merasa puas oleh semua yang telah kita capai itu, karena semakin hari akan semakin berat tantangan kita dan harus tetap meningkatkan kewaspadaan apalagi menjelang Pemilu 2024, karena semua akan mencari celah untuk mendapatkan simpati masyarakat," ujar Taslim.

WhatsApp Image 2023-01-17 at 15-47-05 (1)

 

Orang nomor satu di Bumi Tepe Asa Moroso itu juga berharap, agar pihak perusahaan di Lingkup Kabupaten Morowali bisa menjalin komunikasi dengan baik terhadap pemerintah, dan tidak terlalu tertutup dalam menyampaikan informasi termasuk persoalan saat menghadapi suatu kendala atau masalah.

 

Pihak perusahaan juga diminta, agar dapat menjaga dan terus menjalin komunikasi dengan teman-teman Serikat, itu dilakukan untuk dapat mencari titik terang jika ada suatu perbedaan pemikiran maupun pendapat yang menimbulkan perdebatan saat di lapangan.

 

"Kami pemerintah daerah Insya Allah setiap saat, mulai dari tingkat desa, kecamatan sampai kabupaten selalu siap memberikan pelayanan kepada teman-teman (Perusahaan, red). Termasuk juga kepada Serikat-serikat dan karyawan yang kerja di perusahaan, karena kami ingin membuka komunikasi dengan baik agar situasi tetap terjaga," tutur Drs. Taslim.

 

Sementara itu Wakapolres Morowali, Kompol Donatus Kono menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Morowali telah menggelar Rakor, karena dengan adanya kegiatan itu dapat membantu pihak kepolisian untuk memastikan bahwa situasi Kamtibmas masih terjaga kondusif.

 

"Mari jadikan pengalaman dari peristiwa-peristiwa yang terjadi di beberapa wilayah tetangga kita, untuk dijadikan tolak ukur agar tetap menjaga situasi keamanan di Kabupaten Morowali," ujar Donatus Kono.

WhatsApp Image 2023-01-17 at 15-47-06

 

Hal senada juga disampaikan perwakilan DPRD Morowali, Achmad Efendi menuturkan,

menjelang kegiatan-kegiatan era politik ini, semua pihak harus berkolaborasi untuk tetap menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban tetap kondusif.

 

Dia menjelaskan, koordinasi antara perusahaan dan pemerintah menjelang tahun politik juga harus tetap terjaga, karena pada masa-masa itu akan banyak orang-orang mencari panggung demi sebuah kepentingan.

 

"Saya juga harapkan agar setiap perusahan jika mengambil suatu keputusan harus dengan bijak, agar tidak menjadi atau menimbulkan suatu masalah di tengah masyatakat. Saya berharap Morowali dapat sejahtera bersama dapat terwujud, karena tidak dipungkiri dengan masuknya perusahaan juga memberikan dampak positif bagi masyarakat, jadi mari kita ciptakan Morowali tetap damai," ujar Anggota DPRD Morowali, Achmad Efendi.

 

Dalam Rapat koordinasi itu juga digelar diskusi untuk saling bertukar pikiran maupun menyampaikan masukan antara perwakilan atau management perusahaan dengan Pemerintah Kabupaten Morowali, dan Unsur Forkopimda.

Berita Terkait

hadiri-paripurna-dprd-bupati-morowali-sampaikan-pendapat-akhir-ranperda-apbd-perubahan-dan-persetujuan-dua-buah-ranperda-usul-pemda

Hadiri Paripurna DPRD, Bupati Morowali Sampaikan Pendapat Ranperda APBD Perubahan dan Persetujuan Dua Buah Ranperda Usul Pemda

Morowalikab.go.id, Bungku, Bupati Morowali, Drs. Taslim menghadiri Rapat Paripurna ke-5 masa persidangan 1 Tahun Sidang 2020-2021 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Morowali pada Kamis (30/09/21). Rapat yang berlangsung di Ruang Sidang

bupati-morowali-resmikan-penyalaan-listrik-desa-sambalagi

Bupati Morowali Resmikan Penyalaan Listrik Desa Sambalagi

Morowalikab.go.id-Bungku- Pemerintah daerah melalui kepemimpinan Bupati Taslim dan Wakil Bupati Najamudin terus mengucurkan program-program nyata bagi kesejahteraan masyarakatnya. Hal ini dibuktikannya lagi, saat Bupati Morowali Drs. Taslim Meresm

penilaian-lomba-desa-sampeantaba-resmi-digelar

Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Morowali Desa Sampeantaba Resmi Digelar

Morowalikab.go.id - Witaponda - Hari keempat Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Morowali, digelar Jumat (27/05/2022). Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Morowali tersebut mengusung tema "Desa Tangguh, Ekonomi Masyarakat Tumbuh". 

peringati-hari-anak-nasional-bupati-morowali-buka-lomba-tingkat-pendidikan-anak-usia-dini-terbatas

Peringati Hari Anak Nasional, Bupati Morowali Buka Lomba Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini terbatas

Morowalikab.go.id-Bungku- Dalam rangka memeriahkan Hari Anak Nasional yang dirangkaikan Hari Kemerdekaan RI Ke-76 Tahun 2021, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kabupaten Morowali gelar Lomba Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini  terbatas, Acar

bupati-morowali-dan-ketua-tp-pkk-shalat-idul-fitri-1442-hijriyah-di-alun-alun-rujab

Bupati dan Ketua TP-PKK Morowali Shalat Idul Fitri 1442 Hijriyah di Alun-alun Rujab

Morowalikab.go.id, Bungku, Didampingi Kaban Bappeda, Ramli Sanudin dan Kasat Pol PP, Ambo Lewa, Bupati Morowali, Drs. Taslim dan Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), Ny. Asnoni Taslim melaksanakan Shalat Idul Fitri 1442 H