Sekda Morowali Hadiri Upacara Melasti Umat Hindu di Pantai Desa Parilangke

  Minggu 19 Maret 2023   Ketut Suta     412

WhatsApp Image 2023-03-19 at 3-55-39 PM (1) Morowalikab.go.id, Bumiraya - Bupati Morowali diwakili Sekretaris Daerah (Sekda), Drs. Yusman Mahbub, M.Si, menghadiri Upacara Melasti Umat Hindu di Pantai Desa Parilangke, Kecamatan Bumi Raya, Sulawesi Tengah, Minggu (19/3/2023).

Upacara Melasti tersebut merupakan rangkaian kegiatan dilaksanakan menjelang Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1945 yang jatuh pada, Rabu (22/3/2023).

WhatsApp Image 2023-03-19 at 3-55-42 PM Dalam sambutannya, Yusman Mahbub menyampaikan, Umat Hindu di Morowali diharapkan dapat melaksanakan kegiatan maupun rangkaian Hari Raya Nyepi dengan khidmat dan khusuk.

Seperti melaksanakan Upacara Melasti yang memiliki tujuan untuk mensucikan dua alam yaitu, alam kecil dalam hal ini manusia, dan alam besar adalah alam semesta.

Melasti ini untuk melebur segala bentuk kotoran dalam diri manusia, guna menimbulkan keharmonisan di lingkungan alam semesta beserta isinya berdasarkan konsep Yadnya sesuai keyakinan Umat Hindu.

"Begitu juga saat Nyepi dengan melaksanakan Puasa. Dan menaati Catur Bratha Penyepian Antaranya Amati Geni tidak menyalahkan api atau lampu, Amati Karya tidak bekerja atau melakukan aktivitas, Amati Lelungan tidak bepergian, dan Amati Lelanguan tidak bersenang-senang atau hiburan," ujar Yusman Mahbub.

WhatsApp Image 2023-03-19 at 3-55-41 PM (1) Sementara itu, Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Morowali, Gede Wija, Spd. menurunkan, upacara Melasti ini digelar setiap satu tahun sekali atau tiga hari sebelum Nyepi.

Umat Hindu melaksanakan melasti di Pantai Desa Parilangke itu tergabung dari berbagai Kecamatan di Morowali seperti Kecamatan Wita Ponda, Bumi Raya, dan Bungku Barat.

"Melasti ini wajib dan dilaksanakan serentak oleh Umat Hindu di seluruh Indonesia menjelang Nyepi. Semoga melalui Melasti ini seluruh Umat Hindu khususnya di Morowali bisa lepas dari segala ucapan, pikiran, dan perilaku yang tidak baik," ucapnya.

WhatsApp Image 2023-03-19 at 3-55-40 PM (1) Adapun acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Genta atau lonceng yang merupakan salah satu alat digunakan oleh pendeta dalam peribadahan umat Hindu. Penyerahan dilakukan Sekda Morowali kepada perwakilan Umat Hindu.

Hadir pada acara Melasti tersebut, Staf Ahli Bidang Kesra Morowali, Abdul Malik Hafid, SH.I.,M.Si., Anggota DPRD Morowali, Abd Muin, perwakilan Kantor Kemenag Morowali, Camat Bumi Raya, Armin, SE, Kapolsek Bumi Raya, Kades Lambelu, Kades Parilangke, dan tokoh agama maupun tokoh masyarakat.

Berita Terkait

bupati-morowali-tinjau-lokasi-pelaksanaan-skb-cpns-formasi-2019

Bupati Morowali Tinjau Lokasi Pelaksanaan SKB CPNS Formasi 2019

morowalikab.go.id - Bungku - Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2019 Pemerintah Kabupaten Morowali dan Morowali Utara digelar pada Jumat, (02/10/20). Bupati Morowali, Drs. Taslim meninjau lokasi pelaksanaan ya

bupati-morowali-kukuhkan-paguyuban-keluarga-jawa

Bupati Morowali Kukuhkan Paguyuban Keluarga Jawa

Morowalikab.go.id, Bungku,  Bupati Morowali, Drs. Taslim, mengukuhkan Paguyuban Keluarga Jawa (PKJ) Kabupaten Morowali. Pengukuhan yang berlangsung di Kelurahan Bungi, Kecamatan Bungku Tengah turut dihadiri unsur Forkopimda Morowali, Kaban Ke

bupati-morowali-hadiri-pesta-rakyat-nelayan-witaponda-peringati-hari-nusantara-ke-21

Bupati Morowali Hadiri Pesta Rakyat Nelayan Witaponda, Peringati Hari Nusantara Ke 21

Penyambutan Pengalungan Bunga Kepada Bupati Morowali oleh Putra Putri Duta Lingkungan Kabupaten Morowali Morowalikab.go.id-Witaponda- Perayaan pesta rakyat nelayan dalam rangka memperingati Hari Nusantara Ke 21, yang digelar oleh Dinas Kelautan

pansus-dprd-kabupaten-morowali-apresiasi-penyampaian-lkpj-pemda-morowali-tepat-waktu

Pansus DPRD Kabupaten Morowali Apresiasi penyampaian LKPJ Pemda Morowali tepat Waktu.

Morowalikab.go.id-Bungku- Bupati Morowali Drs. Taslim hadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Morowali tentang Laporan Panitia Khusus DPRD Kabupaten Morowali terhadap LKPJ Bupati Morowali Tahun 2020, berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten

ketua-tp-pkk-morowali-lantik-ketua-pkk-dan-kukuhkan-bunda-paud-3-kecamatan

Ketua TP PKK Morowali, Lantik Ketua PKK dan Kukuhkan Bunda Paud 3 Kecamatan

Morowalikab.go.id-Bungku- Ketua TP PKK Kabupaten Morowali, Ny. Asnoni Taslim menlantik Ketua TP PKK sekaligus mengukuhkan Bunda PAUD 3 (Tiga) Kecamatan Kabupaten Morowali, bertempat di Aula Rujab Bupati Matansala Pagi, Kamis 18/02/2020. Dalam samb