Pemkab Morowali Hibahkan Tanah untuk Pembangunan Bawaslu, Tingkatkan Kinerja dan Kualitas Demokrasi

  Jumat 04 September 2020   Winda Bestari     913

morowalikab.go.id - Bungku - Jumat, (04/09) serah terima tanah hibah lokasi pembangunan kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Morowali dari Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali kepada Bawaslu RI digelar. Areal itu memiliki luas 11.489 m² dan berlokasi di Kompleks Kota Terpadu Mandiri (KTM) Morowali Desa Bahomohoni, Kec. Bungku Tengah Kab. Morowali.

Dalam acara tersebut, dilakukan penyerahan dokumen hibah tanah sekaligus penandatanganan dokumen seremonial serah terima tanda hibah antara Pemkab Morowali dalam hal ini diwakili oleh Bupati Morowali, Drs. Taslim dengan Ketua Bawaslu RI, Abhan, S.H., M.H., serta didampingi oleh Ketua Bawaslu Sulteng, Ruslan Husen, S.H., M.H., dan Ketua Bawaslu Morowali, Mahfud Supu.

Hadir di antaranya Dandim 1311 Morowali Letkol Inf. Raden Yoga Raharja, SE., MM., M.Ipol., Kapolres Morowali, AKBP Bayu Indra Wiguno, S.IK., M.IK., Ketua DPRD Morowali, Kuswandi, Ketua KPU Morowali, Ervan, S.H., Pimpinan OPD, Rombongan Bawaslu RI dan Bawaslu Sulteng, jajaran pengurus Bawaslu Morowali dan KPU Morowali, serta insan pers.

Bupati Morowali, Taslim dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Ketua Bawaslu RI beserta rombongan di Bumi Tepeasa Moroso Kabupaten Morowali. Ia menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kunjungan perdana Ketua Bawaslu RI, Abhan di Kabupaten Morowali.

Taslim mengungkap, setiap penyelenggaraan kontestasi politik, Kabupaten Morowali selalu masuk dalam kategori zona merah sebab dianggap rawan terjadi sengketa pemilu. Namun justru hasilnya selalu positif dan kondusifitas tetap stabil.

"Alhamdulillah hasilnya sangat baik meski selalu masuk dalam kategori zona merah", ujar Taslim.

Olehnya, Taslim mengapresiasi atas kinerja dari Bawaslu dan memiliki rasa sepenanggungan untuk selalu memaksimalkan kebutuhan dari Bawaslu, salah satunya dengan menghibahkan tanah untuk pembangunan.

"Kami (Pemda) mengapresiasi teman-teman Bawaslu Morowali. Kami merasa bertanggungjawab penuh terhadap kinerja Bawaslu. Olehnya selalu terbangun komunikasi yang baik. Kami berupaya memaksimalkan apa yang dibutuhkan dari Bawaslu, termasuk menyiapkan lahan untuk pembangunan yang baru" ungkap Taslim.

Dengan tersedianya fasilitas yang kedepan akan semakin memadai, Taslim berharap proses demokrasi di Kabupaten Morowali akan beriringan dan berjalan baik. Sebab menurut Taslim, proses demokrasi sangat menentukan arah dan nasib Kabupaten Morowali kedepan.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sulteng, Ruslan Husen dalam sambutannya memaparkan berbagai prestasi yang telah disabet oleh Pemkab Morowali. Ruslan kemudian mengapresiasi atas banyaknya capaian yang diraih khususnya dalam efektivitas pencegahan pelanggaran netralitas ASN lingkup Pemda Morowali. Menurutnya, capaian tersebut tidak terlepas dari komitmen yang terbangun antara Pemerintah dengan Bawaslu Morowali dalam mengawal, mengawasi atau memantau jalannya proses kontestasi demokrasi.

"Terkait 45 pelanggaran netralitas ASN, tidak ada kasus pelanggaran yang terjadi di Morowali. Ini tentunya dari Bawaslu sendiri sudah berjalan dengan baik dan juga ada kesadaran dari pegawai ASN untuk fokus sebagai pelayan publik. Selain itu, juga ada dukungan dari pemerintah daerah seperti MoU dari Pemda dan Bawaslu terkait netralitas ASN", ucap Ruslan.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Bawaslu RI, Abhan, penyerahan hibah tanah ini akan meningkatkan kualitas kinerja Bawaslu Morowali dalam mengawal demokrasi lokal, baik tingkat Kabupaten, Provinsi maupun nasional.

Sementara itu, dalam konteks pilkada ataupun pemilu, Abhan mengapresiasi atas komitmen yang lahir oleh semua elemen yang ada. Menurutnya, situasi kondusifitas dalam pesta demokrasi di Morowali tercapai oleh kuatnya komitmen yang terbangun dari berbagai pihak.

"Disini tidak termasuk yang banyak pelanggaran. Tidak hanya komitmen dari masyarakat dan ASN, ini juga merupakan komitmen Kepala Daerah untuk menjaga netralitas ASN. Selain itu, keterlibatan TNI/POLRI juga turut menjaga jalannya proses tersebut" pungkasnya.

Abhan juga menyampaikan apresiasi atas penyambutan secara adat bagi rombongan Bawaslu RI. Ia pun turut berbahagia atas capaian-capaian Pemkab Morowali yang telah dipaparkan. Menurutnya, itu adalah modal  bagi Kabupaten Morowali untuk terus maju agar menjadi daerah yang inovatif.

Berita Terkait

dprd-morowali-gelar-rapat-paripurna-pembukaan-masa-persidangan-ii-tahun-sidang-2022-2023

DPRD Morowali Gelar Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan II Tahun Sidang 2022-2023

Morowalikab.go.id - Bungku - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Morowali menggelar Rapat Paripurna kesatu dengan agenda Pembukaan Masa Persidangan II Tahun Sidang 2022-2023, di Ruang Sidang DPRD, Kamis (05/01/2022). Rapat dipimpin oleh

mengangkat-tema-radio-siaga-bencana-diskominfo-morowali-hadiri-anniversary-ke-3-indonesia-persadaid

MENGANGKAT TEMA “RADIO SIAGA BENCANA”, DISKOMINFO MOROWALI HADIRI ANNIVERSARY ke 3 INDONESIA PERSADA.ID

Morowalikab.go.id –Bungku- Kepala Dinas Komuniksi dan informatika Kabupaten Morowali, Bachtiar Peohoa, ST dan Kepala Bidang Informasi Komuniksi Publik, Sadeli Karim, ST.,M.M mengikuti kegiatan Anniversary 3st Persatuan Radio Tv Pub

peduli-nelayan-pemkab-morowali-tandatangani-perjanjian-kerjasama-dengan-bpjs-ketenagakerjaan

Peduli Nelayan, Pemkab Morowali Tandatangani Perjanjian Kerjasama Dengan BPJS Ketenagakerjaan

Morowalikab.go.id, Bungku, Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan Badan Penyelengaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan tentang Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi Pekerja Sektor Kelaut

pemda-morowali-resmi-keluarkan-surat-edaran-nomor-4-tahun-2022-tentang-petunjuk-tpp-dan-tunjangan-kades-perangkat-desa-dan-tunjangan-bpd

Pemda Morowali Resmi Keluarkan Surat Edaran Nomor/188.5 Tahun 2022, Tentang Petunjuk TPP dan Tunjangan Kades, Perangkat Desa dan Tunjangan BPD

    Morowalikab.go.id-Bungku- Menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 28 Tahun 2022 tentang pembayaran penghasilan tetap kepala desa dan perangkat desa, Pemerintah Daerah Morowali resmi mengeluarkan Surat Edaran yang berped

3300-2

119 ANGGOTA BPD KEC. MENUI KEPULAUAN DILANTIK BUPATI MOROWALI

Morowalikab.go.id – Menui Kepulauan. Bertempat di Pelataran Arena STQ, Kec Menui Kepulauan, Sabtu (10/11/18) Bupati Morowali, Drs. Taslim, melantik 119 orang Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Bupati Morowali tiba di Ulunambo, Kec. Menui K