Kominfo Morowali jadi referensi studi tiru, Kominfo Parigi Moutong Terkait Penyusunan SPBE

  Kamis 11 Agustus 2022   Octaviana Latong     512

WhatsApp Image 2022-08-10 at 16-34-14 (3)

Morowalikab.go.id-Bungku- Peran dinas Kominfo sebagai penunjang penting penerapan open e-government Pemkab Morowali berbasis IT ini menjadikannya referensi studi tiru dan studi banding oleh Kominfo Parigi Moutong, Rabu (10/08/22).

Kepala Dinas Kominfo Morowali Bachtiar Peohoa ST., yang didampingi oleh Sekretaris Kominfo Morowali Kary Marunduh, M.Si., Kepala Bidang E Government Adnan ST, dan Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Sadeli Karim, S.T., M.T., menyambut baik kedatangan kunjungan studi tiru oleh Kominfo Parigi Moutong. Pihaknya bersyukur Kabupaten Morowali menjadi salah satu Kabupaten yang selangkah lebih maju dalam rangka mengimplementasikan SPBE di Provinsi Sulawesi Tengah.

 

" Kami (red-kominfo), sangat bersyukur bahwa Dinas Kominfo Morowali menjadi salah satu tujuan studi tiru dari Kominfo Kabupaten Parigi Moutong. " Kenapa saya katakan demikian, berarti Dinas Kominfo Kabupaten Morowali selangkah lebih maju daripada Kominfo Kabupaten Parigi Moutong maupun kabupaten/kota lainnya" Ungkapnya. 

WhatsApp Image 2022-08-10 at 16-34-14 (1)

Pada kesempatan ini, Kadis Bachtiar Peohoa menjelaskan secara singkat profil Dinas Kominfo Morowali terdapat 2 bidang yaitu Bidang Ikp dan informatika yang secara teknis dijelaskan oleh Kepala bidang terkait.

 

" selain pemaparan profil singkat Dinas Kominfo Morowali, dalam kunjungan ini, juga rombongan Kominfo Parigi Moutong juga melihat secara langsung, mengenai pelaksanaan e-government terutamanya pelaksanaan IT yaitu salah satu yang ditinjau langsung adalah ruang server e-government dan Website Pemda Morowali yang dinaungi oleh Dinas Kominfo Morowali. " Pungkasnya.

WhatsApp Image 2022-08-10 at 16-34-14 (5)

Adanya relasi yang baik ini, diharapkan dapat menjadi motivasi kinerja untuk Dinas Kominfo Morowali dalam memberikan pelayanan yang baik dari segi infrastruktur, dalam rangka untuk menciptakan pemerintahan yang lebih maju, selaras dengan visi misi Pemerintah Daerah Morowali.

 

"Kita berharap dengan adanya, kunjungan seperti ini dari kabupaten/kota lainnya, dengan sendirinya kita akan meningkatkan lagi pelayanan baik dari segi infrastruktur untuk menjadikan dinas Kominfo Morowali lebih maju selangkah dari kabupaten kota lainnya." Harapannya 

WhatsApp Image 2022-08-10 at 16-34-14 (2)

Sementara, Rombongan dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Parigi Moutong Enang Pandake, S.Sos. Turut mendampingi Kabid E Government Kominfo Parimo Astiti Simpu, SE., M.A.P., bersama Jajaranya, Serta  Ka.Jur TI Fakultas Teknik Untad Palu Dr.Ir.H.M. Yazdi Pusadan, S.Kom., M.Eng., bersama Jajarannya. 

 

Di Kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Parigi Moutong Enang Pandake, S.Sos., juga menyampaikan profil singkat Dinas Kominfo Parigi Moutong yang terdiri dari tiga Bidang (Bidang IKP, bidang informatika dan bidang statistik) .

WhatsApp Image 2022-08-10 at 16-34-14

Dikatakannya, Terpilihnya kabupaten Morowali sebagai studi tiru dan studi banding, adanya rekomendasi dari APTIKA Provinsi Sulawesi Tengah bahwasanya tentang pelbagai program dan kinerja Pemkab Morowali. Hal tersebut yang mendorong Kominfo Parigi Moutong untuk belajar tentang perencanaan SPBE.

 

" Awal perencanaan ini, Kami dari kominfo Parigi Moutong akan melakukan studi tiru di Surabaya, namun setelah adanya konfirmasi dari komisi provinsi Sulawesi Tengah mereka merekomendasikan untuk merujuk penerapan Tahapan Penyusunan Dokumen Arsitektur dan Rencana PETA SPBE di Kabupaten Morowali.  Selain menghemat akomodasi ke luar Sulawesi, tentunya studi tiru ke Morowali menjadi momen yang tepat untuk menjalin relasi yang baik kepada kabupaten tetangga. " Pungkasnya. 

 

Tentunya, Kunjungan ini selain sebagai ajang silaturahmi, juga melakukan studi tiru terkait dengan berbagai tugas kedinasan lebih khusus tentang pengembangan aplikasi e-office dan perencanaan infrastruktur jaringan di Kabupaten Morowali.

 

Setelah dilaksanakannya pertemuan ini,  kedepannya bisa dilakukan MoU antara Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong dan Pemerintah Kabupaten Morowali tentang penerapan SPBE.

 

Usai menyampaikan profil singkat dari kedua dinas, kemudian dilanjutkan peninjauan Ruang e-government dan ruang IKP oleh Rombongan Kominfo Parigi Moutong bersama Kominfo Morowali. 

 

Berita Terkait

rapim-evaluasi-tepra-tahun-2022-bupati-morowali-sampaikan-ini

Rapim Evaluasi Tepra Tahun 2022, Bupati Morowali Sampaikan Ini

Morowalikab.go.id- Bungku- Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (Tepra) Kabupaten Morowali menggelar Rapat Pimpinan Tim Evaluasi Realisasi Anggaran (Tepra) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2022 Sampai dengan 30 Juni 2022. Keg

pembukaan-masa-sidang-kedua-dprd-bupati-paparkan-agenda-penting

Pembukaan Masa Sidang Kedua DPRD, Bupati Paparkan Agenda Penting

PPID – morowalikab.go.id – Bungku - Setelah melalui masa sidang pertama yang telah ditutup dengan pengesahan berbagai agenda penting,  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali kembali menggelar pembukaan mas

tanam-padi-organik-bupati-harap-hasilnya-bisa-sukses

Tanam Padi Organik, Bupati Harap Hasilnya Bisa Sukses

Morowalikab.go.id – Witaponda – Penanaman padi organik menjadi agenda utama kunjungan kerja Staf Ahli Menteri Pertanian, Prof. Dr. Ir. Budi Indra Setiawan, M.Agr yang dikemas dalam acara gerakan tanam padi organik di Desa Solonsa Jaya, Kecamatan

bentuk-6-buah-ranperda-sekretariat-dprd-morowali-selenggarakan-publik-hearing

Bentuk 6 Buah Ranperda, Sekretariat DPRD Morowali selenggarakan Publik Hearing

BUNGKU, morowalikab.go.id, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Morowali melalui Sekretariat Dewan menyelenggarakan publik hearing atau rapat dengar pendapat umum terhadap 6 buah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif DPRD Tahu

bupati-morowali-resmikan-mesjid-al-nurdin-desa-uedago

Bupati Morowali Resmikan Mesjid Al Nurdin Desa Uedago

morowalikab.go.id - Bungku Barat - Bupati Morowali, Drs. Taslim meresmikan Mesjid Al Nurdin di Desa Uedago, Kecamatan Bungku Barat pada Selasa (06/04). Hadir di antaranya Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Morowali