Jaga Kerukunan Antar Umat, FKUB Sulteng Gelar Dialog Lintas Agama di Morowali

  Kamis 15 Juni 2023   Ketut Suta     431

WhatsApp Image 2023-06-15 at 5-08-17 PM Morowalikab.go.id, Bungku - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar Dialog Lintas Agama di Aula Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Morowali, Desa Bente, Kecamatan Bungku Tengah, Kamis (15/6/2023).

Kunjungan kerja (Kunker) FKUB Sulteng dan pelaksanaan dialog bersama pemerintah dan tokoh agama itu mengusung tema, "Penerapan Moderasi Beragama Untuk Menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama di Kabupaten Morowali".

Hadir diacara tersebut, Ketua FKUB Sulteng diwakili Sekretaris, H. Muh. Munif Godal, Ma,.Ketua FKUB Morowali, Drs. Abdul Manan,  Kaban Kesbangpol Morowali diwakili Kabid Ketahanan Ekonomi Sosial Budaya Agama dan Ormas, Zulkifli, SE.MM, para tokoh agama di Morowali, tamu undangan lainnya, serta para narasumber.

Sekretaris FKUB Sulteng menyampaikan, kunjungan kerja terkait sosialisasi dan dialog ini tidak hanya digelar di Morowali, namun kabupaten lain juga menjadi sasaran pengurus FKUB Sulteng untuk menggelar kegiatan yang sama, dalam rangka agar moderasi beragama menjadi hal yang dijunjung dan melekat dalam keseharian.

WhatsApp Image 2023-06-15 at 5-08-17 PM (1) Karena sebagai umat, tentunya memiliki pemahaman dan pemikiran yang sama, bahwa sikap terkandung dalam moderasi adalah bagian yang diajarkan oleh masing-masing setiap agama. Seperti sikap saling menghormati, menyayangi, dan menjaga hubungan satu dengan yang lainnya.

"Harapannya melalui pertemuan ini, kami membuka ruang dialog, Insya Allah dalam dialog nanti para tokoh agama yang hadir ini bisa saling bertukar pikiran, agar bagaimana kerukunan ini bisa menjadi hal yang harus kita jaga bersama hingga ke depan," ujar  H. Muh. Munif Godal.

"Selain itu, pertemuan ini semoga bisa melahirkan beberapa keputusan atau kesepakatan dan masukan dari para tokoh agama yang hadir, sehingga dapat diserap oleh FKUB Sulteng untuk segera ditindaklanjuti," tuturnya menambahkan.

Dia juga menambahkan, bertepatan pada hari ini, sebelumnya FKUB Sulteng juga telah melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah yang ada di Morowali, dalam rangka melakukan sosialisasi terkait moderasi beragama kepada para siswa.

WhatsApp Image 2023-06-15 at 5-08-17 PM (2) Sementara pada kesempatan yang sama, Ketua FKUB Morowali mengucapkan rasa terimakasih atas kegiatan ini dan mengucapkan selamat datang kepada rombongan dari FKUB Sulteng di Bumi Tepe asa Moroso.

Adapun acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi dari para Narasumber, yang selanjutnya diakhiri dengan sesi tanya jawab atau diskusi.

Berita Terkait

pemkab-morowali-gelar-rakor-tindak-lanjuti-inpres-nomor-6-tahun-2020

Pemkab Morowali Gelar Rakor Tindak Lanjuti Inpres Nomor 6 Tahun 2020

morowalikab.go.id - Bungku - Pemerintah Kabupaten Morowali menggelar Rapat Koordinasi (Rakor), Selasa (22/09). Rakor tersebut dalam rangka menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakkan Hukum Proto

secara-virtual-pemkab-morowali-ikuti-sosialisasi-perpres-no-95-tahun-2018-tentang-spbe

Digelar Secara Virtual, Persamaan persepsi Arsitektur SPBE dan Peta Rencana Kab. Morowali

Morowalikab.go.id -Bungku- Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali mengikuti kegiatan sosialisasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) melalui via zoom meeting di Ruang Media Center, Selasa (19/7/22). Kegiatan tersebut di hadiri oleh Staf Ahl

program-pro-rakyatdua-periode-anwar-hafid

PROGRAM PRO – RAKYAT,DUA PERIODE ANWAR HAFID.

Diakhir masa jabatannya yang tinggal beberapa bulan lagi, menjadi Bupati di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Anwar Hafid menciptakan banyak program Pro-Rakyat. Pendidikan gratis dan kesehatan gratis adalah dua program populer Anwar yang diberikan

wakili-pj-bupati-morowali-asisten-iii-husban-laonu-buka-semarak-gerakan-sekolah-sehat-gss-di-smpn-1-bungku

Wakili Pj Bupati Morowali, Asisten III Husban Laonu Buka Semarak Gerakan Sekolah Sehat (GSS) di SMPN 1 Bungku

Morowalikab.go.id -Bungku- Dalam rangka optimalisasi implementasi Gerakan Sekolah Sehat (GGS) guna mewujudkan peserta didik dan seluruh warga sekolah yang sehat, kuat, cerdas dan berkarakter, Pemerintah Kabupaten Morowali melalui Dinas Pendidikan dan

dinas-koperasi-umkm-morowali-gelar-pelatihan-menjahit-tahap-iv

Dinas Koperasi & UMKM Morowali Gelar Pelatihan Menjahit Tahap IV

Morowalikab.go.id-Bungku-Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menyelenggarakan Pelatihan Menjahit Tahap IV, di Aula Grand Qafia Hotel, Senin (06/03/2023).   Kegiatan Mengusung Tema "