Lantik Kades Terpilih, Bupati Morowali: ''Rangkul Masyarakat dan Bangun Kemitraan Yang Baik Dengan BPD''

  Selasa 23 November 2021   Citra Sari     95

WhatsApp Image 2021-11-23 at 10-26-14

Morowalikab.go.id, Bumi Raya, Bertempat di Pelataran Kantor Camat Bumi Raya, Bupati Morowali, Drs. Taslim resmi melantik Kepala Desa (kades) hasil Pilkades serentak Tahun 2021, Senin (22/11/21).

Dalam pelantikan tersebut, hadir pula Kapolres Morowali, AKBP Ardi Rahananto.SE., S.I.K., M.Si, Camat Bungku Barat, Jalaludin Ismail, S.Pd, Camat Witaponda, Nasron, S.Sos, Camat dan Kades serta Anggota BPD se Kecamatan Bumi Raya maupun tamu Undangan lainnya. 

Pelantikan tersebut merupakan gabungan Kades terpilih pada Pilkades serentak Tahun 2021 untuk tiga kecamatan diantaranya, Kecamatan Bungku Barat, Bumi Raya dan Witaponda.

Adapun Kades yang diambil sumpahnya berdasarkan Surat Keputusan Bupati Morowali, Nomor : 188.4.45/KEP.037/DPMDP3A/2021, antara lain:

Kecamatan Bumiraya: Kades Parilangke, Rastan, Kades Bahonsuai, Mutrafin, Kades Atananga,    Nasrudin, S.Pd, Kades Samarenda, Tamsil, Kades Umbele, Aswar Abd. Rahman, Kades Beringin Jaya,     Wawan Sulistio. Kades Pebotoa, Arman.

Kecamatan Bungku Barat, Kades Umpanga, H. Syamsuddin. Sementara untuk Kecamatan Witaponda antara lain Kades Puntari Makmur, Irfan Bahroni. dan Kades Lantula jaya, Parianti.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Morowali, Taslim mengingatkan kades yang terpilih untuk segera membenahi atau menata lingkungan yang lebih baik serta merangkul seluruh masyarakatnya dalam mempercepat pembangunan desa.

“Setelah terpilih dan dilantik sebagai Kades langkah awal yang harus dilakukan adalah menata pembangunan lingkungan desa dan merangkul kembali seluruh masyarakatnya. Olehnya mulai hari ini hilangkan perbedaan, dimana yang terpilih hari ini bukan kades pendukung atau golongan tertentu namun adalah kepala desa untuk seluruh masyarakatnya,'' ujarnya.

Selama menjabat, Kades harus mampu memperbaiki atau menata kembali sistem kehidupan bermasyarakat yang lebih baik.

''Pilkades adalah awal kita kembali menata masa depan kita, Enam Tahun dalam 1  periode kepemimpinan bukan waktu yang cukup untuk menyelesaikan persoalan masyarakat, tidak ada seorang pemimpin dalam 1 masa kepemimpinan bisa menyelesaikan semua persoalan masyarakat, kita perbaiki atau tata kembali sistem kehidupan yang lebih baik, kita satukan anak muda, bapak/ibu, tokoh agama, dan seluruh masyarakat untuk mewujudkan janji politik kades terpilih demi untuk mewujudkan pembangunan yang lebih baik,” ajak Taslim.

Dalam menjalankan tugasnya, kades kiranya dapat membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan Visi dan Misi pemerintah daerah dalam menciptakan pemerintah yang baik dan bersih.

 

“Sebagai pemimpin agar terhindar dari hal-hal yang tidak baik seperti korupsi dan lain sebagainya, Kades harus melakukan perencanaan yang baik dengan melibatkan semua stakholder seperti kelompok desa, kelompok nelayan, kelompok usaha dan sebagainya agar dapat usulan dan kemudian diakomodir oleh dana desa sehingga mendapatkan perencanaan yang baik,'' tambah Taslim dengan nada tegas.

Diakhir sambutannya, Taslim berharap Kades harus menegakan kehidupan berdemokrasi dan membangun kemitraan yang baik dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“Sebagai orang yang dipercaya dalam membawa amanah masyarakat, kades harus bersikap adil dan tidak pilih kasih dalam mengayomi masyarakat serta bijak dalam memilih perangkat desa. Kades adalah pemimpin semua masyarakat bukan kelompok tertentu, oleh karena itu diharapkan kades mampu menegakan kehidupan berdemokrasi, dengan membangun kemitraan yang baik dengan perangkat desa dan juga BPD, tentunya dengan menyesuaikan tugas-tugas kades dan BPD, Sehingga dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya agar lebih memahami dan melaksanakan seusai peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan desa, khusunya tentang pemahaman tugas, wewenang, kewajiban dan hak kepala desa dan BPD,'' pungkasnya.

 

Berita Terkait

sertijab-asisten-administrasi-umum-digelar-lepas-masa-purnabakti-siti-samria-sia

Sertijab Asisten Administrasi Umum Digelar, Lepas Masa Purnabakti Siti Samria Sia

morowalikab.go.id - Bungku - Selasa, (01/12) berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Morowali, Serah Terima Jabatan dari Pejabat Lama Kepada Pelaksana Tugas Jabatan Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Morowali digelar. Acara ters

perkuat-peran-dan-fungsi-perpustakaan-bupati-membuka-sosialisasi-perpustakaan-berbasis-inklusi-sosial

Perkuat Peran dan Fungsi Perpustakaan, Bupati Membuka Sosialisasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.

Morowalikab.go.id, Bungku, Bupati Morowali, Drs. Taslim, didampingi Kadis Perpustakaan Daerah, Zaenudin, S.Pd., M.Pd dan Camat Bungku Tengah, Wirda Rosanti, S.STP., MPA, membuka kegiatan Sosialisasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, di Gedung

terbukti-terlibat-politik-praktis-bupati-tidak-segan-tindaki-oknum-asn

TERBUKTI, TERLIBAT POLITIK PRAKTIS, BUPATI TIDAK SEGAN TINDAKI OKNUM ASN

morowalikab.go.id: Bertempat di ruang rapat Kantor Bupati Morowali, Senin (4/6/18), Bupati Dr. Ir. Bartholomeus Tandigala, SH., CES, didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Drs. Bambang S. Soerojo, M.Si, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangu

resmi-dibuka-bupati-raker-kepala-sekolah-dan-pengawas-se-kabupaten-morowali-dapat-tingkatkan-mutu-pendidikan

Bupati Morowali Membuka Raker Kepala Sekolah dan Pengawas se-Kabupaten Morowali

Bungku - morowalikab.go.id - Bupati Morowali, Drs. Taslim resmi membuka kegiatan rapat kerja (Raker) Kepala Sekolah dan Pengawas se-Kabupaten Morowali, di Ruang Pola Kantor Bupati, Selasa (28/01/20). Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya W

bupati-taslim-tutup-kejurprov-catur-di-morowali

Bupati Taslim Tutup Kejurprov Catur Di Morowali

PPID – morowalikab.go.id – BUNGKU – Kejuaraan provinsi (KEJURPROV) catur Sulawesi tengah di Kabupaten Morowali yang diselenggarakan di  gedung serbaguna matano, ditutup oleh Bupati Morowali, Drs. Taslim, Senin (25/08/19). Dihadiri oleh Ketua U