Petani Binaan PT Vale Panen Raya Padi SRI Organik di Kolono

  Kamis 14 Juli 2022   Winda Bestari     998

WhatsApp Image 2022-07-14 at 14-34-50

Morowalikab.go.id - Bungku Timur - Petani binaan program Pertanian Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan (PSRLB) melalui metode System of Rice Intensification (SRI) Organik PT Vale Indonesia Tbk melakukan panen raya, Kamis (14/07/2022). Program SRI Organik merupakan bagian dari program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di sektor pertanian.

Panen dilakukan di lahan milik Ibu Fadlun yang berlokasi di Desa Kolono, Kecamatan Bungku Timur, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. Turut menghadiri Wakil Bupati Morowali, Dr. H. Najamudin, S.Ag., S.Pd., M.Pd., Camat Bungku Timur, Sukman Gamal, SP., Perwakilan Manajemen PT Vale, Ridwan Banda serta tamu undangan lainnya.

Perwakilan Manajemen PT Vale, Ridwan Banda menyebut program ini dilaksanakan guna mendorong pertanian yang ramah lingkungan melalui sistem pertanian yang berbasis teknologi peningkatan produktivitas berkelanjutan. Hal tersebut dalam rangka mewujudkan penguatan ketahanan pangan dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

"Sehat adalah investasi terbesar. Sehat merupakan hal yang selalu diharapkan semua orang, maka salah satu cara yang kita lakukan adalah dengan melalui SRI padi organik ini", pungkas Ridwan.

Lanjutnya, melalui bidang Health Safety Environtmental PT Vale, program ini diharapkan dapat berkelanjutan dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah. Selain itu kata Ridwan, residu limbah sisa industri tidak lagi menjadi momok dan harus bernilai baik secara ekonomi maupun lingkungan bagi masyarakat.

WhatsApp Image 2022-07-14 at 14-34-50 (1)

"Dengan adanya program ini, kita mengetahui bahwa sampah yang dibuang dapat menjadi sesuatu yang bisa dimanfaatkan dan memberi nilai ekonomi bagi masyarakat. Semoga program ini terus berkelanjutan dan bersinergi bersama Pemerintah Daerah", tandas dia.

Sementara itu, Wabup Morowali Dr. H. Najamudin dalam sambutannya menyinggung tiga hal besar yang tengah dihadapi Indonesia yakni energi, pangan dan lingkungan. Najamudin menekankan agar kegiatan pertambangan seyogyanya dapat meminimalisir kerusakan lingkungan. 

"Kegiatan pertambangan berdampak pada masalah lingkungan yang harus diselesaikan bersama", tegas Wabup.

Ia menambahkan, untuk menjawab persoalan pangan, petani diharapkan agar memanfaatkan  semua lahan untuk ditanami dan dikelola secara maksimal. Menurutnya, hal itu menjadikan Morowali tidak hanya unggul sebagai daerah industri namun juga menjadi daerah yang kaya potensi di sektor pertanian. 

WhatsApp Image 2022-07-14 at 14-34-50 (2)

Olehnya Wabup berharap agar PT Vale segera memulai kegiatan penambangan di Morowali dan terus memberi dampak positif serta menekan angka kemiskinan di Morowali.

"Dengan hadirnya PT Vale diharapkan untuk cepat melaksanakan kegiatan di Morowali. Supaya petani juga merasakan manfaatnya dan masalah sengketa lainnya dapat kita selesaikan bersama. Harapannya dengan hadirnya PT Vale mampu memberi dampak positif pertumbuhan ekonomi dan menekan angka kemiskinan di Morowali", tutupnya.

Berita Terkait

bupati-dan-wakil-bupati-morowali-hadiri-tasyakuran-pemfungsian-sekretariat-dewan-adat-tobungku

Bupati dan Wakil Bupati Morowali Hadiri, Tasyakuran Pemfungsian Sekretariat Dewan Adat Tobungku

Morowalikab.go.id-Bungku- Bupati Morowali Drs. Taslim bersama Wakil Bupati Morowali Dr.H.Najamudin, S.Ag., S.Pd., M.Pd., menghadiri Tasyakuran Pemfungsian Sekretariat Dewan Adat Tobungku, Bertempat di Kantor Dewan Tobungku, Jln. Trans Sulawesi Kel

bupati-morowali-buka-rapat-pelaksanaan-program-jkn

Pemkab Morowali Bersama BPJS Kesehatan Gelar Rapat Pelaksanaan Program JKN

Morowalikab.go.id -Bungku- Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali bersama BPJS Kesehatan menggelar Rapat mengenai Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) serta menjalin Komunikasi dan Kerjasama, berlangsung Di Aula Kantor Bupati Morowali,

peringati-hari-kartini-pemkab-morowali-gelar-sejumlah-kegiatan

Peringati Hari Kartini, Pemkab Morowali Gelar Sejumlah Kegiatan

Morowalikab.go.id - Bungku - Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali menggelar peringatan Hari Kartini di Alun-alun Rumah jabatan (Rujab) Bupati Morowali, Minggu (21/4/19) pagi. Lengkap dengan kebaya dan tatanan sanggul, para perempuan peserta jalan san

aksi-damai-lakukan-mediasi-bersama-serikat-pekerja-nasional-morowali-bupati-taslim-harap-tuntutan-harus-berdasarkan-data-ril

Mediasi Bersama Serikat Pekerja Nasional Morowali, Bupati Taslim Harap Tuntutan harus berdasarkan Data ril.

Morowalikab.go.id-Bungku- Menindaklanjuti aksi demonstrasi penyampaian aspirasi penolakan Omnibus Law UU Cipta Kerja oleh Aliansi Serikat pekerja Nasional ( SPN) DPC Morowali yang berlangsung di depan Halaman kantor Bupati Morowali dini hari, Rabu (2

peduli-pegawai-non-asn-pemkab-morowali-bersama-bpjs-ketenagakerjaan-tandatangani-mou

Lindungi Pegawai Non ASN Dengan Program Jamsostek, Pemkab Morowali Bersama BPJS Ketenagakerjaan Tandatangani MoU

BUNGKU, morowalikab.go.id, Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kabupaten Morowali menggelar kegiatan penyerahan penghargaan dan penandatanganan  Memorandum of Understanding (M