Porkab Morowali I Resmi Dibuka, 1.062 Atlet se Morowali Bakal Unjuk Bakat

  Minggu 13 Maret 2022   Winda Bestari     2003

8ed801cf-195b-4eb9-9dd4-cbdba8803d10

Morowalikab.go.id - Bungku - Bupati Morowali, Drs. Taslim resmi membuka Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) Morowali I di lapangan bola Sangiang Kinambuka, Minggu (13/03/2022). Untuk diketahui, PORKAB ini diselenggarakan pertama kalinya setelah Kabupaten Morowali terbentuk 22 tahun silam. PORKAB Morowali I mengusung tema "Sukses PORKAB  Menuju Morowali Emas PORPROV IX 2022". Pelaksanaan PORKAB yang dimulai 13 - 21 Maret 2022 ini digelar di 20 venue yang tersebar di Kecamatan Bungku Tengah.

d66a94d9-0605-4c38-b1a2-4c73f12a82c8_content

Turut hadir dalam acara Wakil Bupati Morowali, Dr. H. Najamudin, S.Ag., S.Pd., M.Pd., Sekretaris Daerah Morowali, Drs. Yusman Mahbub, M.Si., para Kepala OPD, unsur Forkopimda, Ketua KONI Sulawesi Tengah, M Nizar Rahmatu, Ketua KONI Morowali, Hj. Arnila Hi. M. Ali, tokoh adat, tokoh masyarakat, para atlet, manager dan official serta insan pers.

Ketua Panitia PORKAB I, Syamsi Laonu, SE., mengungkapkan, jumlah cabang olahraga dalam PORKAB I akan dipertandingkan sebanyak 19 cabor, termasuk dua cabor eksebisi dan satu cabor tradisional yakni metandi mehule. PORKAB ini diikuti 1.062 atlet utusan dari 9 kecamatan se Morowali.

"Para atlet akan memperebutkan 227 medali emas, 270 medali perak dan 1002 medali perunggu. Dalam kegiatan ini juga melibatkan wasit/juri provinsi sebanyak 55 orang, wasit/juri kabupaten 47 orang, 1.062 orang atlet, 9 orang ketua kontingen, 24 manager, 100 pelatih dan 119 official", ungkapnya.

e7db7c31-0f08-4205-812d-68e255bcfaee_content

Ketua KONI Morowali, Hj. Arnila menuturkan, diselenggarakannya PORKAB adalah akibat lemahnya gaung prestasi para atlet Morowali di tingkat provinsi maupun kejuaraan nasional. Olehnya, dalam memimpin KONI, ia bertekad untuk terus memajukan pembinaan prestasi dan pengembangan olahraga di Morowali.

"Selama Morowali berusia 22 tahun, PORKAB ini merupakan yang pertama kali digelar. Kami mempunyai tekad besar untuk menjaring atlet di Morowali, membawa atlet yang unggul untuk turut berkompetisi di ajang PORKAB. Sehingga harapan kami Morowali berada pada posisi terdepan di setiap ajang olahraga baik tingkat provinsi maupun nasional", ucap Arnila.

682a0ec5-ff60-4b59-a820-10e2c1751af0

Hal senada disampaikan Bupati Morowali, Taslim berharap melalui pelaksanaan PORKAB I, atlet Morowali bakal turut berkontribusi dan menonjolkan bakat mereka dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) IX Tahun 2022 yang rencananya akan dilaksanakan di Kab. Banggai. Taslim mengimbau agar para atlet serius untuk bertanding dan terus menjunjung tinggi sportivitas.

"Kita tidak ingin lagi Morowali hanya dikenal  urutan kedua dari bawah. Harapannya kedepan, PORPROV di Banggai nanti, Morowali harus jadi yang terdepan. Ini memang target yang berat untuk dicapai, namun saya percaya, dengan pembinaan KONI dan keseriusan para atlet maka kita dapat mencapai itu", tegas Bupati.

Sebagai bentuk dukungan dari Pemerintah Daerah Morowali, menutup sambutannya Bupati juga menyampaikan bahwa Pemda akan memberikan bonus total sebesar 1 Miliar Rupiah bagi para atlet yang berhasil meraih medali di ajang PORPROV. Hal tersebut merupakan motivasi untuk para atlet, agar bertekad mewujudkan Morowali emas dan terdepan dalam ajang PORPROV IX di Banggai.

Sementara itu Ketua KONI Sulteng, Nizar Rahmatu menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Daerah dan jajaran KONI Morowali yang telah seiring dan sejalan berkomitmen membangun martabat daerah melalui bidang olahraga. 

"Saya memberi apresiasi yang luarbiasa terhadap Pemerintah Daerah Morowali dan juga Ketua KONI yang telah bersinergi membangun harga diri dan martabat daerah melalui peningkatan bidang olahraga. Semoga dengan adanya PORKAB, Morowali tidak lagi berada di belakang. Harapan saya Morowali di bulan November nanti akan membuat sejarah baru. Akan lagi bertambah putra(i) Morowali yang berkontribusi di tingkat nasional", jelas dia.

Acara tersebut kemudian dilanjutkan dengan  penekanan tombol sirine dan pelepasan balon  yang menandai PORKAB I telah resmi dibuka. Sebagai informasi, dari total 13 kab/kota di Sulawesi Tengah, Morowali merupakan daerah ketiga yang menggelar PORKAB setelah Parigi Moutong dan Banggai.

Berita Terkait

kunker-di-kecamatan-witaponda-dan-bumi-raya-pj-bupati-morowali-rachmansyah-ismail-naikkan-insentif-petugas-rumah-ibadah

Kunker di Kecamatan Witaponda dan Bumi Raya, Pj. Bupati Morowali, Rachmansyah Ismail Naikkan Insentif Petugas Rumah Ibadah

Morowalikab.go.id – Bungku – Penjabat (Pj) Bupati Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah, Ir. H. A. Rachmansyah Ismail, M.Agr., M.P, didampingi Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Abdul Muttaqin Sonaru, SP, Staf Ahli Bidang Kesra,

mal-pelayanan-publik-ptsp-kabupaten-morowali-bekerjasama-dengan-universitas-tadulako-menggelar-seminar-hasil-kajian-akademik

MAL PELAYANAN PUBLIK – PTSP KABUPATEN MOROWALI BEKERJASAMA DENGAN UNIVERSITAS TADULAKO MENGGELAR SEMINAR HASIL KAJIAN AKADEMIK

  Morowalikab.go.id -Bungku- Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Morowali Bekerja sama dengan Universitas Tadulako menggelar Seminar Hasil Kajian Akademik Mal Pelayanan Publik (MPP) T

sambut-ramadan-pemkab-morowali-gelar-pasar-murah

Sambut Ramadan, Pemkab Morowali Gelar Pasar Murah

Morowalikab.go.id -Bungku- Pemerintah Kabupaten Morowali melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Morowali menggelar pasar murah dalam rangka menekan laju inflasi dan Bulan Suci Ramadan 1445 Hijriah.  Pasar murah tersebut dibuka

tacb-rekomendasikan-lima-objek-berikut-dalam-sidang-penetapan-cagar-budaya-peringkat-kabupaten-morowali

TACB Rekomendasikan Lima Objek Berikut dalam Sidang Penetapan Cagar Budaya Peringkat Kabupaten Morowali

Morowalikab.go.id - Bungku - Bertempat di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kabupaten Morowali, Sidang Penetapan Rekomendasi Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Morowali digelar Jumat (25/11/2022). Sidang tersebut berlangsung selama sat

letakkan-batu-pertama-smk-nurul-ummah-bupati-pendidikan-lahirkan-generasi-berkualitas

Letakkan Batu Pertama SMK Nurul Ummah, Bupati: ‘’Pendidikan Lahirkan Generasi Berkualitas’’

Morowalikab.go.id, Bumi Raya, Pembangunan Infrastruktur jalan, jembatan dan lainnya merupakan hal yang sangat mendesak dan dibutuhkan oleh seluruh masyarakat, namun jika tidak ditunjang dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai seluruh pembang