Permudah Pelayanan Masyarakat, Bupati Hadiri Launching SMART TPI Morowali dan Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan

  Jumat 18 Juni 2021   helman kaimu     377

2

Morowalikab.go.id, Bungku, Untuk mempermudah serta mempercepat pelayanan kepada masyarakat, Bupati Morowali, Drs. Taslim menghadiri kegiatan Launching SMART TPI Morowali dan Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan.

Inovasi SMART TPI Morowali akronim dari Pasar Ikan Terintegrasi Matano merupakan suatu upaya mengoptimalkan fungsi TPI bukan hanya sebagai tempat pelanggan ikan namun juga berfungsikan sebagai sarana pusat informasi penjualan dan pemasaran hasil perikanan agar terwujud stabilitas harga dan kesejahteraan nelayan.

1

Hadirnya Program Inovasi SMART TPI yang merupakan Inovasi Kadis Perikanan Daerah, Drs. Fajar untuk memenuhi tugasnya sebagai salah satu peserta PIM II di LAN Makassar bertujuan untuk memudahkan pelayanan masyarakat khususnya bagi nelayan dalam memasarkan hasil tangkapannya. Hal ini dikatakan Bupati Morowali, Taslim saat menyampaikan sambutannya di acara Launching SMART TPI Morowali dan Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan di Lokasi TPI, Kelurahan Matano, Kecamatan Bungku Tengah, Jumat (19/6/21)).

Lebih lanjut, Taslim mengungkapkan inovasi SMART TPI akan dikembangkan oleh Dinas Perikanan Daerah dan diintegrasikan kedalam aplikasi yang sudah tersedia sehingga masyarakat hemat waktu, hemat biaya, cepat informasi, dan lain sebagainnya.

Selain itu, berkaitan dengan BPJS Ketenaga Kerjaan Taslim menuturkan pentingnya masyarakat menjadi peserta BPJS Ketenaga Kerjaan.

‘’Untuk BPJS Kesehatan di Provinsi Sulawesi Tengah, Morowali sudah mencapai UHC artinya masyarakat Morowali 96% sudah menikmati fasilitas kesehatan, kata dia pemkab Morowali sudah menyiapkan uangnya tinggal masyarakat menikmatinya. Selain BPJS Kesehatan, masyarakat juga harus menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, dimana BPJS ini mampu memberikan manfaat jaminan kecelakaan saat bekerja,’’ tuturnya.

Jaminan sosial menjadi kewajiban pemda, mulai dari BPJS Kesehatan hingga BPJS Ketenagakerjaan dan juga Bantuan sosial lainnya.

‘’Besar kepedulian Pemkab Morowali telah terbukti. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya bantuan sosial yang disalurkan, mulai dari ponpes, janda miskin, penyandang disabilitas dan lain sebagainya. Selain itu, di Sulteng baru Morowali yang memberikan jaminan BPJS Ketenagakerjaan khusus tenaga Honorer dan hari ini Pemda juga akan memberikan jaminan sebanyak 9 ribu orang nelayan yang diakomodir dalam BPJS Ketenaga kerjaan. Namun bagi pemilik kapal yang mempekerjakan nelayan diwajibkan menanggung BPJS Ketenagakerjaannya, kalau tidak, akan didenda sesuai aturan yang berlaku. Ini bentuk keseriusan pemda dalam mewujudkan masyarakat Morowali Sejahtera Bersama. Olehnya Camat dan Kades memberikan data nelayan yang akurat, sehingga bantuan sosial nelayan tepat sasaran,’’ pungkas Taslim.

Kegiatan yang dihadiri Ketua Komisi II DPRD Morowali, Iriane Ilyas, Asisten III, Husban Laonu, Kadis Perikanan, Drs. Fajar, sejumlah Kepala OPD, Camat, Kades dan tamu undangan lainnya berakhir dengan pelantikan pelaku agen aksi perubahan kinerja organisasi untuk keberlanjutan ekosistem terumbu karang sebagai keindahan dan ketahanan di Kawasan Konservasi Pesisir dan Pulau-pulau, oleh Bupati Morowali kepada perwakilan unsur masyarakat terkait, mulai dari Kepala Desa, Tokoh agama, Basarnas, dan SDC Morowali.

 

Berita Terkait

paripurna-bupati-morowali-sampaikan-lkpj-tahun-anggaran-2020

Paripurna, Bupati Morowali Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2020

morowalikab.go.id - Bungku - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Morowali menggelar Rapat Paripurna ke 5 (lima) masa persidangan II dengan agenda Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2020 oleh Pemerint

ikuti-pameran-penilaian-kinerja-stunting-se-sulteng-morowali-usung-16-program-inovasi

Ikuti Pameran Penilaian Kinerja Stunting se-Sulteng, Morowali Usung 16 Program Inovasi

Morowalikab.go.id, Palu, Mengikuti pameran penilaian kinerja konvergensi stunting terintegrasi Kabupaten/kota se-Provinsi Sulawesi Tengah, (se-Sulteng), Kabupaten Morowali usung 16 Program Inovasi pencegahan stunting di Aula Kantor Bappeda Sulteng

wakil-bupati-morowali-sebut-penyaluran-bantuan-sosial-harus-berdasarkan-data-akurat

Wakil Bupati Morowali: Penyaluran Bansos Harus Berdasarkan Data Akurat

Morowalikab.go.id - BUNGKU - Dalam rangka upaya penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) tepat sasaran, Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali Lewat Dinas Sosial Daerah, menggelar rapat koordinasi bersama sejumlah instansi terkait diantaranya Kepolisian, dan

guru-sd-se-kecamatan-bungku-tengah-jalani-vaksinasi-covid-19-tahap-i

Guru SD se Kecamatan Bungku Tengah Jalani Vaksinasi Covid-19 Tahap I

morowalikab.go.id - Bungku - Guru tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Bungku Tengah menerima vaksinasi tahap pertama Rabu, (31/03). Kali ini, para guru menjadi prioritas penerima vaksin yang telah didistribusikan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sul

bupati-morowali-harapkan-akreditasi-maksimalkan-pelayanan-kesehatan-masyarakat

Bupati Morowali Harapkan Akreditasi Maksimalkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

PPID - Morowalikab.go.id - BUNGKU - Bupati Morowali, Drs. Taslim membuka secara resmi Surveior Verifikasi Akreditasi Tahap II RSUD Morowali oleh Surveior Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), Selasa (25/6/19) di Rumah Sakit Umum Morowali. Kegiatan in