Peringati Hari Lahir Pancasila, Teguhkan Nilai Falsafah Bangsa,

  Sabtu 01 Juni 2019   Winda Bestari     406

PPID - Morowalikab.go.id - Bungku - Upacara memperingati hari lahir pancasila digelar di pelataran Kantor Bupati pada Sabtu, (01/06/19). Upacara dipimpin oleh Wakil Bupati Morowali, Dr. H. Najamudin, S.Ag., S.Pd., M.Pd., dan dihadiri  Bupati Morowali, Drs. Taslim, Setkab Morowali, H. Moh. Jafar Hamid, SH., M.M.Kasdim 1311 Morowali, Seluruh Pimpinan OPD dan jajarannya.

"Keberagaman secara natural dan kultural telah menjadi karakteristik negara Indonesia yang meliputi kondisi geografis, antropologis dan sosiologis"

ucap Wabup mengawali  sambutan tertulis Plt Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Dr. Hariyono.

Lanjutnya, ideologi Pancasila sebagai  penuntun keberagaman dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika. Menurut Ir. Jokowi, memperingati hari lahir Pancasila adalah sebuah keniscayaan.

"Pertama, kita harus mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa sehingga dapat bersatu. Sebagai bangsa yang besar, kita tidak akan meninggalkan sejarah" Sebutnya.

Ia mengurai, esensi dari memperingati hari lahir Pancasila adalah untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara.

"Yang diperlukan saat ini adalah bagaimana mengamalkan dan mengamankan Pancasila secara simultan dan terus-menerus" Tekannya.

"Kedua, dengan merayakan hari kelahiran Pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik" Imbuhnya.

Sebab, Pancasila mengandung orientasi arah perjuangan dan pembangunan bangsa kedepan. Pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan khususnya dalam merealisasi visi dan misi bangsa Indonesia.

Keberagaman yang ada secara alami dan kultural harus dikelola untuk membangun taman sari kebudayaan yang memungkinkan seluruh makhluk hidup tumbuh sesuai dengan ekosistem yang sehat. Kondisi demikian akan terwujud dengan budaya politik kewarganegaraan yang demokratis dan merawat harapan bukan yang menimbulkan ketakutan. Pancasila perlu dijadikan sumber inspirasi politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan negara Tutupnya mengakhiri sambutan.

(Winda Bestari/002 ) Video di buat oleh Riswan /iqbal https://youtu.be/7tGOv0ZPC68

  •    Dibuat oleh Winda Bestari
  •   Dipublish oleh iqbalmirza

Berita Terkait

peringati-hari-bela-negara-pemkab-morowali-gelar-upacara-bendera

Peringati Hari Bela Negara Ke-71, Pemkab Morowali Gelar Upacara Bendera

Morowalikab.go.id – Bungku - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morowali, menggelar upacara bendera memperingati Hari Bela Negara ke-71 tahun 2019 di Halaman Kantor Bupati, Kompleks Perkantoran Fonuasingko Bungku, Kamis (19/12/19). Bertindak selaku Ins

zikir-dan-doa-bersama-demi-wujudkan-sitkamtibmas-yang-aman-dan-damai-di-morowali

Morowali Berzikir dan Berdoa Bersama demi Wujudkan Sitkamtibmas Yang Aman dan Damai

PPID – morowalikab.go.id – BUNGKU -  Dalam rangka mewujudkan Situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Siskamtibmas) yang aman dan damai di Kabupaten Morowali. Pemkab Morowali bersama TNI/Polri gelar zikir dan doa bersama yang diikuti oleh P

pasca-konflik-antar-warga-pangdam-xiii-merdeka-tinjau-tkp

PASCA KONFLIK ANTAR WARGA, PANGDAM XIII/MERDEKA TINJAU TKP

morowalikab.go.id - Maraknya isu provokatif di Media Sosial, pasca konflik antar warga di Desa Keurea, Kecamatan Bahodopi, menjadi perhatian serius dikalangan pejabat tinggi Pemerintah utamanya TNI/POLRI, hal ini terlihat pada saat peninjauan Tempat

wujudkan-generasi-millennial-tertib-berlalulintas-pemkab-bersama-polres-morowali-gelar-jalan-sehat

Wujudkan Generasi Millennial Tertib Berlalulintas, Pemkab Bersama Polres Morowali Gelar Jalan Sehat.

Morowalikab.go.id – BUNGKU - Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali bersama Polres Morowali menggelar Jalan santai yang di ikuti oleh masyarakat dan pelajar di Wilayah Kecamatan Bungku Tengah. Hal ini dilakukan untuk  mewujudkan Generasi Millennial

tingkatkan-ketahanan-pangan-pasca-covid-19-pemkab-morowali-terima-bantuan-bibit-padi-dari-kemendesa-dan-transmigrasi-ri

Tingkatkan Ketahanan Pangan Pasca Covid-19, Pemkab Morowali Terima Bantuan Bibit Padi dari Kemendesa dan Transmigrasi RI

Morowali, IKP Kominfo, Dalam upaya mendukung ketahanan pangan pasca Covid-19, Kementerian Desa dan Transmigrasi Republik Indonesia menyerahkan bantuan bibit padi pada Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali di Ruang Pola Kantor Bupati, Senin (13/7/20