Pentingnya Ilmu dan Akhlak, Wabup Morowali Beri Ceramah Hikmah Maulid di SMA Alkhairaat Kolono

  Selasa 18 Oktober 2022   Octaviana Latong     606

WhatsApp Image 2022-10-17 at 21-49-34 (3)Morowalikab.go.id-Bungku- Wakil Bupati Morowali Dr.H.Najamudin, S.Ag., S.Pd., M.Pd menghadiri Dzikir Akbar sekaligus memberikan Ceramah memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw 1444 H/2022 M, Selasa (18/10).

 

Kegiatan yang Mengusung Tema, "Meneladani akhlak Rasulullah Saw sebagai bekal pribadi yang unggul", diawali dengan pembacaan Dzikir Akbar. 

 

Turut menghadiri, Kepala Sekolah SMA Alkhairaat Kolono Fildan S.Ag., Para Kades SE Kecamatan Bungku Timur,, Bhabinkamtibmas Bungku Timur, Kepala Sekolah Se Kecamatan Bungku Timur, Ketua Komite dan Pengurus SMA Alkhairaat Kolono, WIA Desa Kolono,  Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta para Murid. 

WhatsApp Image 2022-10-17 at 21-49-33

Dalam laporannya, Kepala Sekolah SMA Alkhairaat Kolono Fildan, S.Ag mengatakan bahwa acara ini merupakan partisipasi dari siswa-siswi SMA Alkhairaat  kolono sebagaimana tertuang dalam program Osis. Bertujuan untuk meneladani sifat Rasulullah Saw serta terjalinnya komunikasi dan mempererat hubungan tali silaturahmi antara sekolah dan pemerintah daerah Morowali. 

 

" Secara Singkat SMA Alkhairaat Kolono merupakan sekolah swadaya bagian dari Provinsi, Namun secara psikologis SMA Alkhairaat Kolono memiliki ikatan dalam pemerintahan Morowali. Salah satu hikmah kegiatan ini adalah menjalin komunikasi dengan pemerintah dalam rangka mempererat hubungan silaturahmi antara sekolah dengan pemerintah daerah. " Pungkasnya. 

WhatsApp Image 2022-10-17 at 21-49-35Dikesempatan ini, Wabup Morowali H.Najamudin memberikan ceramah  Hikmah Maulid tentang ilmu dan akhlak Rasulullah Saw. ia menjelaskan bahwa Ilmu adalah Pengetahuan suatu bidang yang didasari dengan kebenaran, sedangkan akhlak adalah satu sikap yang dilakukan secara sengaja lahir dari jiwa manusia.

 

" Sebagai contoh, dalam filsafat ilmu mengatakan sesuatu ilmu yang tidak ada kebenaran maka dia bukan dikatakan ilmu. tidak ada sejarahnya dua ditambah dua sama dengan nol. Inilah yang disebut dengan ilmu, Kenapa karena dia benar jadi kalau dua ditambah dua sama dengan nol berarti dia bukan ilmu namanya jadi semua ilmu harus didasari dengan kebenaran. " Jelasnya. 

 

Ditambahkannya, H Najamudin menjelaskan bahwa diwajibkan pula atas seorang Muslim, mempelajari ilmu yang dibutuhkan dirinya sekarang ini, dan juga ilmu yang dapat diamalkan kapan saja dan dimana saja.

 

"Pengetahuan adalah informasi dari sesuatu yang belum teruji kebenarannya, sedangkan agama adalah suatu tatanan Kehidupan manusia yang mengatur tentang hubungan manusia dengan Allah atau Tuhannya yang mengatur hubungan manusia dengan manusia yang mengatur hubungan manusia dengan alam untuk keselamatan manusia dunia dan akhirat." Ungkapnya

WhatsApp Image 2022-10-17 at 21-49-34 (2)Ia mengatakan, Keutamaan akan ilmu ini seyogyanya dapat menjadikan setiap Muslim senantiasa bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, yang juga dibarengi dengan akhlakul karimah.

 

Selain itu, H Najamudin menjelaskan Allah SWT dalam kitab suci al-Qur’an memberikan petunjuk yang amat sangat mulia kepada seluruh manusia, Yaitu melalui firman-Nya dalam surah al-Alaq ayat 3-5. Yang memberikan petunjuk mengenai pentingnya belajar membaca, menulis. 

 

Merujuk pada surah diatas,  maka pentinglah bagi setiap diri kita untuk senantiasa bersungguh-sungguh dalam belajar (menuntut ilmu).

 

WhatsApp Image 2022-10-17 at 21-49-34 (1)Usai ceramah, dilanjutkan dengan penilaian Bunga Male Oleh Wia Desa Kolono. 

Berita Terkait

berkah-ramadhan-bni-kcp-bungku-serahkan-bantuan-pangan-ke-pemkab-morowali

Berkah Ramadhan, BNI KCP Bungku serahkan Bantuan Pangan Ke Pemkab Morowali

Morowalikab.go.id-Bungku- PT. BANK Negara Indonesia KCP Bungku Morowali menyerahkan bantuan Sembako ke Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali. Bantuan pangan diserahkan secara simbolis oleh Kepala BNI KCP Bungku Morowali, Marini Deu ke Pemda Morowali y

peduli-pendidikan-amir-aminudin-paparkan-capaian-program-pendidikan-kabupaten-morowali

Peduli Pendidikan, Amir Aminudin Paparkan Capaian Program Pendidikan Kabupaten Morowali

  AMIR AMINUDIN, S.Pd., M.M Kasis Pendidkan Daerah Kabupaten Morowali   Morowalikab.go.id, Bungku, Kepala Dinas Pendidikan Daerah Kabupaten Morowali, Amir Aminudin, S.Pd. M.M, memaparkan capaian program pendidikan berkualitas oleh Pe

pemkab-morowali-melakukan-serah-terima-hibah-dengan-kantor-imigrasi-kelas-ii-non-tpi-banggai-luwuk

PEMKAB MOROWALI MELAKUKAN SERAH TERIMA HIBAH DENGAN KANTOR IMIGRASI KELAS II NON TPI BANGGAI LUWUK

Morowalikab.go.id -Luwuk- Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali, melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Morowali, Drs. Yusman mahbub, M.Si., melakukan Serah Terima Hibah dengan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Banggai, bertempat di Kompleks P

tidak-kuorum-rapat-paripurna-penyampaian-kuappas-tahun-anggaran-2023-ditunda

Tidak Kuorum, Rapat Paripurna Penyampaian KUA/PPAS Tahun Anggaran 2023 Ditunda

Morowalikab.go.id - Bungku - Selasa (12/07/2022), berlangsung di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Morowali, Rapat Paripurna ke-13 (tiga belas) Masa Persidangan III tahun sidang 2021/2022, resmi dibatalkan atau ditunda. Rapat Paripurna dalam rangka Penya

dinas-pendidikan-kabupaten-morowali-sosialisasikan-dapodik-paud-dan-dikmas

Dinas Pendidikan Kabupaten Morowali Sosialisasikan Dapodik PAUD dan Dikmas

PPID - morowalikab.go.id - Bungku - Pemerintah Kabupaten Morowali, melalui Dinas Pendidikan Daerah menggelar Sosialisasi Data Pokok Pendidik (Dapodik) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Tahun 2019, di Gedung Serba Gun