Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Morowali Desa Sampeantaba Resmi Digelar

  Jumat 27 Mei 2022   Winda Bestari     1824

WhatsApp Image 2022-05-27 at 11-24-55

Morowalikab.go.id - Witaponda - Hari keempat Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Morowali, digelar Jumat (27/05/2022). Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Morowali tersebut mengusung tema "Desa Tangguh, Ekonomi Masyarakat Tumbuh".  Memasuki hari keempat, penilaian lomba dilaksanakan di Desa Sampeantaba, Kecamatan Witaponda. 

Turut hadir di antaranya Ketua TP PKK Kabupaten Morowali, Ny. Asnoni Taslim, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDP3A) Kab. Morowali, Drs. H. Abdul Wahid Hasan, M.Pd., Kepala Desa Sampeantaba, Zulkifli dan segenap unsur Forkopimcam Witaponda.

WhatsApp Image 2022-05-27 at 11-24-54

Digelarnya lomba desa/kelurahan bertujuan untuk melakukan evaluasi perkembangan pelayanan pembangunan kemasyarakatan di desa. Mendorong dan memberi motivasi kepada pemerintah desa dan kelurahan beserta masyarakatnya untuk berlomba dan bersaing secara sportif dan positif dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat desa dan kelurahan.

WhatsApp Image 2022-05-27 at 11-24-58

Kepala DPMDP3A, Abdul Wahid Hasan mengungkapkan ada dua indikator utama penilaian yakni data Indeks Desa Membangun (IDM) dan data Profil Desa. IDM meliputi lima klasifikasi status desa, lima status itu adalah (1) Desa Sangat Tertinggal; (2) Desa Tertinggal; (3) Desa Berkembang; (4) Desa Maju; dan (5) Desa Mandiri. Sementara Profil Desa terdiri dari tiga kategori yaitu Desa Swakarya, Desa Swadaya dan Desa Swasembada.
 
"Kedua indikator tersebut menjadi alat ukur untuk menilai desa, kesemuanya telah terintegrasi melalui sistem elektronik. Sehingga kedepannya desa menjadi lebih maju, tidak lagi melakukan input data manual", pungkas Kepala DPMDP3A dalam sambutannya.
 
Selanjutnya, terkait mekanisme penilaian, ia menyebut tim penilai akan menyinkronkan laporan dan fakta yang terjadi di lapangan.
Seperti perkembangan pembangunan desa di berbagai sektor baik fisik maupun non fisik.
 
"Yang dilihat adalah apakah benar terlaksana pembangunan di desa seperti PAUD, Posyandu, jalan lingkungan desa, drainase dan jalur evakuasi saat terjadi bencana. Ataupun upaya yang dilakukan desa di sektor kesehatan yaitu dengan menyiapkan kader posyandu, paham mengenai penanganan stunting, mengutamakan keselamatan ibu dan bayi, penanganan Covid-19", terang Kadis.
 
"Sedangkan di bidang pendidikan, gedung PAUD dan sekolah, ketersediaan guru dan insentifnya apakah sudah sesuai standar. Yang terpenting adalah administrasinya. Pelaporannya harus terperinci sesuai aturan yang berlaku", tandas dia.
Untuk diketahui, sembilan desa, mewakili sembilan kecamatan se-Kab. Morowali bersaing untuk menampilkan yang terbaik dalam penilaian lomba desa tingkat Kab. Morowali. Adapun desa tersebut di antaranya Desa Wawongkolono, Menui Kepulauan, Desa Paku, Bungku Selatan, Desa Lafeu, Bungku Pesisir, Desa Sampeantaba, Witaponda, Desa Parilangke, Bumi Raya, Desa Bahoea Reko-Reko, Bungku Barat, Desa Bente, Bungku Tengah, Kelurahan Lamberea, Bungku Tengah, Desa Geresa, Bungku Timur dan Desa Fatufia, Kecamatan Bahodopi.

WhatsApp Image 2022-05-27 at 11-24-59

Berita Terkait

kepala-bpkad-morowali-launching-proyek-perubahan-aplikasi-bmd-40

Kepala BPKAD Morowali Launching Proyek Perubahan Aplikasi BMD 4.0

Morowalikab.go.id - Bungku - Rabu, (15/09) Bupati Morowali, Drs. Taslim meresmikan peluncuran Proyek Perubahan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II angkatan XI Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI), Alamsyah Ze

bupati-morowali-gelar-open-house-pasca-idul-fitri-1443-h

Bupati Morowali gelar Open House Pasca Idul Fitri 1443 H

  Morowalikab.go.id-Bungku- Bupati Morowali Drs. Taslim didampingi Ketua TP-PKK Kab. Morowali Ny. Asnoni Taslim bersama Keluarga, menggelar Open House atau rumah terbuka di kediamannya, Rumah Jabatan Bupati, Rabu (11/05).   Terlihat s

survei-kepuasan-masyarakat-terhadap-layanan-komunikasi-dan-informasi-dkisp

SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP LAYANAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI DKISP

Morowalikab.go.id- Bungku- Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (DKISP) menyelenggarakan urusan wajib non pelayanan dasar di bidang komunikasi dan informatika. Untuk itu, DKISP melaksanakan survei kepuasan masyarakat terhadap l

gencar-tingkatkan-kualitas-sdm-pemkab-morowali-bersama-pt-indomarco-prismatama-gelar-pelatihan-umkm-kewirausahaan-mandiri

Gelar Pelatihan UMKM Kewirausahaan Mandiri; Pemkab Morowali Komitmen Tingkatkan SDM

Morowalikab.go.id- Bungku- Mengusung tema "strategi UMKM bertahan dimasa pandemi Covid-19", Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Morowali bekerjasama dengan PT. Indomarco Prismatama menggelar Pelatihan UMKM kewirausahaan Mandiri. Kegiatan ini secara

bupati-morowali-sambut-kunjungan-kerja-kapolda-sulteng

Bupati Morowali Sambut Kunjungan kerja Kapolda Sulteng

  Morowalikab.go.id-Bungku-- Bupati Morowali Drs. Taslim menyambut hangat kunjungan kerja Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Provinsi Sulawesi Tengah, Irjen Pol, Drs. Abdul Rakhman Baso S.H Bersama rombongan. Rabu Pagi (07/10/2020). Kunjungan