Pemkab Morowali Gelar Ramah Tamah dengan Tim Peninjau dan Penilai Lomba Kampung Pancasila

  Kamis 17 Oktober 2024   helman kaimu     158

WhatsApp Image 2024-10-17 at 21-53-06

Morowalikab.go.id – Bungku – Pemerintah Kabupaten Morowali menggelar acara ramah tamah bersama Tim peninjau dan penilai lomba kampung Pancasila di Rumah Jabatan Bupati Morowali, Desa Matansala, Kecamatan Bungku Tengah, Kamis (17/10/24) malam.

Acara tersebut, selain sebagai ajang silaturahmi, juga merupakan bagian dari rangkaian penilaian lomba Kampung Pancasila yang bertujuan untuk memperkuat dan berbagi pengalaman dan inspirasi terkait pentingnya pengamalan nilai-nilai Pancasila di tengah masyarakat.

WhatsApp Image 2024-10-17 at 21-53-07 (1)

Hadir dalam acara tersebut diantarannya, Ketua Tim Peninjau dan Penilai Lomba Kampung Pancasila, Kolonel Inf. Shofanuddin, S.I.P., M. Han. (Paban III/Tahwil Sterad), Dandim 1311 Morowali, Letkol Inf. Alzaki, Pj. Sekda Morowali, Drs. H. Abdul Wahid Hasan, M.Pd, Forkopimda Morowali, Tokoh Agama, Tokoh Pebotoa Adati Tobungku, sejumlah pejabat daerah, tokoh masyarakat, serta perwakilan desa yang mengikuti Lomba Kampung Pancasila.

WhatsApp Image 2024-10-17 at 21-53-05

Pj. Sekda Morowali, Abdul Wahid Hasan, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada tim penilai nasional yang telah meluangkan waktu untuk hadir di Morowali. Ia berharap kedatangan tim ini dapat menjadi motivasi bagi masyarakat Morowali, khususnya desa Puntari Makmur, Kecamatan Witaponda  yang ikut serta dalam lomba, untuk terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Kami bangga dengan pencapaian desa Puntari Makmur yang turut serta dalam lomba ini. Lomba Kampung Pancasila bukan hanya tentang prestasi, tapi juga tentang bagaimana kita mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat," ujarnya.

WhatsApp Image 2024-10-17 at 21-53-04

Sementara itu, Ketua Tim Peninjau dan Penilai Kampung Pancasila, Kolonel Inf. Shofanuddin, juga memberikan apresiasi terhadap sambutan hangat yang mereka terima di Morowali. ’’Morowali memiliki potensi besar dalam mengembangkan desa-desa yang tidak hanya maju secara fisik, tetapi juga dalam aspek sosial dan budaya yang berlandaskan Pancasila.

Shofanuddin menambahkan, Lomba Kampung Pancasila sendiri merupakan inisiatif nasional yang bertujuan untuk menguatkan kembali pemahaman dan praktik nilai-nilai Pancasila di tingkat desa. Lomba ini diikuti oleh berbagai desa dari seluruh Indonesia, dengan penilaian yang mencakup aspek gotong royong, kerukunan antarumat beragama, hingga pengembangan budaya lokal yang berlandaskan Pancasila. Untuk itu, dengan diadakannya acara ini, diharapkan sinergi antara Pemkab Morowali dan masyarakat semakin kuat dalam menjadikan Pancasila sebagai dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Tim peninjau dan penilai kampung Pancasila merupakan perwakilan dari Mabes TNI AD dan berbagai lembaga yang bertugas menilai implementasi nilai-nilai Pancasila di tingkat desa diantaranya: Ketua Tim Kolonel Inf Shofanuddin, S.I.P., M. Han. (paban III/Tahwil Sterad), Anggota Tim Letkol Arh Ridwan Budi S. Paban 3/Komsos, Prof Dr. H Agus  Moh. Najib, S.Ag., M. Ag. (BPIP), Yogi Alfath Lasril (ASTRA). Mereka melakukan kunjungan langsung ke desa Puntari Makmur untuk melihat sejauh mana nilai-nilai tersebut diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Acara yang berlangsung aman dan tertib berakhir dengan penyerahan cendera mata dari Pemkab Morowali kepada Tim peninjau dan penilai lomba kampung Pancasila, sebagai wujud apresiasi atas kunjungan dan dedikasi dalam melaksanakan tugas penilaian di Kabupaten Morowali. Cendera mata tersebut diserahkan langsung oleh Pj Sekda, H. Abdul Wahid Hasan, dan diterima oleh Ketua Tim peninjau dan Penilai kampung Pancasila.

Berita Terkait

musda-mui-morowali-resmi-digelar-bupati-janjikan-hibah-lahan-pembangunan-sekretariat

Musda MUI Morowali Resmi Digelar, Bupati Janjikan Hibah Lahan Pembangunan Sekretariat

Morowalikab.go.id, Bungku, Bupati Morowali, Drs. Taslim membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan Musyawarah Daerah ke-II Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Morowali Tahun 2022, Minggu (18/09/22) malam. Kegiatan yang  dipusatkan di Gran

dinas-koperasi-dan-umkm-morowali-gebyarkan-harkopnas-ke-57-dengan-berbagai-rangkaian-kegiatan

Dinas Koperasi dan UMKM Morowali Gebyarkan HARKOPNAS Ke- 75, Dengan Berbagai Rangkaian Kegiatan

Morowalikab.go.id-Bungku- Pemerintah Daerah Morowali melalui Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Morowali meriahkan Hari Koperasi Nasional (HARKOPNAS) yang Ke 75 Tahun 2022. Hari Koperasi Nasional yang diperingati setiap 12 Juli, mengambil Tema &l

sekda-yusman-mahbub-resmi-dilantik-jadi-ketua-umum-koni-morowali

Sekda Yusman Mahbub, Resmi dilantik jadi Ketua Umum KONI Morowali.

Morowalikab.go.id-Bungku- Berlangsung di Gedung Serbaguna Achmad Hadie, Kelurahan Matano, Kecamatan Bungku Tengah,  Jajaran Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Morowali, Masa Bakti 2023-2027, resmi dilantik oleh Ketua

cegah-covid-19-2-bank-dan-1-jaringan-distribusi-ritel-di-morowali-serahkan-bantuan-apd-dan-sembako

Cegah covid-19, 2 BANK dan 1 Jaringan Distribusi Ritel di Morowali Serahkan Bantuan APD dan Sembako

Bungku, morowalikab.go.id , Bupati Morowali Drs.Taslim menerima bantuan dari Bank Nasional Indonesia (BNI),Kantor Cabang Morowali, Bank Syariah Mandiri Cabang Morowali  dan PT Midi Utama Indonesia Tbk  (Alfamidi) Kendari cabang Bu

hari-pertama-lomba-mtq-tingkat-kabupaten-morowali-sejumlah-cabang-mulai-di-perlombakan

Hari Pertama Lomba MTQ ke-X Tingkat Kabupaten Morowali, Sejumlah Cabang Mulai di Perlombakan

Morowalikab.go.id, Witaponda, Perlombaan hari pertama Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-X Tingkat Kabupaten Morowali pasca dibuka secara resmi oleh Bupati Morowali pada Senin (19/10/20) sejumlah cabang lomba mulai diperlombakan disejumlah