Peletakan Batu Pertama Pembangunan Ponpes Darunnajah di Wita Ponda, Ini Harapan Bupati Morowali

  Jumat 23 Juni 2023   helman kaimu     178

WhatsApp Image 2023-06-23 at 15-31-40

Morowalikab.go.id, Wita Ponda - Bupati Morowali, Drs. Taslim melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pondok Pesantren (Ponpes) Darunnajah di Desa Bumi Harapan, Kecamatan Wita Ponda, Sulawesi Tengah, Jumat (9/6/2023).

Hadir pada kegiatan itu, Anggota DPRD Morowali, Ahmad Efendi, Para Asisten Sekretariat Kabupaten Morowali, Camat Wita Ponda, Nasron, S.Sos, Forkopimcam Wita Ponda, perwakilan Kepala Urusan Agama Wita Ponda, tokoh masyarakat, pemuda, tokoh agama, dan tokoh perempuan, serta seluruh pengasuh Pesantren Kecamatan Wita Ponda dan Bumi Raya.

WhatsApp Image 2023-06-23 at 15-31-42

Dalam sambutannya, Bupati Taslim menyampaikan, pembangunan pondok pesantren ini merupakan suatu langkah dalam meningkatkan dan melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik, yakni melalui pendidikan agama. 

Sehingga pemerintah bersama masyarakat, dan lembaga pendidikan harus terus saling bersinergi, sebab tantangan kedepan akan semakin berat. Jika tidak dibekali dengan pendidikan yang baik, maka akan menjadi masalah dalam daerah dan dalam rumah tangga atau sebaliknya.

"Jadi mari kita bergandengan tangan untuk membangun pendidikan agama, sebab kondisi hari ini sudah menuntut agar bagaimana pemerintah dan masyarakat terus memperhatikan pendidikan agama, olehnya tidak boleh lagi ada pemikiran kalau pendidikan agama itu dijadikan nomor dua," ujar Bupati Taslim.

WhatsApp Image 2023-06-23 at 15-31-41

"Pembangunan pondok pesantren ini diharapkan bisa mengakomodir kebutuhan masyarakat Witaponda maupun Morowali pada umumnya. Dengan adanya sarana untuk pendidikan agama ini, diharapkan bisa mencetak SDM yang berbudi luhur dan dapat membawa Daerah Morowali lebih baik kedepanya dan membawa Morowali untuk Indonesia," tambahnya.

Bupati juga menjelaskan, untuk tahun ini pemerintah daerah akan menganggarkan dana yang besar guna membangun 100 unit gedung Madrasah Diniyah bagi desa yang belum memiliki pondok atau Madrasah Diniyah (MDA). Dengan tujuan agar bisa mengcover anak-anak supaya mendapatkan pendidikan agama yang cukup.

Sementara itu dalam laporan Ketua Panitia Penyelenggara, Sugiono menuturkan, pada Tahun Anggaran 2023 Ponpes Darunnajah mendapatkan bantuan dari Pemkab Morowali yang bersumber dari Dana Hibah sebesar Rp 1 Miliar yang dipergunakan untuk pembangunan pondok pesantren.

Dia juga menyampaikan rasa terimakasih kepada Pemkab Morowali, karena awalnya Darunnajah tidak masuk dalam kategori mendapatkan bantuan, sebab saat itu pengurus Darunnajah menghadap Bupati Morowali terbilang terlambat atau melewati batas waktu penganggaran pembangunan Tahun 2023. 

Dimana seharusnya penganggaran pembangunan untuk di Tahun 2023 telah berakhir pada Bulan November 2022, sedangkan pengurus Darunnajah menghadap Bupati Morowali di Bulan Desember 2022.

Namun karena rasa kepedulian Bupati Morowali kepada masyarakat, sehingga permohonan dana bantuan untuk pembangunan pondok pesantren Darunnajah sebesar Rp 1 Milyar dapat direalisasikan, dan hari ini dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan.

"Selain itu perlu juga kami sampaikan, pembangunan Ponpes Darunnajah bertempat di lokasi kedua milik Ponpes Darunnajah. Dan kami merencanakan untuk Ponpes yang baru dibangun di lokasi kedua ini diperuntukan untuk Pondok Pesantren Putri, dan yang di titik pusat atau Ponpes yang satunya sebagai Ponpes Putra," ujarnya, yang juga selaku Kepala Pondok Pesantren Darunnajah.

"Kami juga sampaikan terimakasih atas kerjasama kepada semua pihak, baik dari yayasan pondok pesantren, Pemerintah Desa Emea, dan terlebih kepada Pemerintah Daerah Morowali, sehingga kegiatan ini dapat dilaksanakan dan berjalan dengan baik," imbuhnya.

Adapun acara peletakan batu pertama pembangunan Ponpes Darunnajah tersebut diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al Quran, hingga diakhiri dengan Sholawat.

Berita Terkait

bupati-bersama-forkopimda-morowali-ikuti-peringatan-hani-tahun-2022-secara-hybrid

Bupati bersama Forkopimda Morowali Ikuti Peringatan HANI Tahun 2022, Secara Hybrid

Morowalikab.go.id-Bungku- Bupati Morowali Drs. Taslim mengikuti Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional secara Hybrid, di Aula Kantor BNN, Senin (27/06/22). Peringatan HANI yang dilaksanakan secara langsung di Provinsi Bali, mengangkat Tema &

dpmptsp-launching-aplikasi-e-speed

DPMPTSP MOROWALI LAUNCHING APLIKASI E-SPEED

morowalikab.go.id: E-Speed merupakan aplikasi yang digunakan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dalam melakukan pelayanan perizinan secara cepat dan akuntabel, khususnya di Kabupaten Morowali. Penggunaan aplikasi E-Speed res

workshop-pencegahan-perkawinan-usia-anak-untuk-penurunan-resiko-stunting-kabupaten-morowali-digelar

Workshop Pencegahan Perkawinan Usia Anak Untuk Penurunan Resiko Stunting Kabupaten Morowali, Digelar

Morowalikab.go.id-Bungku- Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Provinsi Sulawesi Tengah menyelenggarakan Workshop Pencegahan Perkawinan Usia Anak Untuk Penurunan Resiko Stunting Kabupaten Morowali, Senin (20/02/23).   Aca

sekda-morowali-buka-kegiatan-kerjasama-pengembangan-sistem-informasi-patroltaru

Sekda Morowali Buka Kegiatan Kerjasama Pengembangan Sistem Informasi PatrolTaru

Morowalikab.go.id -Bungku- Wakili Bupati, Sekretaris Daerah Morowali Drs Yusman Mahbub, M.Si  hadiri dan buka secara resmi kegiatan Kerjasama Pengembangan Sistem Informasi Pengaduan Pemanfaatan Ruang Pantau dan Kontrol Tata Ruang (PatrolTaru)

pj-bupati-morowali-a-rachmansyah-ismail-buka-resmi-pelatihan-koperasi-dan-umkm-tahun-2024

Pj Bupati Morowali, A Rachmansyah Ismail Buka Resmi Pelatihan Koperasi dan UMKM Tahun 2024

Morowalikab.go.id-Bungku - Penjabat (Pj) Bupati Morowali, Ir.H. A Rachmansyah Ismail,  M.Agr., MP., secara resmi membuka Pelatihan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Tahun 2024. Senin (03/06) Acara yang diselenggarakan di Ge