Komitmen Siapkan Tenaga Skill, Pemkab Toraja Utara Audiensi bersama Pemkab Morowali

  Kamis 17 November 2022   Octaviana Latong     305

WhatsApp Image 2022-11-17 at 18-30-14 (1)

Morowalikab.go.id-Bungku- Investasi khususnya di sektor industri menjadi salah satu pilar penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Morowali yang dikenal maju pada sektor industri terus berupaya meningkatkan nilai investasi, baik dari PMDN maupun PMA. 

 

"Kami Pemerintah Daerah Morowali terus mendorong peningkatan investasi di sektor industri manufaktur agar dapat berkontribusi dalam upaya pemulihan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat ". Hal demikian disampaikan Bupati Morowali Drs. Taslim saat menerima Kunjungan Kerja Pemerintah Kabupaten Toraja Utara, di Aula Kantor Bupati Kompleks Perkantoran Fonuasingko, Kamis (17/11/22).

 

Menurutnya selama ini aktivitas industri manufaktur mampu membawa dampak luas bagi perekonomian diantaranya penerimaan devisa dari pajak dan ekspor serta penyerapan tenaga kerja. Berangkat dari hal tersebut, Morowali memiliki tagline "Morowali untuk Indonesia" artinya bahwa siapa saja bisa datang untuk memanfaatkan peluangnya.

 

"Faktor utama untuk membangun infrastruktur pastinya sangat membutuhkan akan pengelolaan dan keterlibatan dari tenaga masyarakat. sebagai informasi sampai saat ini Morowali sangat membutuhkan kehadiran tenaga kerja itu. Di Kawasan PT IMIP sudah ada kurang lebih 72 ribu orang tenaga kerja, selain itu Kawasan PT Transon dan PT Wangsian yang juga membutuhkan tenaga kerja. “ Ungkap Bupati Morowali 

WhatsApp Image 2022-11-17 at 18-30-14

“Kedepannya Pemda Morowali masih membuka diri untuk teman-teman dari daerah lain untuk bekerja. Masih ada kawasan industri yang akan dimulai Pembangunannya, insyaallah kawasan ekonomi khusus Sambalagi akan dilaksanakan peletakan batu pertamanya pada  Tanggal 15 Desember 2022, setelah ini beroperasi tentu membutuhkan tenaga skill yang diperkirakan kurang lebih 58 ribu orang. Sementara bagian Barat terdapat Kawasan PT BTIIG yang saat ini masih dalam proses penuntasan perizinan, ini diperkirakan akan membutuhkan minimal 25 ribu orang tenaga kerja. Kami bersyukur kehadiran tenaga kerja dari daerah lain memberi manfaat bagi pembangunan investasi di Morowali" Tandasnya. 

 

Ia menuturkan Salah satu yang menjadi daya tarik berinvestasi di Morowali yakni tersedianya kawasan industri, terutama terintegrasi sehingga perusahaan perusahaan di dalamnya bisa lebih berdaya saing karena efisien. 

 

" Kami menjamin Investor masuk, syaratnya adalah keamanan dan ketersediaannya tenaga kerja. adanya integrasi dan komitmen antara Pemda dan pihak investor ini tentunya Memacu pengembangan kawasan industri di daerah Morowali. Selain itu Pemda Morowali juga menegaskan upaya untuk menciptakan kepastian hukum dan pedoman bagi pengembangannya. Alhamdulillah kehadiran Investasi di Morowali memberikan manfaat dan masyarakat kami sudah merasakan, Sehingga masalah kemiskinan dan pengangguran yang kita hadapi saat ini dapat teratasi dengan baik" Ujar Bupati Taslim 

WhatsApp Image 2022-11-17 at 18-30-13 (1)

Orang Nomor Satu di Morowali ini menyampaikan Atas nama pemerintah daerah Morowali dan seluruh masyarakat mengucapkan selamat datang dan berterimakasih kepada pemerintah Kabupaten Toraja Utara yang telah ikut serta memberikan kontribusinya terhadap pembangunan. kontribusi ini dimaksudkan adalah masifnya tenaga kerja Toraja Utara di Kabupaten Morowali. 

 

“Semoga dengan berbagi informasi nantinya, bisa lebih meningkatkan investasi di Kabupaten masing-masing.” Harapannya

 

WhatsApp Image 2022-11-17 at 18-30-13Kesempatan yang sama, Wakil Bupati Toraja Utara Frederik V. Palimbong, ST menyampaikan apresiasinya dan terimakasih kepada pemda Morowali yang telah memberikan pelayanan dan fasilitas yang sangat baik saat melakukan kunjungan, khususnya berkunjung ke Kawasan IMIP.

 

“ Selain kebutuhan data nasional, data ketenagakerjaan juga sangat dibutuhkan dalam pemetaan dan perencanaan Bappeda Kabupaten Toraja Utara dalam menangani dan jalinan kerjasama antar pemerintah dan perusahaan. Sehubungan dengan kebutuhan tersebut, pemerintah Kabupaten Toraja Utara melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi melakukan kunjungan ke Morowali yakni PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP). “Tuturnya. 

 

Pertemuan ini diharapkan menghasilkan persepsi yang sama untuk membangun kerjasama dan komunikasi yang lebih baik lagi antar daerah utamanya dalam rangka menyiapkan tenaga skill. 

 

Turut mendampingi Bupati, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setkab Morowali Ir. Rizal Badudin, Kepala Dinas Transnaker Morowali Drs. Abdurrahman Toppo bersama jajaran. 

 

Rombongan Kabupaten Toraja Utara dipimpin oleh Wakil Bupati Toraja Utara Frederik V. Palimbong, ST, diikuti Ketua Komisi I DPRD Toraja Utara Herman Pabesak, ST, Anggota DPRD Toraja Utara Alam Lamba, ST, Kepala Dinas Transnaker Toraja Utara Yakub Pongsendana S.Pd bersama Jajarannya. 

WhatsApp Image 2022-11-17 at 18-30-12

 

Acara dilanjutkan dengan pemberian bingkisan antara Bupati Morowali bersama Wakil Bupati Toraja Utara.

Berita Terkait

dpmptsp-launching-aplikasi-e-speed

DPMPTSP MOROWALI LAUNCHING APLIKASI E-SPEED

morowalikab.go.id: E-Speed merupakan aplikasi yang digunakan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dalam melakukan pelayanan perizinan secara cepat dan akuntabel, khususnya di Kabupaten Morowali. Penggunaan aplikasi E-Speed res

gelar-publik-hearing-tentang-4-buah-ranperda-dprd-serap-aspirasi-dan-ranperda-inisiatif

Sempurnakan Penyusunannya, DPRD Morowali Konsultasi Publik 4 Buah Ranperda

Morowalikab.go.id -Bungku- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Morowali menggelar kegiatan Konsultasi Publik atau Public Hearing terhadap 4 buah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif DPRD.  Kegiatan yang dihadiri Organisas

inisiasi-kerjasama-program-universitas-sintuwu-maroso-audiensi-bersama-pemkab-morowali-secara-virtual

Inisiasi Kerjasama Program, Universitas Sintuwu Maroso Audiensi bersama Pemkab Morowali Secara Virtual

Morowalikab.go.id-Bungku- Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali melakukan audiensi bersama Universitas Sintuwu Maroso, secara virtual di Ruang Media center Kantor Bupati, Selasa (10/05/22). Audiensi bertujuan untuk mensinergikan program Tridharma P

mewakili-bupati-morowali-asisten-i-bidang-pemerintahan-dan-kesra-hadiri-rapat-pleno-terbuka-kpud

Mewakili Bupati, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Hadiri Pembukaan Rapat Pleno Terbuka KPUD Morowali

Morowalikab.go.id, Bungku, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Morowali menggelar Rapat Pleno Terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2020. Rapat

sukses-launching-proyek-perubahan-si-jamsostek-lapariz-ini-harapan-kadis-dpmptsp-morowali

Sukses Launching Proyek Perubahan SI JAMSOSTEK LAPARIZ, Ini Penyampaian Kadis DPMPTSP Morowali

Morowalikab.go.id-Bungku- Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Morowali Drs. Yusman Mahbub, M.Si mengaku sangat bersyukur, bahwa proyek perubahan yang diusung pada Diklat PIM II , Aplikasi integrasi sistem