Kerjasama dengan Kemendagri, Pemkab Morowali Gelar Pelatihan Penatausahaan SIPD

  Senin 10 Oktober 2022   Winda Bestari     860

WhatsApp Image 2022-10-10 at 12-10-50 (1)

Morowalikab.go.id - Bungku - Pemerintah Kabupaten Morowali menggelar Pelatihan Penatausahaan berbasis Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) di Ruang Pola Kantor Bupati, Senin (10/10/2022). Pelatihan ini diselenggarakan dalam rangka menindaklanjuti amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah dan bekerjasama langsung dengan Direktorat Jenderal Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Keuda Kemendagri) Republik Indonesia.

WhatsApp Image 2022-10-10 at 12-10-49 (1)

Acara dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Morowali, Drs. Yusman Mahbub, M.Si., dan dihadiri oleh Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Morowali, Alamsyah, S.STP., M.Ec.Dev, serta Sekretaris BPKAD Morowali Chairul Fardhan, S.STP, M.Adm. Dalam pelatihan tersebut menghadirkan Tenaga Ahli SIPD di antaranya Ryan Hadi Wijaya dan Didik Joko Gagat Sidi Wahono selaku Konsultan SIPD Pusdatin. Pelatihan diikuti oleh seluruh Bendahara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan operator aplikasi SIPD Pemkab Morowali. 

WhatsApp Image 2022-10-10 at 12-10-48

Kepala BPKAD, Alamsyah menyebut pelatihan dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas aparatur Pemda Morowali serta mendukung kebijakan regulasi dari Pemerintah Pusat terkait penggunaan SIPD. Sebab menurutnya pengelolaan keuangan berbasis SIPD merupakan bagian tak terpisahkan dalam penganggaran dan penatausahaan. Ia berharap, melalui pelatihan ini, Pemda Morowali dapat menggunakan SIPD secara optimal.

"Manfaatkan momentum ini untuk meningkatkan kapasitas kita terkait pengelolaan keuangan daerah, sebab pelatihan bertujuan agar kedepan kita sudah siap menggunakan SIPD baik secara paripurna dan menyeluruh", pungkasnya.

WhatsApp Image 2022-10-10 at 12-12-19

Sementara itu, atas nama Pemerintah Daerah Morowali, Sekda Yusman Mahbub mengucapkan selamat datang kepada Tenaga Ahli SIPD Kemendagri di Bumi Tepe Asa Moroso. Lebih jauh dirinya mengungkapkan, Kabupaten Morowali sebelumnya telah dijadikan tempat studi tiru terkait pengelolaan keuangan daerah oleh beberapa daerah di Sulawesi. 

Ia berharap, dengan adanya pelatihan SIPD, dapat memperbaiki kinerja dan meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan Pemda Morowali. Olehnya ia mengimbau kepada seluruh peserta untuk serius mengikuti jalannya pelatihan hingga selesai.

"Mewakili Pemerintah Daerah, atas nama Bupati dan Wakil Bupati Morowali saya ucapkan selamat datang kepada Tenaga Ahli SIPD Kemendagri di Kabupaten Morowali, salah satu daerah kawasan industri terbesar di Indonesia. Saya informasikan bahwa sebelumnya beberapa daerah telah datang dan melakukan studi banding di Morowali terkait pengelolaan keuangan daerah, khususnya potensi pengelolaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) karena Morowali dianggap sukses mengelola keuangan daerah", urai Yusman.

"Olehnya kami berharap dengan adanya penerapan SIPD sepenuhnya, kontrol kita akan semakin bagus terkait pengelolaan keuangan daerah. Mohon peserta ikuti ini dengan baik karena teman-teman semua harus paham dan menguasai ini. Kemudian hasil pelatihan ini disampaikan ke Pimpinan dan Sekretaris OPD terkait penggunaan SIPD. Selamat mengikuti pelatihan, manfaatkan waktu sebaik-baiknya agar pengelolaan daerah kita akan lebih baik nantinya", tandas Sekda.

Berita Terkait

perkuat-umkm-pelatihan-pembukuan-sederhana-resmi-dibuka-bupati-morowali

Perkuat UMKM, Pelatihan Pembukuan Sederhana resmi dibuka Bupati Morowali.

Morowalikab.go.id-Bungku- Pemerintah Daerah melalui Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Morowali gencar meningkatkan produktivitas UMKM daerah, hal ini ditandai dengan pelatihan pembukuan sederhana bagi pelaku UMKM, Bertempat di Hotel Grand Qafia,&nbs

pemkab-morowali-halalbihalal-bersama-masyarakat-kecamatan-witaponda

Pemkab Morowali Halalbihalal Bersama Masyarakat Kecamatan Witaponda

Morowalikab.go.id - Bungku - Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali dalam hal ini Bupati Morowali, Drs. Taslim beserta pejabat teras Pemda Morowali melaksanakan halalbihal bersama masyarakat Kecamatan Witaponda di Desa Lantula Jaya, Jumat (20/05/22)

tingkatkan-wawasan-pengelolaan-pajak-daerah-bapenda-buol-studi-banding-ke-kabupaten-morowali

Tingkatkan Wawasan Pengelolaan Pajak Daerah, Bapenda Buol Studi Banding ke Kabupaten Morowali

Morowalikab.go.id- Bungku - Bupati Morowali Drs. Taslim menerima dengan hangat kunjungan Kerja Rombongan Badan Pendapatan (Bapenda) Daerah Kabupaten Buol, di Ruang Pola Kantor Bupati, Rabu (16/11/22).   Turut mendampingi Bupati Morowali, Sekre

morowali-jadi-tuan-rumah-rakor-perindustrian-dan-perindustrian-se-provinsi-sulawesi-tengah-tahun-2022-resmi-di-helat

Morowali Jadi Tuan Rumah, Rakor Perindustrian dan Perdagangan Se Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2022 Resmi di Helat

Morowalikab.go.id-Bungku- Kabupaten Morowali jadi tuan rumah, Rapat Koordinasi Perindustrian dan Perdagangan Se Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2022, resmi di helat. Acara tersebut berlangsung di Gedung Serbaguna Ahmad Hadie, Kelurahan Matano, Kec.

bupati-morowali-resmi-melepas-ratusan-riders-jelajah-alam-bumi-part-ii

Bupati Morowali resmi melepas Ratusan Riders Jelajah Alam Bumi Part II

Morowalikab.go.id- Bungku. Bupati Morowali Drs Taslim secara resmi melepas Ratusan.Riders Jelajah alam Morowali part II, di Lapangan Sangiang Kinambuka Kelurahan Marsaoleh, Kec. Bungku Tengah, Sabtu ( 03/12). Kegiatan yang diinisiasi oleh Adhyaks