Kepala BPKAD Morowali Launching Proyek Perubahan Aplikasi BMD 4.0

  Rabu 15 September 2021   Winda Bestari     260

WhatsApp Image 2021-09-15 at 17-48-16

Morowalikab.go.id - Bungku - Rabu, (15/09) Bupati Morowali, Drs. Taslim meresmikan peluncuran Proyek Perubahan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II angkatan XI Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI), Alamsyah Zen, S.STP., Mec. Dev. Proyek Perubahan tersebut berupa aplikasi pengelolaan data Barang Milik Daerah (BMD 4.0) berbasis teknologi informasi. Launching yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati, dihadiri oleh Asisten I Pemerintahan dan Kesra, Ir. Rizal Badudin, Asisten III Administrasi Umum, Husban Laonu, SP., M.Si., para Kepala OPD dan jajaran lingkup Pemerintah Kab. Morowali serta insan pers.

BMD 4.0 merupakan Proyek Perubahan yang dicetus untuk memudahkan pelayanan masyarakat serta kerja-kerja organisasi  khususnya dalam melakukan Rekon Belanja Modal di seluruh OPD Kab. Morowali. BMD 4.0 berangkat dari rekonsiliasi BMD yang masih manual, sulitnya mengakses data Simda BMD dan adanya Idle Assets milik Pemerintah Daerah Kab. Morowali yang belum dimanfaatkan. Selaku Reformer, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Morowali, Alamsyah Zen dalam pemaparannya kemudian menguraikan tujuan dan manfaat lahirnya aplikasi BMD 4.0.

"Dengan adanya BMD 4.0, dapat terwujudnya jabatan fungsional pengelola BMD, adanya penilaian kinerja pengelolaan BMD di seluruh OPD, tersedia informasi kinerja BMD yang terukur berbasis elektronik, dan tersedia data Idle Assets", pungkas Alam.

"Adapun outcome dari BMD 4.0 yakni seluruh OPD Kab. Morowali tertib dalam pengelolaan BMD, menciptakan laporan keuangan Pemerintah Daerah yang akuntabel serta peningkatan PAD dari pendapatan sewa dan penjualan Idle Assets", tuturnya.

WhatsApp Image 2021-09-15 at 10-35-20

Alamsyah mengatakan, Proyek Perubahan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja OPD khususnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta menjawab setiap kebutuhan kerja OPD guna terciptanya pemerintahan yang baik dan bersih. 

"Kita tidak lagi melihat tumpukan berkas dan ruangan penyimpanan berkas. Juga tidak lagi khawatir terkait sistem keamanan yang lemah seperti bahaya kebakaran dan kehilangan dokumen yang tercecer", tandas dia. 

"Semoga, dengan aplikasi ini, pengelolaan barang menjadi lebih efektif dan efisien, serta profesional. BMD oke, Morowali tetap WTP", tutup Alamsyah.

WhatsApp Image 2021-09-15 at 11-11-24

Sementara itu, Bupati Morowali, Taslim menyebut bahwa indikator daerah yang maju adalah apabila daerah itu mampu menguasai teknologi. Taslim menerangkan bahwa saat ini kita tengah disuguhi berbagai macam perkembangan teknologi. Olehnya, untuk meningkatkan pelayanan dan memudahkan penyelenggaraan pemerintahan yang cepat dan tepat, penting untuk memanfaatkan setiap teknologi yang ada. 

"Di era revolusi industri 4.0 ini, mari manfaatkan perkembangan teknologi yang ada. Dengan dukungan teknologi yang mapan, kita mampu menjalankan tugas dan fungsi penyelenggaraan pemerintahan secara optimal dan pelayanan masyarakat dapat ditingkatkan" ucap Taslim. 

Menyinggung Proyek Perubahan BMD 4.0 yang telah dipaparkan, Bupati menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Reformer yang telah berupaya memberikan sumbangsih tenaga dan pikiran untuk mewujudkan pelayanan terbaik dari Pemerintah Daerah Kab. Morowali. 

"Atas nama Pemerintah Daerah Kab. Morowali, saya memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Reformer, Alamsyah dan seluruh pihak yang telah bekerjasama dalam rangka menyukseskan salah satu misi kepemimpinan kami yakni mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih. Ini akan menjadi sebuah capaian yang dapat memberi kontribusi dalam penyelenggaran pemerintahan sehingga daerah lain dapat melakukan study banding di Morowali", terang Bupati. 

Bupati Morowali menyampaikan agar semua lapisan masyarakat dapat memberikan masukan kepada Reformer agar kedepan aplikasi proyek perubahan BMD 4.0 dapat digunakan dengan baik dan penuh manfaat. 

"Saya mengimbau kepada kita semua untuk memberikan masukan kepada Reformer demi penyempurnaan aplikasi", kata Taslim.

Selanjutnya Bupati juga berpesan agar semua OPD tidak pesimis dalam bekerja, sebab semua usaha dan pekerjaan penuh risiko, olehnya jadikan semua konsekuensi atas usaha yang dikerjakan sebagai motivasi agar Pemerintah terus berbenah dan menjadikan Kab. Morowali sebagai daerah yang unggul dalam pembangunan Sumber Daya Manusianya. 

"Jangan pesimis karena banyaknya masalah dalam bekerja. Jadikan itu sebagai motivasi agar kita unggul. Saat kita tidak mampu menghadapi tantangan, bisa saja daerah ini akan menjadi daerah tertinggal. Olehnya ubah mindset dengan terus belajar, berupaya menguasai teknologi, buat inovasi dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Siasati beban kerja dengan teknologi" tambahnya.

"Semoga aplikasi ini segera dimanfaatkan, sehingga apa yg dibuat bisa berguna dan membantu kita menghadapi masalah yang ada" tandas Taslim.

Berita Terkait

bupati-taslim-terima-bantuan-kemanusiaan-korban-banjir-dari-bi-cabang-sulteng

Bupati Taslim Terima Bantuan Kemanusiaan Korban Banjir Dari BI Cabang Sulteng

PPID - morowalikab.go.id - BUNGKU - Bertempat di Rumah Jabatan Bupati, Bupati Morowali, Drs. Taslim menerima kunjungan Kepala Bank Indonesia Cabang Sulteng, Miyano, yang didampingi oleh Kabag Humas BI Cabang Sulteng, Trisno, (Senin, 17/06/19). Kunjun

paripurna-dprd-ke-17-bupati-morowali-sampaikan-nota-pengantar-perubahan-kuappas-tahun-anggaran-2021

Paripurna DPRD Ke-17, Bupati Morowali Sampaikan Nota Pengantar Perubahan KUA/PPAS Tahun Anggaran 2021

Morowalikab.go.id, Bungku, Bupati Morowali, Drs. Taslim didampingi sejumlah Staf Ahli, serta Pejabat Eselon II dan III, menghadiri Rapat Paripurna ke-17 masa persidangan III Tahun Sidang 2020-2021 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mo

peringati-hari-otda-ke-25-bupati-dan-wabup-morowali-ikuti-upacara-secara-virtual

Peringati Hari Otda Ke-25, Bupati dan Wabup Morowali Ikuti Upacara Secara Virtual

Morowalikab.go.id, Bungku, Bupati Morowali, Drs. Taslim, bersama Wakil Bupati, Dr. H. Najamudin, S.Ag., S.Pd., M.Pd, didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Ir. Rizal Badudin dan Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan, H. Faruk Jibran,

mou-kawasan-perdesaan-prioritas-nasional

MoU KAWASAN PERDESAAN PRIORITAS NASIONAL

Kominfo Morowali ; Bupati Morowali  Drs.  ANWAR HAFID, MS.i baru baru ini diundang khusus untuk Penandatanganan MoU bersama Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementrian PUPera dan Bappenas. Kementrian PUPera tentang pengembangan kawasan ped

bupati-morowali-tekankan-pendidikan-sebagai-senjata-hadapi-revolusi-industri-4-0

Bupati Morowali Tekankan Pendidikan Sebagai Senjata Hadapi Revolusi Industri 4.0

Morowalikab.go.id – Bungku – Meningkatkan pendidikan berkualitas dalam menghadapi tantangan global, Dinas Pendidikan Kabupaten Morowali kembali menggelar Rembuk Pendidikan dan Kebudayaan Morowali 2019 di Gedung Serba Guna Kabupaten Morowali p