Wednesday 27 July 2022
Winda Bestari
1266
Morowalikab.go.id - Makassar - Dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan pengaduan pelayanan publik sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melaksanakan Evaluasi dan Pendampingan Pengelolaan SP4N-LAPOR!, Pemerintah Daerah Wilayah Timur di Claro Hotel Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (27/07/2022).
Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mendorong pengelolaan pengaduan dalam Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat atau SP4N-LAPOR!.
Kegiatan yang dibuka oleh Asisten Deputi Bidang Transformasi Digital Pelayanan Publik Kemenpan-RB, Drs. Yanuar Ahmad, MPA., turut dihadiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sulawesi Selatan, Amson Padolo, S.Sos., M.Si., serta para pejabat Pemerintah Daerah wilayah Indonesia Timur termasuk Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali yang diwakili oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Morowali, Sadeli Karim, ST., M.M.
Adapun narasumber dari Kemenpan-RB diisi oleh Analis Kebijakan Madya, Ponco Imam Prayitno, S.Kom. Pendampingan ini diisi pula dari dua unit kerja yang dijadikan contoh terbaik dalam pengelolaan SP4N-LAPOR!. Dua narasumber itu di antaranya Sub-Koordinator Pengelola Data dan Electronic Government Diskominfo Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Paisal, S.Sos., M.M., dan Analis Kebijakan Ahli Muda Bagian Organisasi Pemerintah Kabupaten Gowa, Indra Said, S.STP., M.A.P.
Total sebanyak 120 peserta dari 60 perwakilan Pemerintah Daerah wilayah Indonesia timur hadir dalam acara. Diharapkan, pemda yang hadir bisa memastikan tindak lanjut atas laporan yang statusnya masih belum mendapatkan tindak lanjut, melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat luas, baik secara daring maupun luring, serta mengolah dan memanfaatkan data pengaduan sebagai dasar kebijakan dalam peningkatan kualitas pelayanan publik.