Desa Puntari Makmur Optimis Juara dalam Lomba Kampung Pancasila KASAD Award 2024

  Kamis 17 Oktober 2024   Octaviana Latong     121

WhatsApp Image 2024-10-17 at 13-17-33

Morowalikab.go.id-BungkuDesa Puntari Makmur, Kecamatan Witaponda, Kabupaten Morowali, menunjukkan optimisme tinggi dalam mengikuti Lomba Kampung Pancasila KASAD Award 2024, mewakili Provinsi Sulawesi Tengah. Hal ini diungkapkan oleh Komandan Kodim 1311/Morowali, Letkol Inf Alzaki, SE, M.M, M.B.A.M.M.AS., pada saat penilaian Kampung Pancasila yang berlangsung Kamis (17/10).

Lomba Kampung Pancasila KASAD Award bertujuan untuk menemukan desa-desa yang berhasil mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Acara tersebut dihadiri oleh Pj Bupati Morowali yang diwakili oleh Asisten I Bidang Kesra, Ir. Moh Rizal Badudin, Ketua Tim Penilai Paban III/Tahwil Sterad Kolonel Inf Shofanudin, S.IP., M. Han beserta rombongan, Unsur Forkopimda Kabupaten Morowali, pimpinan OPD terkait lingkup Pemkab Morowali, Ketua Persit 1311/Morowali, unsur Forkompimcam Witaponda, Kepala Desa Puntari Makmur, tokoh adat, tokoh perempuan, tokoh masyarakat, tamu undangan, dan insan pers.

WhatsApp Image 2024-10-17 at 13-17-12

Dandim 1311 Morowali, Letkol Inf Alzaki menyampaikan keyakinannya bahwa Desa Puntari Makmur memiliki potensi besar untuk memenangkan kompetisi ini berkat semangat gotong royong yang kuat dan implementasi nilai-nilai Pancasila di masyarakat.

"Pencanangan Kampung Pancasila di Desa Puntari Makmur, Kecamatan Witaponda, bukan hanya sekadar program, tetapi sebuah gerakan yang mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dengan potensi lokal. Dengan semangat gotong royong dan kebersamaan, Kampung Pancasila menjadi bukti nyata bahwa Pancasila bukan hanya sekedar ideologi, tetapi juga panduan hidup yang relevan dan bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia," ungkapnya.

Kampung Pancasila bertujuan menanamkan nilai-nilai Pancasila melalui pendekatan berbasis komunitas, dengan indikator utama pembinaan seperti Bin Hanpangan (Ketahanan Pangan), Bin UMKM (Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), Bin Warna (Kebhinekaan dan kreativitas), serta Bin Karang Taruna (Pemberdayaan Generasi Muda).

WhatsApp Image 2024-10-17 at 13-17-14

Senada dengan Letkol Alzaki, Pj Bupati Morowali yang diwakili oleh Moh Rizal Badudin mengatakan bahwa pencanangan Kampung Pancasila adalah anugerah bagi Kabupaten Morowali. "Ketika program ini digagas, kami segera menyatakan kesiapan untuk mendukung segala kebutuhan yang diperlukan," tegasnya.

Ketua Tim Penilai dari TNI AD, Kolonel Inf Shofanudin, juga memberikan apresiasi atas berbagai inovasi yang dilakukan oleh Desa Puntari Makmur, yang dinilai sejalan dengan nilai-nilai Pancasila.

"Hari ini saya sangat terkesan. Desa Puntari ini benar-benar mencerminkan Pancasila, karena disini saya melihat keberagaman suku, agama, ras, dan adat istiadat. Ini luar biasa. Sekali lagi, selamat kepada Kepala Desa Puntari Makmur yang telah berhasil menjaga keberagaman masyarakat," ujarnya.

WhatsApp Image 2024-10-17 at 13-17-11

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sembako, kursi roda, serta alat kesehatan kepada 250 warga, dan peninjauan Kampung Pancasila.

Berita Terkait

morowali-run-2020-sukses-dan-lancar

Morowali Run 2022 Sukses dan Lancar

Morowalikab.go.id- Bungku- Event Morowali Run 10 K 2022 berjalan sukses dan lancar, Minggu (04/12). diikuti sebanyak 600 orang pendaftar, start mulai Pukul 06.30 WITA hingga selesai. Kegiatan ini merupakan rangkaian dalam menyambut hari jadi Kabup

bank-sampah-dan-pusat-daur-ulang-alternatif-pengendalian-sampah-di-kabupaten-morowali

Bank Sampah dan Pusat Daur Ulang ; Alternatif Pengendalian Sampah di Kabupaten Morowali

Morowalikab.go.id-Bungku- Eksploitasi lingkungan adalah menjadi isu yang berkaitan dengan pengurusan sebuah daerah maupun kota, banyak negara besar melakukan incineration atau pembakaran, yang menjadi alternatif dalam pembuangan sampah.   Perm

pemilu-2024-pj-bupati-morowali-coblos-di-tps-1-tofoiso-sekda-di-tps-3-marsaoleh

Pemilu 2024, Pj Bupati Morowali Coblos di TPS 1 Tofoiso, Sekda di TPS 3 Marsaoleh

Morowalikab.go.id-Bungku- Selasa (14/02/2024), Penjabat (Pj) Bupati Morowali, Ir.H.A Rachmansyah Ismail, M.Agr., MP., turut serta dalam proses demokrasi dengan memberikan hak suaranya dalam Pemilu Legislatif 2024.   Penyaluran Hak suara oleh

buka-forum-opd-bupati-ingatkan-setiap-perencanaan-harus-disesuaikan-pad

Buka Forum OPD, Bupati Ingatkan, Setiap Perencanaan Harus Disesuaikan PAD.

Morowalikab.go.id - Bungku – Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali menggelar Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD), di Ruang Rapat Kantor Bupati pada Senin (18/3/19). Forum yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bapped

wakili-pj-bupati-morowali-staf-ahli-bid-ekonomi-pembangunan-dan-keuangan-hadiri-peresmian-tni-manunggal-air

Wakili Pj Bupati Morowali, Staf Ahli Bid. Ekonomi Pembangunan dan Keuangan Hadiri Peresmian TNI Manunggal Air

Morowalikab.go.id-Bungku- Penjabat (Pj) Bupati Morowali, Sulteng Ir.H.A. Rachmansyah Ismail, M.Agr., MP., diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Keuangan, Mohamad AMin, ST., MT menghadiri Kegiatan Video Conference (Vicon) Peresmian