Bupati Morowali Buka Forum Perangkat Daerah -Penyusunan Renja Tahun 2022

  Rabu 10 Maret 2021   Octaviana Latong     2918

Morowalikab.go.id-Bungku- Bupati Morowali Drs. Taslim membuka Forum Perangkat Daerah tentang Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 yang digelar oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Morowali di Ruang Aula Kantor Bupati, Rabu (9/03). Dengan mengusung tema “Pemantapan kualitas dan pemerataan pelayanan dasar untuk meningkatkan ketahanan ekonomi dan sosial masyarakat".  

Turut hadir Ketua DPRD Kab. Morowali Kuswandi, Sekda Kab.Morowali Drs. Jafar Hamid,  Asisten I bidang pemerintahan dan kesra Drs. Bambang Soerojo, Asisten III Bidang Umum Husban Laonu, Kepala Bappeda Drs. Emil monto, Kepala OPD pemkab morowali, ASN kab. Morowali, Camat Se- Kabupaten Morowali.

Dalam sambutannya,  Bupati Taslim, mengingatkan kepada seluruh Perangkat Daerah untuk menyusun Rancangan Renja Perangkat Daerah dengan tetap mempedomani skala prioritas dan Rencana Strategis masing-masing Perangkat Daerah serta upaya pencapaian Target Pembangunan Morowali. Disamping sumber pendanaan APBD Kabupaten Morowali masih ada peluang untuk mendapatkan sumber pendanaan lainnya, baik dari APBD Propinsi, maupun APBN.  “Untuk itu saya minta peran aktif Kepala Perangkat Daerah untuk meraih peluang pendanaan dimaksud, sebagai mana yang telah kita lakukan bersama pada Tahun 2020,” ujar Bupati.

Lebih lanjut, bahwa  Kegiatan ini berpedoman pada sasaran dan prioritas pembangunan daerah yang telah di tetapkan dalam RPJMD memperhatikan hasil evaluasi pembangunan, prioritas pembangunan provinsi dan nasional.

“ Prioritas pembangunan daerah dalam rancangan kerja pemerintah daerah Tahun 2022 berdasarkan hasil evaluasi dan sinergitas prioritas pembangunan nasional dan provinsi, Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali menetapkan 4 (empat) prioritas pembangunan daerah, empat prioritas pembangunan ini hendaknya menjadi patokan dalam penyusunan rencana kerja perangkat daerah Tahun 2022 untuk mencapai visi dan misi Pemda Kabupaten Morowali yang telah dituangkan dalam RPMJD 2018-2023; ke-empat prioritas ini yaitu, pertama; peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang berkualitas dan merata untuk mengatasi dampak krisis ekonomi dan sosial akibat pandemic covid-19. Kedua; peningkatan pelayanan dasar melalui insfratruktur yang berkualitas untuk mengatasi ketimpangan antar wilayah, kelestarian lingkungan hidup dan ketahanan bencana. Ketiga; peningkatan layanan kesehatan masyarakat dan kualitas sumber daya manusia unggul serta berdaya saing. Dan Ke-empat adalah menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih serta mejaga stabilitas keamanan, ketentraman, dan ketertiban bermasyarakat untuk mendukung prioritas ini, focus untuk menciptakan pelayanan public yang prima, efektif, efesien dan tuntas disegala bidang dan menciptakan kantibmas yang kondusif didaerah yang kita cintai ini.” Pungkasnya.

Untuk mewujudkan prioritas pembangunan di Tahun 2022, diharapkan kepada perangkat daerah yang berkaitan langsung untuk mewujudkan Prioritas pembangunan, maka ditekankan dalam penyusunan rencana kerja perangkat daerah Tahun 2022 untuk memerhatikan hal yakni, Melakukan evaluasi dan identifikasi permasalahan pembangunan berdasarkan urusan pemerintahan yang dilaksankan oleh masing-masing perangkat daerah; Membuat inovasi sebagai program unggulan masing-masing perangkat daerah dengan ketentuan inovasi yang dilahirkan mampu menjawab permasalahan pembangunan dan berkaitan dengan pencapaian visi dan misi pemerintah daerah,; besaran pagu alokasi program, kegiatan dan sub kegiatan masing-masing perangkat daerah ditentukan atas kebutuhan bedasarkan inovasi program unggulan yang dilaksanakan.

Mengakhiri sambutannya, Taslim Menekankan kepada kepala perangkat daerah Bersama tim anggaran agar benar-benar mengikuti dan melaksankan seluruh rangkaian pelaksanaan forum ini dengan serius dan penuh tanggung jawab.

“ Saya tekankan kembali kepada kepala perangkat daerah agar benar-benar serius dan bertanggung jawab melakakukan pelaksanaan forum ini, sehingga program kegiatan yang dihasilkan merupakan kebutuhan masyarakat dalam menjawab permasalahan kesejahteraan, pelayanan public dan permasalahn pembangunan lainnya menuju “ masyarakat Kabupaten Morowali yang sejahtera Bersama.”. Pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Morowali Kuswandi dalam menyampaikan Pokok-pokok pikiran mengharapkan kepada kepala daerah untuk terus melakukan inovasi guna pencapaian visi dan misi Tahajud di Tahun 2022 lebih baik lagi. “ Saya inginkan agar seluruh pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah daerah saat ini tepat sasaran sehingga hasilnya benar-benar di rasakan oleh masyarakat Morowali”.

 Acara dilanjutkan pemaparan program oleh masing-masing kepala perangkat daerah yang di pimpin oleh kepala Bappeda Kabupaten Morowali.-

Berita Terkait

sekretariat-daerah-pemkab-morowali-gelar-harmonisasi-identifikasi-penyetaraan-jabatan-struktural-ke-jabatan-fungsional

Sekretariat Daerah Pemkab Morowali Gelar Harmonisasi Identifikasi Penyetaraan Jabatan Struktural ke Fungsional

Morowalikab.go.id-Bungku- Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali,  untuk penyederhanaan birokrasi melalui , Sekretariat Daerah Kabupaten Morowali menggelar Sosialisasi Harmonisasi Identifikasi Penyetaraan Jabatan struktural ke Jabatan fungsional,

rsud-morowali-bersama-lam-kprs-gelar-bimbingan-standar-akreditasi

RSUD Morowali Bersama LAM-KPRS Gelar Bimbingan Standar Akreditasi

Morowalikab.go.id-Bungku- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Morowali menggandeng  Lembaga Akreditasi Mutu Keselamatan Pasien Rumah Sakit (LAM-KPRS) dalam bimbingan  standar akreditasi rumah sakit versi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik

rekomendasi-bupati-morowali-sdc-gelar-pelatihan-peningkatan-kader-konservasi-berbasis-desa-wisata-desa-pulau-tiga

Rekomendasi Bupati Morowali : SDC Gelar Pelatihan Peningkatan Kader Konservasi Berbasis Desa Wisata “ Desa Pulau Tiga”

Morowalikab.go.id-Morowali- Setelah dilakukannya pembukaan secara resmi kegiatan SDC Morowali yaitu pelatihan peningkatan kader konservasi berbasis desa wisata oleh Bupati Morowali Drs.Taslim, di Desa Mbokita, Kecamatan Menui Kepulauan, Kabupaten M

evaluasi-perkembangan-bumdes-pemkab-morowali-gelar-rapat-koordinasi

Evaluasi Perkembangan BUMDes, Pemkab Morowali Gelar Rapat Koordinasi

Morowalikab.go.id-Bungku- Pemerintah Daerah Morowali melalui Dinas pemberdayaan masyarakat, desa pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak melaksanakan Rapat Koordinasi Pengurus BUMDes/BUMDes bersama Kepala Desa SE Kabupaten Morowali, Selasa (1

pemkab-morowali-uji-publik-publik-4-buah-ranperda

Bentuk Produk Hukum Daerah, Pemkab Morowali Gelar Konsultasi Publik Terhadap 4 Buah Ranperda

BUNGKU, morowalikab.go.id, Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali menggelar kegiatan Konsultasi Publik terhadap 4 buah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) di Aula Lantai I Kantor Bupati Morowali, Kamis (01/04/21). Acara yang dilaksanakan oleh Per