Berdayakan Ekonomi Masyarakat, Bupati Morowali Membuka Sosialisasi PPM PT. HM

  Minggu 02 Mei 2021   helman kaimu     136

1

Morowalikab.go.id, Bungku, Untuk mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat, Bupati Morowali, Drs. Taslim, membuka kegiatan sosialisasi Program Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di Ruang Pola Kantor Bupati, Jumat (30/4/21).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh PT. Hengjaya Mineralindo (PT. HM) dihadiri Kepala Bappeda Morowali, Ramli Sanudin, SE., M.Si, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDP3A), Drs. Abd. Wahid Hasan, Camat Bungku Pesisir, Sudarmin Moonai, SE., M.Si, Camat Bahodopi, Tahir, SE., Kades, BPD dan Tokoh Masyarakat lingkar tambang Kecamatan Bungku Pesisir dan Kecamatan Bahodopi.

2

Bupati Morowali, Taslim mengungkapkan bahwa sosialisasi program PPM penting dilakukan. Hal ini untuk memberikan pemahaman kepada kita semua utamanya bagi orang yang dipercayakan mengelola dana PPM, sehingga dalam pelaksanaan,  program ini benar-benar dapat dilaksanakan dengan baik dan benar serta tepat sasaran..

‘’Sosialisasi PPM bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh tim terkait dalam mengelola PPM sehingga dalam pelaksanaannya tidak terjadi kegaduhan dimasyarakat,’’ ujar Taslim

Lebih lanjut, Taslim mengungkapkan bahwa hadirnya perusahaan didaerah ini harus memiliki dampak bagi kesejahteraan masyarakat, sehingga tidak ada kesan meremehkan  program PPM ini.

‘’Program PPM jangan dianggap remeh. Program ini harus diseriusi pengelolaannya sehingga apa yang diharapkan pemerintah pusat yakni memberikan bantuan Program PPM tepat sasaran. Tujuannya adalah untuk perbaikan peningkatan perekonomian masyarakat pada seluruh bidang usaha seperti Nelayan, Petani UMKM dan lain sebagainya sehingga masyarakat merasa tercukupi dalam membiayai kebutuhannya,’’ jelas orang nomor satu di Kabupaten Morowali.

Ia menekankan, Dana Program PPM  yang tersedia pada PT. Hengjaya Mineralindo yang diperuntuka n pada semua desa lingkar tambang untuk tidak memberikan pada masyarakat yang dianggap sudah mapan tapi berikan pada orang yang berhak menerimanya.

‘’Dana Program PPM yang akan disalurkan tidak diperkenankan untuk memberikan pada orang yang sudah mapan ekonominya, namun berikan pada orang berhak menerimanya sehingga mampu mengangkat perekonomiannya,’’ tegas Taslim.

Terkait rusaknya tanaman warga akibat aktivitas pertambangan, Bupati mengharap PT. Hengjaya Mineralindo membuat kebijakan yang sifatnya manusiawi.

‘’Saya berharap, apabila ada kerusakan tanaman warga yang diakibatkan oleh aktivitas pertambangan, PT. HM kiranya membuat kebijakan yang sifatnya sangat manusiawi, yakni  memberikan nilai secara ekonomi atas kerugian yang dialami oleh masyarakat. Ini sudah bukan bicara aturan namun sudah berbicara dari hati kehati, sehingga kehadiran perusahaan dapat terwujud simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan,’’ pungkas Taslim.

Sementara itu, perwakilan PT. HM, Muh. Fikra menyadari sepenuhnya bahwa keberadaan pertambangan diharapkan dapat berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya terhadap pengembangan pemberdayaan masyarakat provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2020-2024.

‘’Melalui tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan, maka perusahaan wajib menyusun pelaksanaan program PPM yang meliputi Delapan aspek sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam mewujudkan konsep tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) untuk lebih mendorong perekonomian, pendidikan, sosial budaya, kesehatan, lingkungan, kesejahteraan dan kemandirian masyarakat sekitar pertambangan,’’ ungkapnya.

 

Berita Terkait

dprd-sampaikan-pandangan-umum-fraksi-terhadap-penyampaian-nota-keuangan-pertanggungjawaban-pelaksanaan-apbd-ta-2020

DPRD SAMPAIKAN PANDANGAN UMUM FRAKSI TERHADAP PENYAMPAIAN NOTA KEUANGAN PERTANGGUNGJAWABAN PELAKSANAAN APBD TA 2020

Morowalikab.go.id-Bungku- DPRD Kabupaten Morowali menggelar Rapat Paripurna Ke-7  Masa Persidangan Ke III di Ruang Sidang Utama, Rabu (16/06). Agenda Rapat Paripurna tersebut adalah Pandangan Umum Fraksi terhadap rancangan peraturan daerah tenta

tingkatkan-keahlian-tenaga-kerja-upt-llk-ukm-disnakertrans-morowali-buka-pelatihan-berbasis-kompetensi

Tingkatkan Keahlian Kerja, UPT LLK UKM Disnakertrans Morowali Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi

Bungku- morowalikab.go.id - Sebanyak 80 orang peserta, mengikuti lima paket pelatihan ketrampilan berbasis kompetensi tahap I yang diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis Lokal Latihan Kerja Usaha Kecil Menengah (UPT LLK UKM) Disnakertrans Kabupat

36-paskibraka-morowali-resmi-dikukuhkan

36 Paskibraka Morowali Resmi Dikukuhkan

PPID - morowalikab.go.id - Bungku - Bupati Morowali Drs. Taslim mengukuhkan 36 Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Morowali yang akan bertugas pada peringatan detik-detik proklamasi 17 Agustus 2019.   Pengukuhan berlangsung di Aula

bupati-taslim-hadiri-launching-proyek-perubahan-ketiga-asn-pemkab-morowali

Tiga Pimpinan OPD "Launcing" Proyek Perubahan di Hadiri Bupati Morowali

Morowalikab.go.id-Bungku- Sebanyak Tiga Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkup Pemerintah Kabupaten Morowali (Pemkab Morowali) menggelar launching (peluncuran) program inovasi yang menjadi karya dalam Pendidikan Pelatihan (Diklat) PIM II Angkatan VII

bupati-morowali-melantik-pengurus-tim-penggerak-pkk-kabupaten-morowali-periode-2018-2023

BUPATI MOROWALI MELANTIK PENGURUS TIM PENGGERAK PKK KABUPATEN MOROWALI.PERIODE 2018-2023

BUNGKU - morowalikab.go.id - Pelantikan Dan Pengukuhan Pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Morowali Masa bakti 2018 - 2019, berlangsung di aula kantor bupati pada hari minggu (27/1/19). Turut di hadiri Bupati Morowali Drs Taslim. Wakil Bupati Mor