Bupati Morowali Resmi buka Kegiatan Perkemahan Pemuda Prasejarah di Desa Topogaro

  Minggu 21 November 2021   Octaviana Latong     84

WhatsApp Image 2021-11-20 at 15-22-20

Morowalikab.go.id-Bungku- Dalam rangka implementasi program penguatan  desa dan pemajuan kebudayaan, Kemendikbud Dirjen Kebudayaan menggelar Kegiatan Camping Pemuda Prasejarah dengan mengusung tema “ Mengenal lebih dekat warisan budaya serta peninggalannya”. Kegiatan yang didukung penuh oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Morowali tersebut, berlangsung di Kaki Gua Vavompogaro Desa Topogaro, Kecamatan Bungku Barat, Sabtu (20/11).

Perkemahan yang berlangsung selama 2 Hari mulai Tanggal 20-21 November 2021, secara resmi dibuka oleh Bupati Morowali Drs. Taslim. Turut menghadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Morowali Amir Amirudin, M.Pd, Kepala BNPB Sulutenggo Apolos Marisan, S.Sos Bersama Rombongan, Pamong Budaya Sulawesi Utara Anita I Mokodongan, S.ST, Par, M.Hum, Kepala bidang Kebudayaan Nursia Hafid, M.H, Ketua Dewan Adat ToBungku Drs. H. Maidhzun Ilwan Ridhwan, Camat Bungku Barat Jalaludin Ismail, Kapolsek Bungku Barat, Kepala Desa Topogaro Herman Akib, Daya Desa Topogaro Muh. Yasir, Daya warga Topogaro Fuad Ladanu,Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Panitia serta Peserta Youth Camp.

Dalam Sambutannya, Bupati Morowali Drs. Taslim menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada penyelenggara kegiatan. Acara tersebut diharapkan menjadi pengetahuan untuk meningkatkan peradaban masyarakat melalui pemahaman sejarah.

Taslim mengungkapkan kepada Pihak Ka UPT BPNB Suluttenggo untuk dapat memberikan perhatian dan skala prioritas bagi pelestarian nilai budaya yang ada di Kabupaten Morowali. juga Segala sesuatu yang berkaitan dengan upaya pelestarian nilai-nilai budaya suku Bungku di Kabupaten Morowali.

“ Pemerintah daerah sangat mendukung dan mengapresisasi kegiatan ini, Tentunya kami berharap kehadiran BPNB mampu memotivasi agar aspek-aspek budaya sehingga menghasilkan outcome dalam diri kalangan pemuda, khusunya peserta yang hadir saat ini.” Pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BPNB Suluttengggo Apolos Marisan S.Sos, mengungkapkan hal yang sama, Pihaknya berkomitmen untuk mendukung penuh upaya pemerintah daerah dalam melestarikan adat dan budaya di Kabupaten Morowali, Pihaknya siap membantu karena ini merupakan upaya pelestarian yang ada di Kabupaten Morowali. Selain itu pihaknya, berjanji akan meningkatkan kualitas kegiatan di Morowali, tidak saja kemah budaya tetapi dalam dimensi kebudayaan lainnya.

“Alhamdulilah desa ini memiliki situs yang potensinya sangat luar biasa, olehnya inisator daya desanya mulai menggerakan program ini. Ternyata apa yang diharapkan oleh pemerintah dalam hal ini Direkotrat Jendral Kebudayaan Riset dan Teknologi , aksesnya sudah ada. Olehnya, Saya sangat mengapresiasi dukungan dari pemerintah setempat, acara ini dapat terlaksana. Tentunya kami dari Pihak BPNB berkomitmen akan meningkatkan kualitas Budaya khususnya Kabupaten Morowali, seperti yang sedang berlangsung saat ini.” Pungkasnya.

Dikesempatan yang sama Ketua Panitia Muh. Yasier (Daya Desa Topogarao) mengatakan bahwa Tujuan program pemajuan kebudayaan Desa untuk mengangkat kembali warisan budaya di desa yang menjadi Desa Budaya, agar menjadi indentitas desa tersebut. Ia berharap melalui kegiatan tersebut, identitas budaya yang berada di Kabupaten Morowali bisa dikenal secara universal.

“Semoga kedepanya Morowali akan lebih banyak lagi desa-desa buday,. di tetapkanya Topogaro sebagai desa budaya menjadi awal untuk desa-desa lainnya menjadi desa budaya di Kabupaten Morowali, agar budaya kita terus di lestarikan sehingga indentitas budaya kita bisa di kenal lebih luas lagi.” Pungkasnya.

Berita Terkait

serikat-buruh-tuntut-pekerjakan-kembali-karyawan-yang-dirumahkan

Serikat Buruh Morowali Tuntut Pekerjakan Kembali Karyawan yang "Dirumahkan"

morowalikab.go.id - Bungku - Pemerintah Daerah menggelar rapat dengan Serikat Pekerja di Ruang Pola Kantor Bupati, Senin (10/08/20). Rapat dipimpin oleh Bupati Morowali, Drs. Taslim, dan dihadiri oleh perwakilan Serikat Pekerja di antaranya SP - SM

bupati-morowali-kampanyekan-stop-kekerasan-terhadap-anak

Bupati Morowali Gencar Kampanyekan Stop kekerasan terhadap Perempuan dan anak

Morowalikab.go.id-Bungku- Angka kekerasan terhadap anak yang terjadi di Kabupaten Morowali, saat ini mengalami kenaikan. Olehnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak Ber

samakan-persepsi-rembuk-pendidikan-dan-kebudayaan-2019-dihelat

Samakan Persepsi, Rembuk Pendidikan dan Kebudayaan 2019 dihelat

Morowalikab.go.id – Bungku – Dalam mendukung pendidikan berkualitas untuk menghadapi tantangan global, Dinas Pendidikan Kabupaten Morowali kembali menggelar Rembuk Pendidikan dan Kebudayaan Morowali 2019 di Gedung Serba Guna Kabupaten Morowal

pemkab-morowali-gelar-rakor-penanganan-bencana

Pemkab Morowali Gelar Rakor Penanganan Bencana

morowalikab.go.id - Bungku - Mengingat kondisi cuaca yang ekstrem dikhawatirkan menjadi pemicu terjadinya bencana banjir, tanah longsor dan kecelakaan di laut akibat gelombang tinggi, Pemerintah Kabupaten Morowali menggelar rapat koordinasi di Ruan

lemhanas-ri-lxii-gelar-forum-group-discussion-studi-kasus-isu-strategis-nasional-di-kabupaten-morowali

Lemhanas RI Gelar Forum Group Discussion Studi Kasus Isu Strategis Nasional Di Kabupaten Morowali

Morowalikab.go.id-Bungku- Bertempat di di Ruang Pola Kantor Bupati Morowali, Kamis (24/06/21), Tim Lemhanas Republik Indonesia (RI) Bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali, menggelar Focus Group Discussion (FGD) Studi Lapangan Isu Strategis nasi