Wagub Sulteng Kunker di IMIP, Sebut Pertumbuhan Ekonomi Morowali Meningkat Pesat

  Sabtu 12 September 2020   Winda Bestari     153

morowalikab.go.id - Bungku - Dalam rangka monitoring dan evaluasi perkembangan investasi yang terjadi di daerah Morowali, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Rusli Baco Daeng Palabbi, melakukan kunjungan kerja di Kawasan Industri PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Jumat (11/8). Kunker tersebut didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Morowali, H. Moh Jafar Hamid, SH., MM beserta rombongan Wagub yang terdiri dari perwakilan Dinas ESDM Sulteng, Dinas Nakertrans Sulteng, dan Dinas PUPR Sulteng.

Setelah berkeliling melakukan peninjauan di kawasan IMIP, Rusli Baco Dg Palabbi dalam sambutannya menyebut, dampak ekonomi yang ditimbulkan akibat adanya investasi di Kabupaten Morowali sangat besar. Salah satunya, peluang usaha bagi masyarakat yang sangat terbuka lebar. Ia mengungkap, dari hasil diskusi dengan Bupati Morowali, Drs. Taslim, disebutkan bahwa jumlah masyarakat Morowali yang bekerja di PT IMIP berjumlah sekitar 5.000 orang sedang sebagian besarnya berasal dari luar Morowali. Jumlah yang cukup timpang dari total kurang lebih 30.000 karyawan itu ungkapnya, bukan keengganan untuk bekerja di IMIP, akan tetapi banyaknya masyarakat yang memilih untuk berdaya dengan membangun usaha.

"Ternyata, masyarakat asli Morowali sudah jauh lebih bagus tingkat perekonomian mereka dibanding saudara-saudara mereka yang berasal dari luar Morowali. Mereka lebih memilih untuk mendirikan UMKM, membuka kos-kosan. Bupati mengatakan bahwa mereka bukan tidak berminat, tapi mereka memanfaatkan peluang dengan banyaknya tenaga kerja yang bekerja di dalam PT IMIP," terang dia.

Menurut orang nomor dua di Sulteng itu, dengan keberadaan investasi di Morowali, menjadi hal yang sangat penting untuk bersama-sama memberikan jaminan keamanan berinvestasi di Morowali. Sebab menurut dia, meskipun telah  berupaya keras menggaet investasi dari luar jika tak ada jaminan keamanan, maka hal tersebut akan mustahil terjadi geliat investasi di daerah itu. 

"Melalui ini, saya ingin menyampaikan bahwa yang terpenting juga adalah masalah keselamatan tenaga kerja kita. Ini butuh peran penting kita bersama. Kemudian, menyangkut masalah pendapatan mereka. Jangan sampai bertentangan dengan peraturan pemerintah. Oleh karena itu, jika hal ini bisa kita duduk bersama-sama tentu tidak ada persoalan-persoalan yang akan timbul di dalam kawasan PT IMIP," jelasnya. 

Politisi PAN itu juga mengapresiasi dan memberikan catatan khusus terhadap ketatnya protokol Covid-19 di kawasan industri PT IMIP. Ia menyebut, protokol Covid-19 yang dijalankan di dalam kawasan industri PT IMIP sudah sangat baik dengan mematuhi seluruh pedoman protokol kesehatan yang ada.

Sementara itu, SVP PT IMIP-Slamet V Panggabean mengatakan, kunjungan yang dilakukan oleh Wagub Sulteng ini, diharapkan mampu memberikan solusi atas beberapa masalah yang dialami oleh perusahaan. Salah satunya adalah problem sempitnya akses jalan Trans-Sulawesi yang sampai hari ini selalu dikeluhkan oleh masyarakat dan karyawan. 

"Di sini juga mungkin kami butuhkan peran pemerintah untuk mengaturnya. Hal ini sebenarnya, sudah sering dikeluhkan oleh masyarakat dan karyawan. Bagaimana supaya jalan itu bisa diperlebar," pungkasnya.

Diketahui, Kunker perdananya di PT IMIP ini merupakan rangkaian dari kegiatan monev pertambangan di Kabupaten Morowali Utara dan Kabupaten Morowali. Sebelumnya, Wagub dan rombongan melakukan kunker pada smelter perusahaan tambang Morut di antaranya PT GNI dan PT SEI.

Berita Terkait

wakil-bupati-morowali-dpd-dan-perangkat-desa-harus-wujudkan-good-governance-dan-tingkatkan-kinerja

Wakil Bupati Morowali, BPD dan Perangkat Desa Harus wujudkan Good Governance dan Tingkatkan Kinerja

Morowalikab.go.id- Bungku- Kegiatan "Rapat Kerja Orientasi Tugas Perangkat Desa BPD Se- kab.morowali", kurang lebih 300 orang ikut serta dalam kegiatan tersebut yaitu, Wakil Bupati Morowali, Kadis keuangan, Kaban Inspektorat, Ketua BPD dan Kepala

peringati-hkn-ke-54-bupati-morowali-serahkan-piagam-penghargaan-berprestasi

PERINGATI HKN KE-54, BUPATI MOROWALI SERAHKAN PIAGAM PENGHARGAAN BERPRESTASI

Bungku: - morowalikab.go.id - Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 sebagai momentum yang baik untuk mengingatkan kita bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa berperan serta dal

bank-indonesia-gelar-diseminasi-laporan-perekonomian-provinsi-sulawesi-tengah

Bank Indonesia Gelar Diseminasi Laporan Perekonomian Provinsi Sulawesi Tengah

PPID - Morowalikab.go.id - Bungku. Bank Indonesia Gelar Diseminasi laporan Perekonomian Provinsi Sulawesi Tengah yang dilaksanakan di Hotel Metro, Desa Bahomohoni, Kab. Morowali, Kamis (24/10). Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Badan Perencanaan, Pen

plt-kadis-kominfo-sebagai-narasumber-konsultasi-publik-ranperda-penyelenggaraan-pemerintahan-berbasis-tik

Plt. Kadis Kominfo sebagai Narasumber Konsultasi Publik Ranperda Penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis TIK

PPID - Morowalikab.go.id – BUNGKU - Dihadapan Bupati Morowali dan Tim Konsultan Perda Universitas Tadulako (UNTAD), Plt. Kadis Komunikasi dan Informatika Daerah, Drs. Syahrur, MM mempresentasikan Rancangan Perda tentang Penyelenggaran Pemerintahan

lantik-pengurus-ip2mm-kota-palu-bupati-ajak-mahasiswa-menjadi-motor-penggerak-pembangunan-daerah

Lantik Pengurus IP2MM Kota Palu, Bupati Ajak Mahasiswa Menjadi Motor Penggerak Pembangunan Daerah

morowalikab.go.id – Bungku - Bupati Morowali, Drs. Taslim, resmi melantik Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Morowali (IP2MM) Kota Palu, Masa Bakti 2019-2020, di Gedung Serba Guna Achmad Hadi, Kelurahan Matano, Kecamatan Bungku Tengah, Sabtu (28/12/19