Via Vidcon, BNN Peringati HANI 2020

  Jumat 26 Juni 2020   Winda Bestari     245

 

morowalikab.go.id - Bungku - Peresmian pembukaan puncak peringatan Hari Anti Narkotika Nasional (HANI) 2020 disiarkan langsung oleh TVRI, Jumat (26/06). Karena pandemi Covid-19, peringatan HANI tahun ini berlangsung via virtual. HANI 2020 mengusung tema "Hidup 100% di Era New Normal Sadar, Sehat, Produktif dan Bahagia Tanpa Narkoba. 

HANI 2020 secara daring ini diikuti oleh Wakil Presiden, Ma'ruf Amin, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN),  Komjen. Pol. Drs. Heru Winarko, S.H., Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Dr. Ir. Bima Haria Wibisana, MSIS., jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju, Ketua DPR RI, Puan Maharani, beserta pegiat anti narkotika, BNN se - Indonesia serta Kepala Daerah se - Indonesia. Tak terkecuali Kabupaten Morowali, yang dihadiri oleh Bupati Morowali, Drs. Taslim, Kepala BNN Morowali, AKBP Mulyadi, pimpinan OPD dan jajaran. 

Dalam peringatan tersebut, dilakukan penandatanganan MoU antara BNN dengan BKN, serta Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sebagai perwakilan dari 13 kementerian. Kemudian dilanjutkan dengan peluncuran portal pengaduan narkoba.

Kepala BNN, Heru Winarko dalam sambutannya mengungkap, pada bidang supply reduction, BNN berhasil memetakan jaringan narkotika, di antaranya merupakan sindikat berskala internasional. Ia berujar, jaringan tersebut berhasil diungkap sebanyak 33 jaringan yang mana 19 di antaranya melibatkan warga binaan di dalam lembaga pemasyarakatan.

"Berhasil memetakan 98 jaringan sindikat narkotika, 27 jaringan di antarnya berskala internasional, dengan mengungkap 33 jaringan, dan sedikitnya ada 19 jaringan yang melibatkan warga binaan atau napi di lapas," ungkapnya.

Heru Winarko menyebut, para pelaku memanfaatkan seluruh akses guna berhasil melakukan penyelundupan. 

"kebanyakan (red - Penyelundupan) lewat online, jasa pengiriman, tapi masih ada juga lewat jalur laut," ujar Heru.

Sementara itu, Wapres, Ma'ruf Amin dalam sambutannya menyebut bahwa angka penyalahgunaan narkoba meningkat pada 2019. Menurutnya, momentum HANI penting digelar sebagai bentuk perlawanan dan kewaspadaan terhadap bahaya narkotika dan obat-obatan terlarang.

“Data BNN menyebutkan bahwa angka penyalahgunaan narkoba di Indonesia tahun 2017 sebanyak 3,37 juta jiwa dengan rentang usia 10-59 tahun. Tahun 2019 naik menjadi 3,6 juta, olehnya hal ini memerlukan perhatian khusus” ucap Ma'ruf.

Seperti diketahui, United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) mencanangkan pada 26 Juni 1988 sebagai Hari Anti Narkotika Internasional atau HANI. Terbentuknya HANI juga sebagai gerakan perlawanan terhadap bahaya narkotika dan obat-obatan terlarang yang berdampak buruk terhadap kesehatan, perkembangan sosial ekonomi, serta kemanan dan kedamaian dunia.

  •    Dibuat oleh Winda Bestari
  •   Dipublish oleh iqbalmirza

Berita Terkait

berantas-narkoba-bupati-harapkan-peran-aktif-seluruh-stakeholder-dan-opd

Berantas Narkoba, Bupati Harapkan Peran Aktif Seluruh Stakeholder dan OPD.

BUNGKU - morowalikab.go.id - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Morowali, menggelar asistensi penguatan lembaga berwawasan anti narkoba, di ruang rapat kantor Bupati Morowali, Jumat (18/01/19). Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Morowali, Drs. Ta

pemkab-morowali-gelar-rakor-tindak-lanjuti-inpres-nomor-6-tahun-2020

Pemkab Morowali Gelar Rakor Tindak Lanjuti Inpres Nomor 6 Tahun 2020

morowalikab.go.id - Bungku - Pemerintah Kabupaten Morowali menggelar Rapat Koordinasi (Rakor), Selasa (22/09). Rakor tersebut dalam rangka menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakkan hukum proto

bupati-morowali-taslim-hadiri-kegiatan-advokasi-pembangunan-berwawasan-anti-narkoba

Bupati Morowali Taslim Hadiri Kegiatan Advokasi pembangunan berwawasan anti narkoba

Morowalikab.go.id-Bungku- Bupati Morowali Drs. Taslim menghadiri dan membuka secara resmi kegiatan Rapat Advokasi Pembangunan Berwawasan Anti Narkoba dilingkungan Pemerintah Desa Kecamatan Bungku Tengah dan Bungku Barat yang di gelar oleh Badan Nar

cegah-stunting-demi-masa-depan-generasi-morowali

CEGAH STUNTING DEMI MASA DEPAN GENERASI MOROWALI

CEGAH STUNTING DEMI MASA DEPAN GENERASI MOROWALI YANG BERKUALITAS by: @karymarunduh   Data menunjukkan, Survei Riset Kesehatan Dasar 2018, terdapat angka 30,8% angka stunting di Indonesia. Artinya, 3 dari 10 anak Indonesia di bawah 5 tahun me

peringati-hani-di-morowali-bupati-taslim-perangi-narkoba-prioritas-bersama

Peringati HANI di Morowali, Bupati Taslim: Perangi Narkoba Prioritas Bersama

  PPID – morowalikab.go.id – Bungku – Badan Narkotika Nasional Kabupaten Morowali peringati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) di Gedung Serba Guna Ahmad Hadie, Kelurahan Matano, Kecamatan Bungku Tengah, pada Rabu (26/6/19). Keg