Wabup Pimpin Upacara Bendera Peringati Hari Pramuka ke - 59

  Jumat 14 Agustus 2020   Winda Bestari     1645

morowalikab.go.id - Bungku - Upacara bendera peringati hari pramuka ke - 59 berlangsung di Lapangan Sangiang Kinambuka, Jumat (14/08/20). Wakil Bupati Morowali, Dr. H. Najamudin, S.Ag., M.Pd., bertindak sebagai inspektur upacara. Peserta upacara terdiri dari penggalang dan penegak serta dihadiri oleh Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Morowali, Kepala Sekolah, para camat se - Kabupaten Morowali, para pimpinan OPD dan jajaran. 

Tema nasional Hari Pramuka Ke-59 tahun ini bertajuk "Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu dalam Pencegahan Bencana Covid - 19 dan Bela Negara". Tema sentral tersebut merupakan perwujudan dari semangat para pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana non alam Covid-19 yang hingga saat ini masih menjadi masalah besar bagi Indonesia bahkan dunia. 

Dalam sambutan Wabup, H. Najamudin berujar bahwa meski gerakan pramuka bukan organisasi bantuan sosial, namun pramuka tetap aktif melaksanakan berbagai kegiatan bakti sosial, bakti masyarakat dan pembangunan masyarakat.

"kegiatan sosial yang dilakukan para pramuka, merupakan bagian dari pendidikan karakter untuk menumbuhkan kaum muda yang berjiwa patriotik, berkepribadian luhur, berilmu amaliyah dan beramal ilmiah" ucapnya.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Morowali tersebut juga menambahkan, sejak terjadinya wabah Covid-19 yang hampir meluluhlantakkan seluruh sendi kehidupan, gerakan pramuka seyogianya mengambil bagian dalam upaya pencegahan maupun penanggulangannya meskipun dimulai dari hal-hal kecil.

"Mendidik pentingnya menjaga kebersihan tubuh  termasuk rajin cuci tangan dengan sabun, memakai masker bila bepergian dan menjaga jarak di keramaian yang pada intinya mematuhi protokol kesehatan" urai Najamudin.

Di masa normal baru ini, sekolah belum bisa memberlakukan belajar tatap muka. Demikian halnya kegiatan latihan pramuka. Menurut Najamudin kegiatan tatap muka langsung bukan berarti tidak dapat dilakukan, namun perlu kewaspadaan jangan sampai peserta didik seolah menjadi kelinci percobaan.

"jangan sampai mereka tercederai karena kemauan kita. Sebabnya kita semua harus bekerja keras dan bekerja cerdas agar pembelajaran maupun latihan pramuka tetap berjalan sehingga tidak terjadi kevakuman" himbaunya.

Diketahui, kata "Pramuka" merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya. 59 tahun lalu, Gerakan Pramuka secara resmi diperkenalkan kepada seluruh rakyat Indonesia pada tanggal 14 Agustus 1961 bukan saja di Ibu kota Jakarta, tetapi juga di tempat yang penting di Indonesia. Peristiwa perkenalan ini kemudian dicanangkan sebagai HARI PRAMUKA yang setiap tahun diperingati oleh seluruh jajaran dan anggota Gerakan Pramuka se - Indonesia.

Selamat Hari Pramuka, dirgahayu Pramuka, salam Pramuka!

Berita Terkait

paskibraka-morowali-tahun-2018-di-kukuhkan

PASKIBRAKA MOROWALI TAHUN 2018 DI KUKUHKAN

 Paskibraka merupakan pasukan pengibar bendera pusaka, yang mengemban tugas mulia mengibarkan bendera merah putih memperingati pelaksanaan upacara hari kemerdekaan Republik Indonesia pada setiap tahunnya. menjelang pelaksanaan upacara HUT RI, mulai

pemda-dan-dprd-morowali-setujui-lima-buah-ranperda-menjadi-perda

Pemda dan DPRD Morowali Setujui Lima Buah Ranperda Menjadi Perda

Morowalikab.go.id, Bungku, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Morowali bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menyetujui 5 buah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda). Dari jumlah tersebut, 3 merupakan Ranperda usul DPRD dan 2 usul Pemda. H

bupati-morowali-meresmikan-9-unit-gedung-baru-dan-2-gedung-pengalihfungsian-rsud-morowali

BUPATI MOROWALI MERESMIKAN 9 UNIT GEDUNG BARU DAN 2 GEDUNG PENGALIHFUNGSIAN RSUD MOROWALI

Morowalikab.go.id -bungku- Bupati morowali Drs. Taslim meresmikan 9 unit Gedung baru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kab. Morowali, Desa Bahomohoni, Kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali pada Rabu (23/2/22). Direktur Rumah Sakit, Dr. Agu

hadiri-kuliah-umum-psdku-untad-morowali-bupati-berikan-motivasi-mahasiswa-baru

Hadiri Kuliah Umum PSDKU Untad Morowali, Bupati Berikan Motivasi Mahasiswa Baru

morowalikab.go.id - Bungku - Dalam rangka Pelaksanaan Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Untad Morowali, Bupati Morowali, Drs. Taslim berkesempatan memberikan Kuliah Umum bagi mah

mantapkan-persiapan-wabup-morowali-pimpin-rapat-panpel-festival-qasidah-dan-gambus-tkt-prov-sulteng-tahun-2021

Mantapkan Persiapan, Wabup Morowali Pimpin Rapat Panpel Festival Qasidah dan Gambus Tkt Prov Sulteng Tahun 2021.

Morowalikab.go.id, Bungku, Usai memimpin rapat kepanitiaan Festival Qasidah dan Gambus belum lama ini,  Wakil Bupati Morowali, Dr. H. Najamudin, S.Ag., S.Pd., M.Pd, kembali memimpin rapat Panitia Pelaksana (Panpel) Festival Qasidah dan Gambus