Tanggulangi Kemiskinan, Pemkab Morowali Gelar Rapat Pendampingan Pembuatan Dokumen RPKD dan LP2KD.

  Senin 14 Juni 2021   helman kaimu     117

1

Morowalikab.go.id, Bungku, Dalam rangka pembuatan Dokumen Rencana Penanggulangan Kemiskinan Daerah (RPKA) dan Dokumen Laporan Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Daerah (LP2KD) Tahun Anggaran 2021, Pemkab Morowali menggelar rapat pendampingan bersama Tim Ahli Program Penanggulangan Kemiskinan Provinsi Sulawesi Tengah, di Aula Kantor Bappeda Morowali, Senin (14/6/21).

3

Kegiatan yang dipimpin Kaban Bappeda Morowali, Ramli Sanudin, SE., M.Si,  dihadiri Tim TKPK Provinsi Sulawesi Tengah, Alimudin Laapo, dan sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkab Morowali.

Dalam arahannya, Kepala Bappeda, yang juga Sekretaris Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Morowali,  Ramli Sanudin memberikan gambaran bahwa Visi dan Misi kabupaten Morowali yakni Mewujudkan Masyarakat Morowali Sejahtera Bersama harus dipertajam secara terukur baik secara kuantitatif maupun kualitatif.

‘’Untuk mewujudkan visi dan misi Pemkan Morowali Mewujudkan Masyarakat Morowali Sejahtera Bersama dilakukan penajaman dengan meminta masukan pimpinan OPD, sehingga bisa diukur secara kuantitatif maupun kualitatif indikator kepala daerah maupun kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD),’’ ujarnya.

4

Ia melanjutkan, beberapa program rancangan RPJM Provinsi Sulawesi Tengah terkait dengan pembangunan sudah diprioritaskan menjadi 5 aspek diantaranya, aspek ekonomi dan kesejahteraan, Aspek Ifrastruktur, Aspek Daya Saing SDM, Pendidikan, Kesehatan dan Imtaq, Aspek Lingkungan Hidup, Ketahanan Bencana, dan Aspek Stabilitas Keamanan, Politik serta Pelayanan Hukum.

Ditambahkannya, Kabupaten Morowali telah menunjukan peningkatan yang cukup positif yakni mampu menurunkan persentase angka kemiskinan.

‘’Upaya yang sudah kita lakukan pada triwulan ketiga menunjukan peningkatan yang cukup positif dimana lokomotif pergerakan pertumbuhan difokuskan di Kabupaten Morowali, karena memiliki kawasan strategis yakni proyek strategis Kawasan Industri dan Kawasan Industri Smelter. Selaiin itu, IPM Morowali tertinggi kedua setelah kota Palu yakni sekitar 72, 94 persen, dan persentase kemiskinan Morowali mengalami penurunan dari 13,43 persen menjadi  13,75 persen, artinya ada penurunan 2,48 persen,’’ jelasnya.

Dirinya berharap dalam penyusunan RKPD dan LP2KD semua OPD dapat berperan aktif menurunkan angka kemiskinan hingga satu digit pada tahun 2023.

‘’Saya berharap tugas kita dalam menyusun RKPD dan LP2KD semua OPD  membuat program dan penganggaran daerah yang mengarah pada penanggulangan kemiskinan, oleh karena itu yang harus dilakukan adalah melakukan penyusunan RKPD sehingga terarah program kegiatannya. Untuk itu, setiap enam bulan kita lakukan evaluasi masing-masing OPD, tentang sejauh mana perannya dalam menyusun program yang bersentuhan langsung dengan pengentasan kemiskinan di Kabupaten Morowali,’’ pungkas Ramli Sanudin.

 

 

Berita Terkait

peringati-hut-tni-ke-75-bupati-dan-wabup-morowali-hadiri-upacara-di-makodim-1311mrw

Peringati HUT TNI Ke-75, Bupati dan Wabup Morowali Hadiri Upacara di Makodim 1311/Morowali

Morowalikab.go.id, Bungku, Untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-75, Bupati Morowali, Drs. Taslim bersama Wakil Bupati Morowali, Dr. H. Najamudin, S.Ag., S.Pd., M.Pd menghadiri upacara di Markas Kodim 1311/Mo

kadis-kesehatan-morowali-sebut-program-kesehatan-gratis-tetap-berlaku

Kadis Kesehatan Morowali: Program Kesehatan Gratis Tetap Berlaku

BUNGKU: - morowalikab.gi.id - Terkait isu penghentian jaminan kesehatan gratis yang diberitakan di Media Massa, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Daerah, Ashar Ma'arif, SE,M.Si, melakukan klarifikasi di ruang kerja

jalin-silaturahim-bupati-morowali-audiens-dengan-anggota-dprd-prov-sulteng

Jalin Silaturahim, Bupati Morowali Audiens Dengan Anggota DPRD Prov Sulteng

BUNGKU, morowalikab.go.id, Jalin silaturahim, Bupati Morowali, Drs. Taslim didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatikan, Ramli Sanudin, Kadis PUPR, Rustam Sabalio dan Kadisporapar, Adzan Djirimu gelar audiens dengan anggota Komisi III DPRD

bupati-taslim-harapkan-perencanaan-dan-penganggaran-berorientasi-pada-prioritas-pembangunan-daerah

Bupati Taslim Harapkan, Perencanaan dan Penganggaran berorientasi pada prioritas pembangunan daerah

Morowaliikab.go.id- Bungku- Bupati Morowali, Drs. Taslim buka musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) dalam penyusunan Rencana Kerja pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Morowali 2021 yang digelar oleh Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengem

sosialisasi-fgd-tahun-2018-bupati-harapkan-kesempurnaan-data

SOSIALISASI FGD TAHUN 2018, BUPATI HARAPKAN KESEMPURNAAN DATA

Berdasarkan amanat Undang-Undang No. 16. Tahun 1997 tentang statistik, BPS menyediakan kebutuhan data statistik pemerintah, swasta, dan masyarakat. Dengan dasar tersebut Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Morowali bekerja sama Dinas Komunikasi dan