Serikat Buruh Morowali Tuntut Pekerjakan Kembali Karyawan yang "Dirumahkan"

  Selasa 11 Agustus 2020   Winda Bestari     772

morowalikab.go.id - Bungku - Pemerintah Daerah menggelar rapat dengan Serikat Pekerja di Ruang Pola Kantor Bupati, Senin (10/08/20). Rapat dipimpin oleh Bupati Morowali, Drs. Taslim, dan dihadiri oleh perwakilan Serikat Pekerja di antaranya SP - SMIP, DPC - FPE, SPIM dan FSPNI.Hadir pula di antaranya Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Drs. Bambang S. Soerojo, M.Si., Kapolres Morowali, AKBP Indra Bayu Wiguno, SH, S.IK, M.IK., perwakilan OPD teknis dan PT IMIP. 

Melalui rapat tersebut, diskusi menitikberatkan pada dua tuntutan Serikat Pekerja yaitu pemanggilan bagi karyawan yang "dirumahkan" dan pemberian hak cuti karyawan. Taslim dalam sambutannya berujar bahwa Pemerintah Daerah selaku fasilitator selalu mendukung seluruh keinginan baik dari berbagai pihak. Ia melanjutkan, sayangnya semua belum terealisasi akibat terhalang oleh pandemi. 

"Kami (red:Pemda) selalu support semua hal baik dari serikat maupun perusahaan. Namun saat ini beberapa sulit ditunaikan akibat adanya sebaran COVID-19", ujar Taslim.

Lanjutnya, "pada prinsipnya, perjuangan dari serikat, sangat jelas. Dan tentu memiliki hubungan erat terhadap visi misi Pemda, peningkatan kesejahteraan dengan mempekerjakan masyarakat. Namun kenyataan hari ini, banyak persoalan yang dihadapi sehingga kepentingan masyarakat terhalangi akibat pandemi" ucap Taslim.

olehnya, ia mengajak seluruh pihak yang hadir untuk berdiskusi dengan serius agar keputusan yang dibuat tidak menimbulkan masalah kedepannya.

Adapun hasil diskusi yang diperoleh adalah;

  1. Perusahaan melakukan validasi data dari Serikat Pekerja sebanyak 800 karyawan yang "dirumahkan" dan telah tinggal berbulan-bulan di Morowali.
  2. Lakukan pemanggilan bagi karyawan yang "dirumahkan" dan telah lama menetap di Morowali.
  3. Dalam rangka mengantisipasi keterbatasan  ruang isolasi, Pemerintah Daerah menyarankan agar pemanggilan karyawan yang "dirumahkan" harus dilaporkan kepada pemerintah agar dapat dibantu proses pengawasan karantinanya.
  4. Pemerintah Daerah siap memfasilitasi ruang isolasi bagi karyawan untuk dikarantina.
  5. Adanya transparansi atau keterbukaan informasi dari pihak perusahaan untuk setiap langkah kebijakan yang dikeluarkan agar menghindari terjadinya kegaduhan akibat hoaks.
  6. Lakukan uji SWAB bagi karyawan yang berasal dari luar daerah.
  7. Pemberian hak cuti akan segera dilakukan saat proses pemanggilan karyawan berjalan baik.

Berita Terkait

bela-negara-wadah-peran-segenap-elemen-bangsa

BELA NEGARA, WADAH PERAN DAN PARTISIPASI SEGENAP ELEMEN BANGSA

BUNGKU: - morowalikab.go.id - Penetapan peristiwa bersejarah 19 Desember sebagai Hari Bela Negara merupakan penegasan bahwa Bela Negara sejak dulu  telah memiliki konteks yang sangat luas. Bela Negara tidak dapat hanya dilakukan dengan kekuatan fisi

tertibkan-izin-usaha-dpmptsp-morowali-turunkan-tim-investigasi

TERTIBKAN IZIN USAHA, DPMPTSP MOROWALI TURUNKAN TIM INVESTIGASI

Bungku - morowalikab.go.id - DPMPTSP adalah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Sebagai penghubung utama antara dunia usaha dan Pemerintah, DPMPTSP diberi mandat untuk mendorong investasi langsung, baik dari Dalam Negeri maupun L

paripurna-dprd-bupati-morowali-sampaikan-nota-keuangan-rapbd-tahun-anggaran-2021

Paripurna DPRD, Bupati Morowali Sampaikan Nota Keuangan RAPBD Tahun Anggaran 2021

Morowalikab.go.id, Bungku, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah menggelar Rapat Paripurna ke-13, 14 dan 15 Masa Persidangan 1 Tahun sidang 2020/2021. Rapat berlangsung di Ruang Sidang DPRD mengagendakan acara penyampaian 2 buah Ranperda Inisiatif DPRD

bupati-drstaslim-gelar-ramah-tamah-sambut-kejari-baru-kab-morowali

Selamat Datang di Morowali, Tenri A Waru SH,MH Kepala Kejaksaan Negeri Morowali yang Baru

Morowalikab.go.id-Bungku- Bupati Morowali Drs. Taslim menyambut kedatangan Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Morowali yang baru, Tenri A Waru S.H, M.H menggantikan Kejari lama Bpk. Hartadhi Christianto dengan menggelar ramah tamah di Kantor Bupati Mor

serikat-buruh-tuntut-pekerjakan-kembali-karyawan-yang-dirumahkan

Serikat Buruh Morowali Tuntut Pekerjakan Kembali Karyawan yang "Dirumahkan"

morowalikab.go.id - Bungku - Pemerintah Daerah menggelar rapat dengan Serikat Pekerja di Ruang Pola Kantor Bupati, Senin (10/08/20). Rapat dipimpin oleh Bupati Morowali, Drs. Taslim, dan dihadiri oleh perwakilan Serikat Pekerja di antaranya SP - SM