Secara Virtual, Sekda Ikuti Sosialisasi Pemenuhan Vaksinasi Lansia

  Kamis 08 April 2021   helman kaimu     95

2

BUNGKU, morowalikab.go.id, Didampingi Kepala Seksi Imunisasi, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPP dan KB) Daerah, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Morowali, H. Moh. Jafar Hamid, SH.,M.M, mengikuti Zoom Meeting Sosialisasi perubahan pertanyaan skrining bagi sasaran vaksinasi menjadi 7 pertanyaan, di Ruang Kerja Sekda, Kamis (8/4/21).

Kegiatan yang  berlangsung secara virtual dipimpin Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Dante Saksono Harbuwono, diikuti seluruh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten Kota se-Indonesia.

Dalam paparannya, Wamen Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono mengungkapkan sejumlah strategi percepatan vaksinasi lansia. Munculnya strategi ini diakibatkan munculnya sejumlah masalah diantaranya, turunnya angka partisipasi vaksinasi lansia, lansia takut dan khawatir akan keamanan vaksin, lansian memiliki keterbatasan akses transportasi kefaskes/sentra vaksinasi, dan kemampuan lansia mengakses teknologi pendaftaran dan penjadwalan vaksinasi terbatas.

1

Dari sejumlah masalah tersebut, pemerintah memiliki solusi bagi lansia yang mengharuskan mendapat prioritas pelayanan vaksinasi dimanapun tanpa dibatasi alamat, KTP maupun Domisil.

‘’Solusi persoalan vaksinasi lansia antara lain, mempercepat program vaksinasi lansia dengan mekanisme 1:2, yaitu: 1 orang non lansia dapat divaksin jika membawa 2 orang lansia untuk divaksinasi, melibatkan komunitas, organisasi sosial dan pihak swasta untuk menjangkau lansia yang belum vaksinasi dan membantu proses edukasi dan sosialisasi vaksinasi kepada lansia, mendekatkan akses vaksinasi melalui mobile vaccination dan mengatur transportasi dan mobilisasi lansia menuju dan pulang dari lokasi vaksinasi pertama dan kedua, serta mempermudah pelayanan pendaftaran dan penjadwalan vaksinasi lansia melalui pendaftaran kolektif dan bantuan pendaftaran dengan melibatkan komunitas dan organisasi sosial,'' tutur Dante Saksono Harbuwono melanjutkan.

Diketahui bahwa, Untuk mendukung kegiatan ini, dibutuhkan dukungan pimpinan daerah dalam hal ini Gubernur, Bupati dan Walikota seluruh Indonesia, diantaranya.

1.       Mengalokasikan vaksin dan memprioritaskan vaksinasi lansia di semua tempat, terutama di daerah tujuan mudik menjelang periode libur Idul Fitri.

2.       Melayani seluruh lansia dimanapun tanpa dibatasi alamat KTP maupun domisili lansia.

3.       Mengendalikan laju vaksinasi petugas publik, mengingat hampir disemua daerah laju vaksinasi petugas publik jauh lebih tinggi dari lansia.

4.       Mengingat keterbatasan suplai vaksin, prioritas vaksinasi diberikan kepada kelompok yang risiko fasalitasnya paling tinggi, yaitu lansia. Hal ini penting untuk menekan angka hospitalisasi dan mencegah kematian.

5.       Strategi Mobilisasi Lansia dapat dilakukan melalui kerja sama dengan komunitas, organisasi lokal, dan pihak swasta untuk mendaftarkan serta mengatur transportasi antar jemput lansia ketempat pelayanan vaksinasi, dan

6.       Mempercepat program vaksinasi lansia dengan mekanisme 1:2, yaitu, 1 orang non-lansia dapat difaksin jika membawa 2 orang lansia untuk divaksinasi, termasuk bagi petugas publik dan masyarakat umum.

 

Berita Terkait

sertijab-asisten-administrasi-umum-digelar-lepas-masa-purnabakti-siti-samria-sia

Sertijab Asisten Administrasi Umum Digelar, Lepas Masa Purnabakti Siti Samria Sia

morowalikab.go.id - Bungku - Selasa, (01/12) berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Morowali, Serah Terima Jabatan dari Pejabat Lama Kepada Pelaksana Tugas Jabatan Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Morowali digelar. Acara ters

kunker-di-morowali-kapolda-sulteng-sebut-daerah-ini-akan-menjadi-daerah-yang-aman-dan-tentram

Kunker Di Morowali, Kapolda Sulteng Sebut Daerah Ini Akan Menjadi Daerah Yang Aman Dan Tentram

morowalikab.go.id - Bungku - Dalam rangka untuk meresmian Mako Polres Morowali dan Kunker ke Mapolres Morowali Utara, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Provinsi Sulawesi Tengah, Irjen Pol, Drs. H. Syafril Nursal, SH., MH, dan Ketua PD Bhayangkari Su

peringati-hari-ibu-ke-91-bupati-morowali-sebut-phi-sebuah-momentum-kebangkitan-bangsa

Peringati Hari Ibu Ke-91, Bupati Morowali Sebut PHI Sebuah Momentum Kebangkitan Bangsa

morowalikab.go.id - Bungku - Bupati Morowali, Drs. Taslim, memimpin upacara peringatan Hari Ibu Ke-91 Tahun 2019 di Kompleks Kampus Alkhairaat Morowali, Desa Wosu, Kecamatan Bungku Barat, Kamis (26/12/2019). Upacara peringatan Hari Ibu Ke-91 Tahu

bupati-morowali-utang-162-m-beban-bagi-apbd-2019

BUPATI MOROWALI: "UTANG 162 M BEBAN BAGI APBD 2019"

morowalikab.go.id - BUNGKU. Bertempat di Aula Serba Guna Ahmad Hadi, Bungku Tengah, diadakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Kabupaten Morowali Tahun 2019, (Kamis, 3 Januari 2019). Kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengem

mtq-ke-28-tkt-prov-sulteng-tujuh-peserta-kafilah-morowali-tampil-dihari-ketiga

MTQ ke-28, Tkt Prov Sulteng, Tujuh Peserta Kafilah Morowali Tampil dihari Ketiga

Salakan – morowalikab.go.id - Memasuki lomba hari ketiga, tujuh peserta Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-28 Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Kota Salakan Kabupaten Banggai Kepulauan perwakilan Kabupaten Morowali tampil memuaskan pada Kami