Realisasi Investasi Tahun 2023 Rp 91,78 Triliun, Pemkab Morowali Susun Langkah Strategis Capai Target Lebih Ambisius di 2024

  Rabu 18 September 2024   Ketut Suta     143

Morowalikab.go.id, Morowali - Realisasi investasi Kabupaten Morowali pada Tahun 2023 mencapai Rp 91,78 Triliun dari target yang ditetapkan yakni sebanyak Rp 98,18 Triliun. Data tersebut disampaikan Gafarudin G. Mursad, selaku Kabid Pelayanan Perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Morowali.

Gafarudin menjelaskan, meski belum mencapai target ditetapkan namun, dari capaian realisasi investasi saat ini mencerminkan bahwa kuatnya minat investor terhadap potensi industri di Wilayah Kabupaten Morowali, terutama di sektor hilirisasi nikel.

Dia menjelaskan, realisasi investasi sebesar Rp 91,78 Triliun pada Tahun 2023 menunjukkan sekitar 93,5% dari target yang telah ditetapkan, jika dibandingkan dengan capaian Tahun 2022 yang mencapai Rp 96,60 Triliun, tentu terdapat sedikit penurunan di Tahun 2023. 

“Faktor ekonomi global dan dinamika pasar nikel internasional menjadi beberapa alasan tidak tercapainya target tersebut. Namun kami tetap optimis, karena investasi di Morowali terus menunjukkan pertumbuhan yang kuat meskipun ada tantangan eksternal. Kami berupaya untuk menjaga iklim investasi tetap kondusif,” ujar Gafarudin saat diwawancarai oleh Command Center DPMPTSP Morowali.

WhatsApp Image 2024-09-18 at 12-30-11 Menatap Tahun 2024, Gafarudin mengatakan, kalau Pemerintah Kabupaten Morowali menetapkan target investasi sebesar Rp 115,55 Triliun. Target ini mencerminkan ambisi pemerintah untuk lebih memperkuat posisi Morowali sebagai pusat industri hilirisasi nikel di Indonesia. 

Adapun untuk realisasi investasi pada Triwulan I Tahun 2024 telah tercatat mencapai Rp 19,57 Triliun atau sekitar 16,9 persen dari target tahunan. Ini menunjukkan bahwa, realisasi awal berada pada jalur yang baik, meskipun masih memerlukan akselerasi pada triwulan-triwulan berikutnya.

Lebih lanjut, dalam menempuh capaian target yang lebih ambisius di Tahun 2024, DPMPTSP Morowali telah menyusun sejumlah langkah strategis, antara lain:

Peningkatan Pelayanan perizinan Investasi melalui Sistem Digital yang mempermudah dan mempercepat proses izin usaha.

Pengembangan Infrastruktur Pendukung seperti bandara, jalan, dan energi untuk memastikan kelancaran operasi Industri di Morowali.

Berkolaborasi dengan investor asing maupun domestik yang fokus pada pengembangan hilirisasi nikel, serta upaya promosi intensif untuk menarik investasi baru.

“Kami yakin dengan sinergi antara pemerintah daerah, pusat, dan sektor swasta, target Rp 115,55 triliun untuk tahun 2024 bisa dicapai,” imbuh Gafarudin.

Adapun Realisasi investasi yang kuat di Morowali menunjukkan, bahwa kawasan ini tetap menjadi magnet bagi para investor, khususnya di sektor pengolahan nikel dan mineral. Dengan target yang lebih tinggi pada tahun 2024, DPMPTSP Morowali optimis dapat terus menarik investasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di daerah tersebut

Berita Terkait

masjid-nurul-iman-desa-parilangke-resmi-difungsikan-bupati-apresiasi-partisipasi-masyarakat

Masjid Nurul Iman Desa Parilangke Resmi Difungsikan, Bupati Apresiasi Partisipasi Masyarakat

Morowalikab.go.id - Bumi Raya - Bupati Morowali, Drs. Taslim meresmikan pefungsian sarana ibadah Masjid Nurul Iman Desa Parilangke, Kecamatan Bumi Raya, Selasa (15/03/2022). Peresmian yang ditandai dengan pengguntingan pita tersebut turut dihadiri o

bupati-morowali-mediasi-permasalahan-pt-bcm-dan-masyarakat-desa-buleleng-serta-desa-laroenai

Bupati Morowali Mediasi Permasalahan PT, BCM dan Masyarakat Desa Buleleng Serta Desa Laroenai

Morowalikab.go.id, Bungku, Bupati Morowali, Drs. Taslim didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra, Ir. Muh. Rizal Badudin, gelar rapat mediasi antara pihak PT. Bima Cakra Mandiri dengan masyarakat desa Buleleng dan Laroenai, di Ruang Pola Lantai 2

buka-musrenbang-kecamatan-bumi-raya-ini-harapan-wabup-morowali

Buka Musrenbang Kecamatan Bumi Raya, Ini Harapan Wabup Morowali

Morowalikab.go.id-Bungku- Rangkaian musrenbang tingkat kecamatan minggu ini terus berlanjut, dengan Mengusung Tema “ pemerataan pelayanan dasar untuk meningkatkan ketahanan ekonomi dan sosial masyarakat”, Wakil Bupati Morowali Dr. H. Naja

bupati-lantik-kepala-desa-lasampi-paw

Bupati Taslim Lantik Kades PAW Desa Lasampi, disertai Halal Bihalal oleh Pemkab Morowali bersama Masyarakat Desa Lasampi.

Morowalikab.go.id-Bungku- Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati beserta jajarannya menggelar Halal Bihalal di Desa Lasampi Kec. Bumi Raya Kamis (19/05/22). Pelaksanaan halal bi halal tersebut dirangkaikan dengan p

wakil-bupati-morowali-buka-musrenbang-kecamatan-bungku-barat

Wakil Bupati Morowali Buka Musrenbang Kecamatan Bungku Barat

morowalikab.go.id - Wosu - Wakil Bupati Morowali, Dr. H. Najamudin, S.Ag., S.Pd., M.Pd., resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Bungku Barat Tahun Anggaran 2022 di Aula Kantor Kecamatan Bungku Barat, Senin, (1