Rapim Evaluasi Tepra Tahun 2022, Bupati Morowali Sampaikan Ini

  Kamis 28 Juli 2022   Octaviana Latong     573

WhatsApp Image 2022-07-28 at 13-38-37 (1)

Morowalikab.go.id- Bungku- Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (Tepra) Kabupaten Morowali menggelar Rapat Pimpinan Tim Evaluasi Realisasi Anggaran (Tepra) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2022 Sampai dengan 30 Juni 2022. Kegiatan diprakarsai oleh Bagian Administrasi Pembangunan dan Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Morowali, Berlangsung di Ruang pola Kantor Bupati, Kamis (28/07/22).

Tugas TEPRA adalah untuk meningkatkan penyerapan anggaran, mengawasi pembangunan sehingga anggaran pemerintah dapat direalisasikan secara optimal, memfasilitasi penyelesaian hambatan hambatan realisasi anggaran, melaporkan perkembangan realisasi anggaran dan program secara berkala, laporan TEPRA Bulanan, Triwulan dan Tahunan Program kegiatan, Proses kerja tepra sistem monitoring.

Kegiatan dipimpin langsung oleh Bupati Morowali Drs. Taslim. Turut mendampingi Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setkab Morowali Abd. Malik Hafid, S.H., M.Si., Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Setkab Morowali Drs. Ichwan Bachmid, MM., Staf Khusus Bidang Politik dan Kemasyarakatan Hanto Jamil, Kabag Ekonomi dan Pembangunan Setkab Morowali Nurhayati Mohammad, S.Pi. Diikuti oleh Seluruh Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Morowali, dan Para Camat Se- Kabupaten Morowali.

WhatsApp Image 2022-07-28 at 13-38-37 (2)

Kabag Pembangunan dan Perekonomian Setkab Morowali Nurhayati Mohammad, S.Pi., dalam laporannya menyampaikan bahwa Berdasarkan rapat evaluasi progres keuangan sampai dengan Tanggal 30 Juni Tahun 2022 sebesar 31,01% dan progres fisik mencapai 13,43%.

Menurutnya, Berdasarkan data pada sistem tepra, masih terdapat perangkat daerah yang menyusun target realisasi setiap bulan Belum sesuai atau di bawah target minimal yang ditetapkan oleh tim TEPRA.

" Ada kecenderungan perangkat daerah menetapkan target terlalu rendah untuk menghindari masuk pada grade merah. Sebaliknya terdapat target perangkat daerah Baik fisik maupun keuangan masih tergolong cukup tinggi, hal ini dapat membuat perangkat daerah kesulitan mencapai target di setiap bulan." Pungkasnya.

WhatsApp Image 2022-07-28 at 13-38-36

Sementara Bupati Taslim dalam arahannya, menegaskan kepada seluruh Pimpinan Instansi untuk dapat memaksimalkan penyerapan dan pelaksanaan APBD Tahun 2022, baik fisik maupun non fisik guna percepatan anggaran realisasi pembangunan.

"Jika kita melihat persentase realisasi anggaran secara keseluruhan yang dipaparkan oleh bagian ekonomi, dari 13 Kabupaten/Kota semuanya masih berada pada grade merah yaitu di angka 30%. Tentu ini menjadi masalah yang krusial kita alami hari ini bersama daerah Lainnya. Namun tentu ada fakta yang harus diperbaiki, kemudian menjadi salah satu penyebab kita didalam proses penyerapan anggaran itu mengalami keterlambatan." Pungkasnya.

Menurutnya Berdasarkan pemantauan selama ini, salah satu penyebab keterlambatan realisasi diakibatkan lambatnya proses perencanaan. Taslim menilai, tidak adanya keseriusan instansi pemerintah daerah dalam melakukan upaya upaya untuk meminimalisir terkait program realisasi ini.

" Kita biasa sudah menyusun anggaran, namun perencanaan belum ada". Maka menjadi catatan penting, untuk kita semua melakukan upaya untuk bisa meminimalisir kebiasaan-kebiasaan yang sudah berulang setiap tahunnya. Ini salah satu pemicu dari keterlambatan pelaksanaan anggaran dan kegiatan setiap Tahun". Tegas Taslim.

" Saya melihat tidak adanya keseriusan instansi dalam pelaksanaan realisasi ini. Sudah tahu bahwa masuk tahun anggaran baru, namun OPD yang bertanggung jawab tidak menseriusinya. Seharusnya ini harus dikerjakan, akan tetapi persyaratan pendukungnya tidak dilaksanakan. Ini tidak pernah ada upaya keseriusan, oleh berdampak terhadap proses Realisasi ". Jelasnya.

WhatsApp Image 2022-07-28 at 13-38-37

Taslim menghimbau, kepada seluruh pimpinan OPD untuk memimpin dan mengarahkan staf bawahannya untuk bisa melaksanakan tanggung jawabnya secara maksimal. Juga diharapkan dapat meningkatkan komunikasi dan koordinasi agar pembangunan tepat guna untuk masyarakat Kabupaten Morowali.

" Diharapkan kepada pimpinan OPD selaku manajer di Instansi Masing masing untuk bisa memperhatikan, melihat ini. Sebenarnya kita semua sudah punya Tim schedule, ini yang kemudian harus ada disetiap dinas dan dipedomani oleh pimpinan dalam rangka melaksanakan evaluasi kepada stafnya. Kita berharap realisasi di Triwulan pertama ini sudah selesai, namun kenyataannya belum". Harapnya.

Lebih jauh, Ia berpesan kepada Bagian perekonomian dan pembangunan untuk realistis dalam menilai kinerja teman teman instansi. Capaian capaian yang terdapat dalam persentase diharapkan bisa diberikan penjelasan secara rinci. Sehingga, laporan yang akan disampaikan kepada Provinsi maupun pusat bisa dipahami dengan jelas.

" Sejauh ini benar realisasi keuangan masih minim, tetapi proses yang dilakukan hari ini khususnya barang dan jasa sudah berjalan baik, namun terkendala dengan belum adanya proses realisasi keuangan. Olehnya, saya berpesan kepada Bagian Pembangunan dan Perekonomian untuk tidak menjustifikasi bahwa teman-teman instansi tidak bekerja. Inilah yang harus dilakukan setiap bulannya dan menjadi catatan penting untuk dilaporkan ke provinsi dan pusat untuk mengetahui kondisi riil Kabupaten Morowali". Jelas Taslim

WhatsApp Image 2022-07-28 at 13-38-37 (3)

 

 

 

 

 

 

 

 

Berita Terkait

pemberdayaan-masyarakat-germas-di-berbagai-tatanan-tingkat-kabupaten-morowali-tahun-2022-dihelat

Pemberdayaan Masyarakat Germas di Berbagai Tatanan Tingkat Kabupaten Morowali Tahun 2022 Dihelat

  Morowalikab.go.id - Bungku - Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali menggelar Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Germas di Berbagai Tatanan Tingkat Kabupaten Morowali, di Aula Hotel Metro, Selasa

hadiri-hut-dwp-ke-21-ini-harapan-asisten-i-bidang-pemerintahan-dan-kesra-kabupaten-morowali

Hadiri HUT DWP Ke-21, ini harapan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Morowali.

Morowalikab.go.id-Bungku- Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Bambang Soerojo, menghadiri hari ulang tahun (HUT) Dharma Wanita persatuan (DWP) ke-21, mengusung tema “Peran Dharma Wanita Persatuan dalam Pemberdayaan Perempuan di Era Dig

buka-musrenbang-tingkat-kecamatan-bungku-tengah-begini-arahan-bupati-morowali

Buka Musrenbang Tingkat Kecamatan Bungku Tengah, Begini Arahan Bupati Morowali

Morowalikab.go.id-Bungku- Bupati Morowali Drs.Taslim Menghadiri sekaligus membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tingkat Kecamatan Bungku Tengah Tahun Perencanaan 2023, di Aula Kantor Camat Bungku T

kunjungan-kerja-wakil-gubernur-sulteng-di-morowali-peninjauan-infrastruktur

Kunjungan Kerja Wakil Gubernur Sulteng di Morowali - Peninjauan Infrastruktur

morowalikab.go.id -bungku- Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Drs. H. Ma’mun Amir melakukan kunjungan kerja (Kunker) di dampingi oleh Bupati Morowali Drs. Taslim, di kawasan Beringin jaya Desa Bahonsuai, Kec.Bumiraya, Jumat (18/2/22).  Kun

pemda-morowali-resmi-keluarkan-surat-edaran-nomor-4-tahun-2022-tentang-petunjuk-tpp-dan-tunjangan-kades-perangkat-desa-dan-tunjangan-bpd

Pemda Morowali Resmi Keluarkan Surat Edaran Nomor/188.5 Tahun 2022, Tentang Petunjuk TPP dan Tunjangan Kades, Perangkat Desa dan Tunjangan BPD

    Morowalikab.go.id-Bungku- Menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 28 Tahun 2022 tentang pembayaran penghasilan tetap kepala desa dan perangkat desa, Pemerintah Daerah Morowali resmi mengeluarkan Surat Edaran yang berped