POPDA Sulteng 2022 Resmi Ditutup, Palu Raih Juara Umum

  Jumat 02 September 2022   Winda Bestari     951

WhatsApp Image 2022-09-03 at 07-13-54 (2)

Morowalikab.go.id - Bungku - Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) tingkat Provinsi Sulawesi Tengah resmi ditutup, Jumat (02/09/2022). Berlangsung di Lapangan Sepak Bola Sangiang Kinambuka, POPDA ditutup oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Drs. Irvan Aryanto, M.Si. POPDA Sulteng tahun 2022 mempertandingkan delapan (8) Cabang Olahraga (Cabor) yaitu Bola Basket, Bola Voli, Bulutangkis, Pencak Silat, Sepak Bola, Sepaktakraw, Tenis Lapangan dan Tinju yang diikuti 958 peserta pelajar berprestasi dari 13 kabupaten/kota se Sulawesi Tengah.

WhatsApp Image 2022-09-03 at 07-13-54

Diketahui, berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sulawesi Tengah Nomor: 654/G.ST/IX/2022/Dispora tentang Penetapan Juara Umum dalam Rangka Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Provinsi Sulawesi Tengah Kabupaten Morowali, Kota Palu berhasil meraih juara umum dengan total perolehan medali sebanyak 45 yang terdiri dari 26 emas, 6 perak dan 13 perunggu.

Sementara posisi kedua diraih oleh Kabupaten Donggala sebanyak 31 medali yakni 8 emas 14 perak dan 9 perunggu. Kemudian disusul di peringkat ketiga oleh Kabupaten Morowali dengan rekapitulasi medali sebanyak 28 medali di antaranya 4 emas, 12 perak dan 12 perunggu.

WhatsApp Image 2022-09-03 at 07-13-53

Wakil Bupati Morowali, Dr. H. Najamudin, S.Ag., S.Pd., M.Pd., atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh panitia dan peserta yang telah bahu membahu dalam perhelatan POPDA ini hingga berjalan lancar, sukses dan penuh dengan prestasi dan tetap menjaga ketertiban dan keamanan.

Wabup berujar, perhelatan POPDA bukan hanya ajang untuk mengukir prestasi namun juga menjadi sarana untuk meningkatkan persaudaraan guna mencapai kemajuan bagi Provinsi Sulawesi Tengah.

"Selain untuk berkompetisi, kejuaraan ini juga untuk meningkatkan persaudaraan kita. Saya yakin bahwa olahraga mempunyai peran penting sebagai diplomasi, perdamaian, kesatuan dan persatuan bagi kemajuan Provinsi Sulawesi Tengah", sebutnya.

Dalam kesempatan itu, H. Najamudin mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang telah berhasil meraih juara. Ia berpesan agar para peserta jangan cepat merasa bangga dan puas atas apa yang dicapai tapi justru menjadikan hal tersebut sebagai motivasi untuk mendapatkan prestasi yang lebih tinggi lagi. Ia juga mengingatkan kepada peserta yang belum berhasil juara jangan berkecil hati. Wabup mengimbau untuk memperbanyak latihan agar bisa menjadi juara pada kesempatan lainnya. 

"Kepada peserta yang meraih gelar juara saya ucapkan selamat atas capaian yang membanggakan ini. Kiranya prestasi yang diraih ini tidak membuat puas namun prestasi yang diraih ini dapat menjadi pemacu untuk meraih prestasi yang lebih tinggi. Untuk yang belum berhasil, agar tetap berbangga hati dan terus berusaha dengan tidak adanya kata menyerah agar dapat mencapai hasil yang diharapkan", tandas dia.

WhatsApp Image 2022-09-03 at 07-13-54 (1)

Sementara itu, mewakili Gubernur Sulawesi Tengah, Kadispora Sulteng, Irvan Aryanto mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Morowali serta seluruh panitia penyelenggara yang telah bekerja dengan baik, khususnya kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Morowali yang telah berkenan sebagai tuan rumah pelaksanaan  POPDA Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2022 sehingga dapat terlaksana dengan sukses.

"Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Morowali, terkhusus kepada Pemerintah Kabupaten Morowali, panitia penyelenggara, baik itu tim juri maupun wasit yang telah memimpin pertandingan dengan baik, sportif, netral dan penuh tanggung jawab, serta semua pihak yang telah turut membantu baik secara langsung maupun tidak langsung hingga terlaksananya POPDA ini dengan tertib, lancar dan sukses", ucapnya.

Lebih lanjut dirinya menyebut, berakhirnya POPDA bukan berarti tugas dan tanggungjawab telah selesai. Ia menegaskan bahwa hasil dalam pelaksanaan POPDA harus dievaluasi secara mendalam terkait sejauh mana progress atau capaian yang diraih peserta selama bertanding. Sebab menurutnya, POPDA merupakan ajang pembinaan prestasi bagi generasi muda khususnya pelajar, sekaligus sebagai bagian penting untuk mencapai sumberdaya manusia yang berkualitas. Sehingga ia menegaskan agar pembinaan wajib ditingkatkan guna menorehkan prestasi gemilang bagi Sulawesi Tengah.

"Oleh karena itu, dengan berakhirnya ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah, bukan berarti selesai tugas kita, namun harus kita melihat selama kegiatan POPDA ini berlangsung, sudah sejauh mana capaian pembinaan yang sudah kita berikan kepada anak-anak yang  berbakat di bidang olahraga melalui pusat-pusat pembinaan dan pelatihan pelajar dan mahasiswa yang ada di daerah ini", tutur Irvan.

"Sebab itu, pembinaan di bidang olahraga harus terus kita tingkatkan agar prestasi-prestasi olahraga Sulawesi Tengah bisa membanggakan, bukan hanya di ajang lokal namun juga di ajang nasional, bahkan insya Allah bisa ke ajang dunia. Karena saya melihat hasil ajang POPDA tahun ini sudah banyak menciptakan prestasi yang baik melalui atlet-atlet muda kita para pelajar yang berbakat dan tentu prestasi yang baik ini harus dipertahankan bahkan ditingkatkan dan yang terpenting adalah semua pihak yang terkait harus mampu membina semua kekurangan dan kelemahan, agar kita bisa melangkah bersama dengan sungguh-sungguh untuk memajukan prestasi olahraga di daerah", terangnya.

WhatsApp Image 2022-09-03 at 07-13-55 (1)

WhatsApp Image 2022-09-03 at 07-13-55

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan piala bergilir kepada kontingen Kota Palu yang berhasil meraih juara umum dalam perhelatan POPDA Sulteng 2022. Diketahui, acara penutupan tersebut berlangsung sukses dan meriah yang diisi dengan persembahan musik spesial dari MO Project.

Berita Terkait

buka-pelatihan-akuntansi-perkoperasian-bupati-morowali-harapkan-amanah-dan-inovatif

Buka Pelatihan Akuntansi Perkoperasian, Bupati Morowali Harapkan Amanah dan Inovatif

Morowalikab.go.id-Bungku- Dalam rangka meningkatkan SDM Koperasi yang sehat dan berkembang, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Morowali melaksanakan Pelatihan Akuntansi Perkoperasian, di Aula Grand Qafiah Hotel Desa Ba

bupati-morowali-tinjau-lokasi-pelaksanaan-skb-cpns-formasi-2019

Bupati Morowali Tinjau Lokasi Pelaksanaan SKB CPNS Formasi 2019

morowalikab.go.id - Bungku - Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2019 Pemerintah Kabupaten Morowali dan Morowali Utara digelar pada Jumat, (02/10/20). Bupati Morowali, Drs. Taslim meninjau lokasi pelaksanaan ya

kerjasama-dengan-kemendagri-pemkab-morowali-gelar-pelatihan-penatausahaan-sipd

Kerjasama dengan Kemendagri, Pemkab Morowali Gelar Pelatihan Penatausahaan SIPD

Morowalikab.go.id - Bungku - Pemerintah Kabupaten Morowali menggelar Pelatihan Penatausahaan berbasis Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) di Ruang Pola Kantor Bupati, Senin (10/10/2022). Pelatihan ini diselenggarakan dalam rangka menindaklanj

peduli-pegawai-non-asn-pemkab-morowali-bersama-bpjs-ketenagakerjaan-tandatangani-mou

Lindungi Pegawai Non ASN Dengan Program Jamsostek, Pemkab Morowali Bersama BPJS Ketenagakerjaan Tandatangani MoU

BUNGKU, morowalikab.go.id, Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kabupaten Morowali menggelar kegiatan penyerahan penghargaan dan penandatanganan  Memorandum of Understanding (M

musrenbang-rkpd-kecamatan-bungku-barat-bupati-morowali-tegaskan-perencanaan-harus-matang-dan-tepat-sasaran

Musrenbang RKPD Kecamatan Bungku Barat, Bupati Morowali Tegaskan Perencanaan Harus Matang dan Tepat Sasaran

Morowalikab.go.id-Bungku- Bupati Morowali, Drs. Taslim membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun perencanaan 2023 tingkat Kecamatan Bungku Barat, Senin (14/02/2022). Musrenbang yang berlang