Pj Sekda Morowali Abdul Wahid Hasan, Pimpin Rakor Forkopimda Terkait Evaluasi Perkembangan Politik di Daerah Bahas Ancaman, Pilkada 2024, dan Isu Aktual.

  Rabu 18 September 2024   Octaviana Latong     176

WhatsApp Image 2024-09-18 at 13-01-59 (1)

Morowalikab.go.id-Bungku- Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2022 tentang Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 61 Tahun 2011 tentang Pedoman Pemantauan, Pelaporan, dan Evaluasi Perkembangan Politik Daerah, Forkopimda Kabupaten Morowali bersama Tim Pemantauan, Pelaporan, dan Evaluasi mengadakan rapat koordinasi di Resto Ba’a, Desa Ipi, Kecamatan Bungku Tengah. Rabu (18/09/24)

Rapat yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah Kabupaten Morowali tersebut mengangkat tiga agenda utama: (1) pembahasan ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan (ATHG) di Kabupaten Morowali; (2) penyatuan visi dan langkah strategis dalam mendukung pelaksanaan Pilkada Serentak di Kabupaten Morowali tahun 2024; serta (3) pembahasan isu-isu aktual lainnya.

WhatsApp Image 2024-09-18 at 13-02-45

Rapat dipimpin oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Morowali, Drs. H Abdul Wahid Hasan, M.Pd, dan didampingi oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah, Drs. Bambang S. Soerojo, M.Si. Hadir dalam pertemuan ini antara lain Dandim 1311/Morowali, Letkol Inf. Alzaki, S.E., M.M., M.B.A., M.M.A.S beserta anggota, Wakapolres Morowali, Kompol Awaluddin Rahman, SH., MH, Jaksa Intel Kejaksaan Morowali Harrison, S.H., Ketua Bawaslu Morowali Aliamin, S.E., serta para pemangku kepentingan lainnya termasuk Komisioner KPU Morowali Mahfud Supu, SE, M.Si, pimpinan OPD terkait, para Camat se-Kabupaten Morowali, dan stakeholder lainnya.

Dalam arahannya, Pj Sekda Morowali, Abdul Wahid Hasan menegaskan pentingnya netralitas ASN selama masa Pilkada. "Salah satu tugas utama kita adalah memastikan Pilkada berjalan lancar, aman, dan tertib. Netralitas ASN telah kami sosialisasikan secara masif, sesuai aturan yang melarang ASN untuk ikut serta dalam kampanye atau memakai atribut PNS maupun partai politik," ungkapnya.

WhatsApp Image 2024-09-18 at 12-28-11

Lebih lanjut, Abdul Wahid menyatakan bahwa koordinasi terkait netralitas ASN juga telah dilakukan bersama Bawaslu dan jajaran aparat desa, memastikan semua pihak memahami aturan ini. Selain itu, beliau menekankan pentingnya menjaga ketertiban selama proses pengundian nomor urut pasangan calon, dengan membatasi jumlah peserta yang hadir di kantor KPU Morowali agar tidak menimbulkan keramaian.

Sekda juga menyoroti pentingnya partisipasi karyawan perusahaan dalam Pilkada, dengan rencana mengeluarkan surat edaran yang akan memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mencoblos. "Dengan begitu, angka partisipasi pemilih diharapkan dapat meningkat," imbuhnya.

Rapat ini juga membahas antisipasi terhadap ATHG dan pentingnya kerja sama semua pihak, termasuk Tim Intelijen, dalam memantau situasi politik dan keamanan di Morowali. Abdul Wahid menutup arahannya dengan harapan agar Pilkada Serentak 2024 dapat berjalan lancar, aman, tertib, dan sesuai jadwal tanpa gangguan.

WhatsApp Image 2024-09-18 at 13-00-44

Dikesempatan itu, Pihaknya juga menyampaikan terima kasih atas semua saran dan masukan dalam rapat koordinasi ini, yang akan dijadikan bahan pertimbangan dalam rapat evaluasi perkembangan politik di Kabupaten Morowali.

Berita Terkait

polres-morowali-gelar-maulid-nabi-muhammad-saw-1444-h

Polres Morowali Gelar Maulid Nabi Muhammad Saw 1444 H

Morowalikab.go.id-Bungku- Kepolisian Resor Morowali menggelar Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 12 Rabiul Awwal 1444 H, Kamis (06/10). Kegiatan yang diawali dengan shalawat Nabi, Pembacaan barzanji, Pembacaan ayat suci Al Quran, berlangsung khidmat d

wabup-morowali-sambut-hangat-kunjungan-kerja-wakil-bupati-toli-toli-dan-jajaran

Wabup Morowali Sambut Hangat Kunjungan Kerja Wakil Bupati Toli-Toli dan Jajaran

Morowalikab.go.id-Bungku- Wakil Bupati Morowali Dr. H. Najamudin, M.Pd., menerima kunjungan kerja Pemerintah Kabupaten Toli-Toli, di Kantor Bupati Rabu (16/03). Rombongan dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Toli-Toli Moh. Besar Bantilan. Dalam sa

pj-bupati-morowali-a-rachmansyah-ismail-gelar-silaturahmi-bersama-beberapa-kelompok-masyarakat-paguyuban

Pj Bupati Morowali A Rachmansyah Ismail, Gelar Silaturahmi Bersama Beberapa Kelompok Masyarakat (Paguyuban)

Morowalikab.go.id-Bungku- Penjabat (Pj) Bupati Morowali, Ir.H. A Rachmansyah Ismail, M.Agr., MP mengadakan acara silaturahmi Bersama Beberapa Kelompok Masyarakat (Paguyuban) yanv bertujuan untuk mempererat hubungan antara pemerintah daerah dengan k

pemkab-morowali-gelar-bimtek-tentang-pengelolaan-keuangan-daerah-berbasis-sipd-dan-akuntansi-pelaporan

Pemkab Morowali Gelar Bimtek Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah Berbasis SIPD dan Akuntansi Pelaporan

  Morowalikab.go.id-Bungku- Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali Bekerjasama dengan Direktorat Jenderal (Dirjen) Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang pengelolaan keuangan daer

paripurna-dprd-bupati-morowali-sampaikan-2-dua-buah-ranperda-pemerintah-daerah

Bupati Morowali sampaikan Pidato 2 (dua) buah Ranperda pada Rapat Paripurna

Morowalikab.go.id-Bungku- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Morowali gelar rapat paripurna penyampaian Ranperda Usul pemerintah daerah dan inisiatif DPRD Kab. Morowali sidang Paripurna ke -8 Masa Persidangan III tahun 2020, Rabu (24/06/2020).