Dukung Implementasi 4.558 Pertashop Tahun 2020 : Pemda Morowali Ikuti Rakor Secara Virtual Bersama Mendagri

  Kamis 10 September 2020   Octaviana Latong     39

Morowalikab.go.id-Bungku- Bupati Morowali Drs Taslim dan Wakil Bupati Morowali Dr.H.Najamudin, S.Ag, S.Pd, M.Pd, mengikuti Rapat Koordinasi Virtual Pengembangan Pertashop Tahun 2020. Rakor berlangsung di Ruang Kerja Bupati Morowali, Rabu (9/9/2020).

Rapat Koordinasi dipimpin Menteri Dalam Negeri, Prof. Dr. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D,  Komisaris Pertamina, Condro Kirono dan Direktur Utama PT. Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dan dihadiri hampir 500 orang para pejabat pemerintah daerah yang terhubung secara virtual.

Mendagri Muhammad Tito Karnavian mendorong Pemerintah Daerah untuk mendukung percepatan implemantasi Pertamina Shop (Pertashop) di daerah demi terwujudnya kemandirian desa.  Penekanan Mendagri tersebut disampaikan dalam Rapat Kordinasi secara virtual antara Kemendagri, Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota serta PT Pertamina (Persero), di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kementerian Dalam Negeri.

"Saya berharap pemerintah daerah dapat mendukung percepatan implementasi Pertashop di daerahnya masing-masing, sebab melalui program ini bertujuan untuk terwujudnya kemandiriian desa", jelas Mendagri.

Kemendagri dan Pertamina menargetkan pada tahun 2020 akan membangun 4.558 unit Pertashop  di seluruh Indonesia. Kerja sama dalam Program Pertashop merupakan bentuk pengembangan usaha bersama untuk meningkatkan nilai ekonomi dan daya saing masyarakat sekaligus  mendekatkan pelayanan pemenuhan kebutuhan bahan bakar minyak di desa.

“Hadirnya Pertashop tidak hanya untuk mendekatkan layanan BBM dan LPG Kepada masyarakat di negeri, tapi mendorong inovasi desa melalui kemitraan serta turut berperan dalam meningkatkan kapasitas pemerintah desa,” ungkap Mendagri.

Menurutnya, kolaborasi Kemendagri melalui Ditjen Bina Pemerintahan Desa dengan Pertamina merupakan penguatan dan reorientasi kembali pendekatan pembangunan pemerintahan desa dengan paradigma baru untuk menjawab ketertinggalan pembangunan desa yang berdampak terhadap masyarakat dan menjadi salah satu poin penting dalam upaya pengarusutamaan Desa dalam Pembangunan Nasional. 

Selain itu, imbuh Mendagri, pemerintah daerah agar turut mensosialisasikan kepada masyarakat terkait pembangunan dan pengoperasian Pertashop yang dapat membantu menumbuhkembangkan potensi desa, serta tidak memanfaatkan program Pertashop untuk kepentingan politik.

Tito juga menambahkan bahwa dengan hadirnya Pertashop diharapkan akan turut mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Di pedesaan, sekaligus menumbungkembangkan potensi desa sehingga mendukung cita-cita Indonesia Maju. 

Komisaris PT Pertamina (Persero) Condro Kirono menegaskan, Pertashop bertujuan melayani kebutuhan BBM di seluruh wilayah Indonesia, mendekatkan konsumen akhir, dan pengembangan penguasaan outlet sampai level ke perdesaan.  

“Dengan dukungan Forum Koordinasi Pimpinan daerah (Forkopimda), termasuk Kepolisian diharapkan operasional Pertashop di seluruh wilayah Indonesia bisa berjalan dengan baik,” ujar Condro.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan komitmen Pertamina terhadap keberadaaan ketahanan energi yang mengutamaan Availability, Accessibility, Acceptability, Affordability dan Sustainability. 

“Dengan sinergi Pertamina dan Kemendagri, hingga September 2020 telah terbangun 576 outlet Pertashop. Targetnya hingga akhir tahun terbangun 4.558 outlet Pertashop,” ujar Nicke. 

Dalam pembangunannya, tambah Nicke, terdapat beberapa kriteria diantaranya Kriteria Lokasi Pertashop, Kriteria Mitra Pertashop, serta persyaratan perijinan dari Pemerintah Daerah terkait. 

“Kami berharap peran Pemerintah Daerah mendukung ketersediaan energi melalui Pertashop melalui dispensasi dalam perijinan, terutama di awal operasi serta penyederhanaan dalam perijinan,” imbuh Nicke.

Berita Terkait

koordinasi-lpls-dukung-pembudayaan-germas-di-morowali

Koordinasi LP/LS Dukung Pembudayaan GERMAS di Morowali

morowalikab.go.id - Bungku - Menerapkan pola hidup bersih dan sehat di era new normal pandemi COVID-19 harus terus dipertahankan. Mendukung hal tersebut, Koordinasi Lintas Program dan Lintas Sektor (LP/LS) dalam Pembudayaan Gerakan Masyarakat Hidup S

wabup-morowali-pimpin-upacara-penurunan-bendera-merah-putih

Wabup Morowali Pimpin Upacara Penurunan Bendera Merah Putih

Morowali, IKP, Kominfo, Rangkaian pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia Tahun 2020 telah sukses dilaksanakan dipagi hari. Namun pada sore hari ditempat yang sama

berikut-jawaban-bupati-atas-pandangan-umum-fraksi-pada-penyampaian-nota-keuangan-pertanggungjawaban-pelaksanaan-apbd-2019

Jawaban Bupati atas Pandangan Umum Fraksi pada Penyampaian Nota Keuangan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2019

morowalikab.go.id - Bungku - DPRD Morowali menggelar Rapat Paripurna ke sepuluh (10) masa sidang ke tiga (3) di Ruang Sidang pada Senin, (29/06). Agenda Rapat Paripurna ini adalah mendengarkan jawaban bupati atas pandangan umum anggota fraksi terhada

bupati-taslim-harapkan-perencanaan-dan-penganggaran-berorientasi-pada-prioritas-pembangunan-daerah

Bupati Taslim Harapkan, Perencanaan dan Penganggaran berorientasi pada prioritas pembangunan daerah

Morowaliikab.go.id- Bungku- Bupati Morowali, Drs. Taslim buka musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) dalam penyusunan Rencana Kerja pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Morowali 2021 yang digelar oleh Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengem

laksanakan-pembinaan-dan-pengawasan-pemda-pemkab-morowali-ikuti-rakorwasdanas-tahun-2020

Ciptakan Sinergi dan Kolaborasi APIP, Inspektorat Daerah Ikuti Rakorwasdanas Tahun 2020

Morowali, IKP Kominfo, Untuk melaksanakan ketentuan Pasal 11 Ayat (1) Peraturan Pemerintah  Nomor 12 Tahun 2017 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraann Pemerintahan Daerah, Pemerintah Daerah melalui Inspektorat Daerah mengikuti Rapa