Lemhanas RI Gelar Forum Group Discussion Studi Kasus Isu Strategis Nasional Di Kabupaten Morowali

  Kamis 24 Juni 2021   Octaviana Latong     243

Morowalikab.go.id-Bungku- Bertempat di di Ruang Pola Kantor Bupati Morowali, Kamis (24/06/21), Tim Lemhanas Republik Indonesia (RI) Bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali, menggelar Focus Group Discussion (FGD) Studi Lapangan Isu Strategis nasional (SLISN) dengan Mengusung Tema “Hilirisasi Produk Pertambangan Nikel dari Morowali untuk Indonesia”.

IKS_5450-min (3)

Kegiatan tersebut turut dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Morowali. Dengan menghadirkan narasumber yakni Bupati Morowali Drs.Taslim, CEO PT. IMIP Alexander Barus, Direktur Pembinaan Program Ditjen Mineral Kementerian ESDM Sunindyosuryo Herdadi, ST. MT, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumahm Sulawesi Tengah Tri Asthi Moeljantoro, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Morowali Andi Kaharudin ST.MM, SH.MH, Wakil program Studi Agro Teknologi PSDKU Universitas Tadulako Iskandar SP,M.Si dan Masrua Ram Idjal, SE, M.SC, Phd selaku Moderator FGD.

Pada sambutannya, Pimpinan rombongan SLISN Lemhanans RI PPRA LXII Mayor Jendral TNI Fajar Setiawan, S.IP mengatakan bahwa Kegiatan FGD sebagai Studi Lapangan Isu Strategis Nasional dalam Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXII Lemhannas RI di Kabupaten Morowali dengan Tema “Hilirisasi Produk pertambangan nikel dari Morowali untuk Indonesia

Kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi yang objektif, tentang isu-isu strategis yang sedang berkembang dan kebijakan publik terhadap obyek vital nasional yang dikunjungi, sehingga Kabupaten Morowali sebagai wilayah dengan potensi sumber daya alam yang melimpah ini diharapkan dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakatnya, dan dapat berkontribusi positif bagi pembangunan daerah dan nasional. Olehnya itu pengelolaan sumber daya alam, khususnya pertambangan harus dapat dilakukan dengan pendekatan yang benar dan tepat." Ungkapnya. 

Diharapkannya dari FGD yang dilaksanakan dan masukan dari para narasumber serta para peserta dapat memberikan ide-ide baru untuk menciptakan solusi terbaik bagi Lemhannas RI dalam memberikan bahan pertimbangan yang komprehensif kepada pemerintah guna menyelesaikan permasalahan di Kabupaten Morowali.

"Hasil dari diskusi ini akan menjadi masukan untuk Lemhannas dan akan diseminarkan serta dipaparkan kepada Kepala Negara dalam hal ini Bapak Presiden Republik Indonesia. “Hasil akhir dari DIskusi ini akan berkontribusi bagi Kabupaten Morowali." Ungkapnya.

IKS_5455-min (2)

Dikesempatan yang sama, Bupati Morowali Drs. Taslim Mengawali sambutannya, mengucapkan selamat datang bagi Tim Lemhannas RI di Kabupaten Morowali. Selanjutnya Taslim juga menyampaikan bahwa permasalahan terkait isu Pertambangan di Kabupaten Morowali, sudah ada sejak lama dan saat ini masih diperlukan solusi yang komperhensif dan tepat untuk penyelesaiannya. 

“ Permasalahan di  Kabupaten Morowali adalah permasalahan nasional, sehingga diperlukan sinergitas dari semua Kementerian dan Instasi serta stakeholders baik di pusat maupun daerah untuk memberikan saran sesuai dengan bidangnya masing-masing guna penyelesaian masalah yang ada. Setiap investor yang berinvestasi di wajibkan untuk menaati aturan yang berlaku, karena hadirnya pengelolaan sumber daya alam dimaksudkan untuk kesejahteraan rakyat bukan menyengsarakan. Saat ini pemerintah daerah juga menyiapkan lahan Kawasan industri yang lebih luas. Ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Morowali, sehingga dalam mencari kerja tidak bergantung pada Kawasan industri Morowali saat ini. Untuk itu kami mohon dukungan dari Tim Lemhanas RI menyampaikan Kepada Bapak Presiden Bahwa Morowali masih memiliki potensi sumber daya alam untuk dikelola dengan baik”. Ungkap Bupati Taslim.

Dengan tegas Taslim mengatakan bahwa diharapkan sinergitas dari seluruh stakeholder agar dapat memberikan solusi yang tepat untuk menciptakan kedamaian, ketentraman dan kamakmuran bagi masyarakat Morowali, sesuai Visi Kami (red:pemerintah) yaitu Morowali Sejahtera Bersama". 

Acara dilanjutkan dengan pemberian cendera mata oleh pimpinan rombongan Tim Lemhanas RI LXII kepada Bupati Morowali Drs. Taslim didampingi Forkompimda Daerah Kabupaten Morowali. Diketahui bahwa Tim Lemhanas RI telah berada sejak Hari Selasa, 22 Juni 2021 di Kabupaten Morowali hingga dini hari.

IKS_5469-min (2) 

Berita Terkait

pemkab-morowali-gelar-rakor-bkd-komitmen-beri-sanksi-tegas-bagi-phl-malas

Pemkab Morowali Gelar Rakor, BKD Komitmen Beri Sanksi Tegas Bagi PHL Malas

morowalikab.go.id - Bungku - Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Morowali Nomor 188.4.45/Kep0022/BKPSDMD/2021 tentang pengangkatan dan penempatan tenaga Honorer daerah Tahun Anggaran 2021, Pemerintah Kabupaten Morowali, dalam hal ini Badan Kepegawai

bpc-hipmi-morowali-teken-mou-dengan-pemda-dan-bank-sulteng-cabang-bungku

BPC HIPMI Morowali Teken MoU dengan Pemda dan Bank Sulteng Cabang Bungku

morowalikab.go.id - Bungku - Dalam rangka memeriahkan HUT Indonesia ke - 76 dan hari UMKM Nasional yang jatuh pada 12 Agustus 2021, Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Morowali menggelar talkshow dengan t

hadiri-khatmil-quran-tpa-al-azhar-wabup-paparkan-bukti-kepedulian-pemda-bidang-keagamaan

Hadiri Khatmil Qur’an TPA Al-Azhar, Wabup Paparkan Bukti Kepedulian Pemda Bidang Keagamaan

Morowalikab.go.id, Bungku, Bupati Morowali, Drs. Taslim bersama Wakil Bupati, Dr. H. Najamudin, S.Ag., S.Pd., M.Pd, menghadiri acara Khatmil Qur’an, di Desa Bahomohoni, Kecamatan Bungku Tengah, Kamis (16/09/21). Khatmil Qur’an yang di

kembali-menambang-pt-pam-mineral-silaturahmi-dengan-pemda-morowali

Kembali Menambang, PT. PAM Mineral Silaturahmi dengan Pemda Morowali

morowalikab.go.id - Bungku Pesisir - Rabu, (17/02) Bupati Morowali, Drs. Taslim bersama rombongan menghadiri peresmian Mesjid Al Furqan Desa Laroenai sekaligus dirangkaikan dengan acara silaturahmi rencana kegiatan penambangan PT. Pintu Air Mas (PA

kapolda-sulteng-resmikan-kampung-tertib-berlalu-lintas-di-morowali

Kapolda Sulteng Resmikan Kampung Tertib Berlalu Lintas di Morowali

Morowalikab.go.id – BUNGKU - Kepala Kepolisian Daerah Provinsi Sulawesi Tengah (KAPOLDA), Brigadir Jenderal Polisi Drs. Lukman Wahyu Hariyanto, M.Si, meresmikan kampung tertib lalu lintas millennial, Kelurahan Tofoiso, Kabupaten Morowali. Kegiatan