Lakukan Penyekatan Mudik 2021, Polres Morowali Siapkan Operasi Ketupat Sebar Pasukan Di Seluruh Posko Sekat.

  Rabu 05 Mei 2021   Octaviana Latong     230

Morowalikab.go.Id-Bungku- Polres Morowali menggelar apel pasukan operasi Ketupat 2021 bersama dengan TNI, SATPOLPP, Dishub, BPBD serta Forkompida. Apel yang digelar di Halaman Pemda Morowali Rabu (5/5) dalam rangka pengamanan pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

IKS_4078-min

Pemipin apel, Kapolres Morowali Akbp Bayu Indra Wiguno dalam pembacaaan amanat Kapolri menyebut apel pasukan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi “ Ketupat 2021” dalam rangka penangangan Hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021, baik pada aspek personel maupun Pemda, dan mitra kambtimas lainnya.”Mengingat masih dalam situasi pandemi covid-19, keterlibatan pasukan dalam apel kali ini memang sengaja tidak terlalu besar namun diharapkan sudah mewakili semua unsur yang terlibat dalam operasi sehingga kita dapat menilai kesiapsiagaanya.”

“ Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, tren kasus covid-19 di Indoensia mengalami kenaikan sebesar 2,03 %. Hal ini disebabkan peningkatan aktivitas masyarakat jelang akhir Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri. Sehingga dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri dan pengendalian penyeberan covid-19, kami siap melakukan penyekatan untuk pengendalian covid-19” Jelasnya.

IKS_4091-min

Berkaitan dengan hal tersebut maka Pemerintah Daerah telah mengambil kebijakan larangan mudik lebaran. Kebijakan ini merupakan kali kedua diambil oleh Pemerintahan Era Presiden Joko Widodo setelah Tahun 2020 lalu juga diberlakukan hal yang sama mengingat tren kenaikan kasus covid-19 setelah libur Panjang. Termasuk peningkatan kasus sebesar 93 % setalah pelaksanaan libur Idul Fitri pada Tahun 2020/1441 H.

 “ Dengan pengumuan larangan mudik maka diperkirakan akan ada sekitar 7 persen warga atau 17,5 juta orang yang nekat mudik. Dan itu kita antisipasi dengan penyekatan di masing-masing daerah. Kegiatan operasi Ketupat 2021 harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh oleh jajaran dalam rangka menempatkan keselamatan masyarakat sebagai hukum tertinggi.”. Pungkasya.

IKS_4108-min

Polres menyelenggarakan operasi Ketupat 2021 selama 12 Hari mulai Tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021. dalam OPS Ketupat 2021 mengerahkan 155.005 personil gabungan terbagai dalam Polri 90.592, TNI 11.533 serta 52. 880 instansi terkait seperti Satpolpp, Dishub, Dinkes dan Pramuka, Jasa Raharja dan lain sebagainya. Personel tersebut akan ditempatkan pada 333 Pos penyekata untuk menangtisipasi masyarakat yang masih berniat dan akan melaksanakan mudik, 1.536 pos pengamanan untuk melaksnakan pengamanan terkait gangguan Kambtibas dan Kamseltibcar, serta 596 pos pelayanan dan 180 pos terpadu untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, Stasiun, Terminal, Bandara, Pelabuhan, tempat wisata dan lain-lain. Ia berharap seluruh anggota dalam menjalankan tugas dilaksanakan secara professional dan humanis, selain itu tetap disiplin prokes.

IKS_4084-min

Kapolres Morowali juga menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan dari Kapolri kepada seluruh personel dalam pelaksanaan operasi Ketupat 2021 dalam rangka penanganan Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

“ Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H kepada seluruh umat Muslim yang merayakan.” Ujar kapolres di penghujung penat.

Tampak hadir dalam giat itu, Kapolres Morowali beserta jajaran, Unsur Forkompida dan Perwakilan Pejabat Terkait. (Kominfo/Morowali).

IKS_4090-min

 

Berita Terkait

wabup-pimpin-rapat-final-check-mtq-ke-10-tingkat-kabupaten-morowali

Wabup Pimpin Rapat Final Check MTQ ke-10 Tingkat Kabupaten Morowali

morowalikab.go.id - Laantula Jaya - Selasa, (13/10) digelar rapat final check di Gedung aula STQ Desa Laantula Jaya, Kecamatan Wita Ponda Kabupaten Morowali. Rapat tersebut dalam rangka memantapkan persiapan pelaksanaan MTQ ke-10 tingkat Kabupaten

tingkatkan-mutu-pendidikan-bupati-morowali-program-itf-maksimalkan-kapasitas-guru

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Bupati Morowali Sebut Program ITF Maksimalkan Kapasitas Guru

Morowali, IKP Kominfo, Dinas Pendidikan Daerah Kabupaten Morowali dan Ruang guru menyelenggarakan kegiatan penutupan (Closing Ceremony) pada program pelatihan guru Indonesia Teaching Fellowship (ITF). Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Kerja Bupa

pemrov-sulteng-sosialisasi-perda-rzwp3k

Pemprov Sulteng Sosialisasi Perda RZWP3K

PPID – morowalikab.go.id – Bungku - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Biro Hukum dan Perundang-undangan Sekretariat Daerah, melaksanakan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Sulteng Nomor 10 Tahun 2017 tentang Rencana Zonasi Wi

bupati-morowali-resmi-tutup-mtq-ke-x-kafilah-bungku-tengah-raih-juara-umum

Bupati Morowali Resmi Tutup MTQ Ke-X, Kafilah Bungku Tengah Raih Juara Umum

Morowalikab.go.id, Witaponda, Bupati Morowali, Drs. Taslim didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Morowali, Ny. Asnoni Taslim resmi menutup kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-X Tingkat Kabupaten Morowali di Lapangan Sepak Bola Desa Laan

bupati-taslim-aksi-peduli-lingkungan-sdc-morowali-bentuk-konsistensi-kita-dalam-menjaga-lingkungan

Bupati Taslim : " Aksi Peduli Lingkungan Merah Putih SDC Morowali merupakan Bentuk Konsistensi Kita dalam menjaga lingkungan"

Morowalikab.go.id-Bungku- Berjalan Sukses, Sombori Diving Club (SDC) Morowali menggelar kegiatan aksi bersama peduli lingkungan Merah Putih Spesial Hari Konservasi menyambut HUT RI Ke 75 di Pulau Langala Desa Fatufia, Kecamatan Bahodopi, Minggu