DPMDP3A Morowali Selenggarakan Sosialisasi Penguatan Forum Anak Daerah

  Senin 05 September 2022   Octaviana Latong     492

WhatsApp Image 2022-09-06 at 09-44-26 (2)

Morowalikab.go.id-Bungku- Pemerintah Daerah melalui Dinas Pemberdayaan masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan anak Kabupaten Morowali menyelenggarakan Sosialisasi penguatan Forum Anak Tingkat Kecamatan SE Kabupaten Morowali, Bertempat di Aula Kantor Camat Bungku Tengah, Senin (05/09/22).

Sosialisasi mengusung tema " Menuju Kabupaten Morowali Layak Anak" dihadiri oleh Kepala DPMD P3A Kab. Morowali Abd. Wahid Hasan, M.Pd, Camat Bungku Tengah Wirda Rosanti, S.STP., M.PA., Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan Anak Syamsidar, SE bersama Staf DPMDP3A Kab. Morowali, Ketua Forum Anak Daerah Tadulako Prov. Sulteng Tio Septiyawan Aziz, bersama anggota serta Peserta sosialisasi adalah pengurus Forum anak Kecamatan dan pengurus forum anak Kabupaten Morowali.

WhatsApp Image 2022-09-06 at 09-44-26

Dalam sambutannya, Kepala DPMDP3A Morowali menyampaikan bahwa Salah satu program dalam kebijakan partisipasi anak adalah membentuk dan mengadakan pertemuan Forum Anak. Dengan tujuan anak-anak diharapkan sebagai pelopor dan pelapor (P2), sebagaimana anak diharapkan dapat memulai aksi atau kontribusi positif dan sebagai agen perubahan.

" Kegiatan ini memiliki manfaat yang sangat besar terutama bagaimana menggali potensi yang ada bagi anggota forum, baik potensi akademik maupun potensi sosial. Potensi akademik ini bagaikan kita dapat merealisasikan pengetahuan tentang forum anak, sehingga implementasi nya lebih nyata". Ungkapnya 

Ia mengatakan, Forum anak merupakan partisipasi anak dalam pembangunan lembaga perwakilan kelompok kegiatan atau organisasi anak sesuai jenjang administrasi pemerintah daerah.

" Salah satu tugas forum anak ini adalah berpartisipasi dalam pengambilan keputusan, memberikan saran masukan terkait ketimpangan ketimpangan sosial yang ada di pemda pada tingkat kecamatan." Ujarnya. 

WhatsApp Image 2022-09-06 at 09-44-26 (1)

"Di Tahun 2021 kita sudah bentuk forum anak, nah sekarang bagaimana kita sosialisasikan penguatan Forum anak untuk lebih mengaktifkan dan memperkuat fungsi dan peran anak sebagai pelopor dan pelapor. " Ungkap Kepala DPMDP3A Morowali. 

Adapun fungsi forum anak adalah mengkomunikasikan hak anak dan kewajiban anak; sosialisasi hak dan kewajiban anak di lingkungan teman sebaya; menyuarakan pandangan, suara dan aspirasi anak; melibatkan diri dalam proses pengambilan keputusan; sarana pengembangan bakat minat dan kemampuan anak.

Hal senada disampaikan, Camat Bungku Tengah menekankan agar anak-anak memiliki andil yang besar untuk turut terlibat dalam setiap kegiatan. Sebab Forum Anak sebagai penghubung aspirasi anak, akan lebih mudah berkomunikasi jika komunikasi yang dilakukan adalah dengan teman sebaya atau sesama anak-anak lainnya.

Bertindak sebagai Moderator oleh Ni Ketut Puput Nilasari bersama Anggota Forum Anak kabupaten Morowali, dan Narasumber adalah Ketua Forum Anak Daerah Tadulako Provinsi Sulawesi Tengah bersama Anggota.

WhatsApp Image 2022-09-06 at 15-42-35

Diketahui, Sosialisasi ini akan berlanjut pelaksanaannya di Kecamatan lainnya sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. 

Berita Terkait

desa-lahuafu-punya-peluang-wakili-sulteng-di-tingkat-regional

Desa Lahuafu Punya Peluang Wakili Sulteng di Tingkat Regional

PPID - morowalikab.go.id - Lahuafu - Lomba desa dan evaluasi perkembangan desa/kelurahan tingkat provinsi Sulawesi Tengah digelar di Pantai Puluti, Desa Lahuafu, Kec. Bungku Timur pada Kamis, (13/06/19). Desa Lahuafu menjadi desa yang mewakili Kab.Mo

menuju-haul-guru-tua-ke-51-syair-syair-sang-guru-terhadap-kecintaan-pada-rasulullah-saw-dan-pendidikan

MENUJU HAUL GURU TUA KE-51: Syair-Syair Sang Guru Terhadap Kecintaan Pada Rasulullah SAW dan Pendidikan

PPID - morowalikab.go.id - Bungku - Al-Habib Idrus bin Salim Al-Jufri atau lebih dikenal dengan Sayyid Idrus bin Salim Al-Jufri (SIS Al-Jufri) atau Guru Tua, lahir di Tarim, Hadramaut, Yaman, 15 Maret 1892. Wafat di Palu, Sulawesi Tengah, 22 Desember

wakil-bupati-morowali-jadi-inspektur-upacara-sumpah-pemuda-ke-94

Wakil Bupati Morowali jadi Inspektur Upacara Sumpah Pemuda Ke-94

Morowali.go.id-Bungku- Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022, Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali menggelar upacara peringatan di pelataran Halaman Kantor Bupati Morowali, Kompleks Perkantoran Fonuasingko Desa Bente, (Senin/3

via-virtual-bupati-morowali-ikuti-peresmian-peluncuran-aplikasi-oss-oleh-presiden-jokowi

Via Virtual, Bupati Morowali Ikuti Peresmian Peluncuran Aplikasi OSS Oleh Presiden Jokowi

Morowalikab.go.id, Bungku, Bupati Morowali, Drs. Taslim, didampingi Asisten III Administrasi dan Umum, Husban Laonu, SE., M.Si, serta Kepala DPM-PTSP, Drs. Yusman Mahbub, M.Si, mengikuti kegiatan peresmian peluncuran Sistem Online Single Submissio

pemkab-morowali-zikir-dan-doa-bersama-masyarakat-pisah-sambut-tahun-2022-2023

Pemkab Morowali Zikir dan Doa Bersama Masyarakat, Pisah Sambut Tahun 2022-2023

Morowalikab.go.id-Bungku- Menjelang Pisah Sambut Akhir Tahun 2022-2023, Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali menyelenggarakan Zikir dan Doa Bersama Masyarakat di Pelataran Alun Alun Rujab Bupati Morowali, Kelurahan Matansala, Sabtu Malam (31/1