Monday 05 September 2022
Octaviana Latong
2104
Morowalikab.go.id-Bungku- Bupati Morowali Drs. Taslim bersama Wakil Bupati Morowali Dr.H.Najamudin, S.Ag., S.Pd., M.Pd., menghadiri Tasyakuran Pemfungsian Sekretariat Dewan Adat Tobungku, Bertempat di Kantor Dewan Tobungku, Jln. Trans Sulawesi Kel Matansala, Senin (05/09/22).
Dalam Sambutannya, Ketua Dewan Adat Tobungku Drs. Maizun Ilwan Ridhwan menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Morowali yang telah mendukung terbentuknya Lembaga Dewan Adat Tobungku baik secara fisik maupun nonfisik.
"Kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Morowali serta jajaran yang senantiasa turut memeriahkan dan mendukung kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh dewan adat Tobungku selama setahun terakhir ini." Ungkapnya.
Beliau yang merupakan Mantan Sekda Morowali ini menuturkan Seyogyanya, kegiatan ini dalam rangka tasyakuran Pemfungsian Sekretariat sekaligus refleksi perjalanan satu tahun dewan adat Tobungku.
" Pemfungsian Sekretariat merupakan momentum dewan adat Tobungku untuk melakukan evaluasi dan introspeksi atas semua yang telah dikerjakan setahun terakhir dan menyusun strategi guna mempersiapkan diri menghadapi tantangan dimasa yang akan datang." Ujarnya.
Lebih jauh, Ia menjelaskan bahwa Dewan adat Tobungku dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang organisasi kemasyarakatan dan SK Bupati tentang pokok-pokok pikiran pemilihan kepala daerah.
" Tahun ini, tepatnya satu tahun dewan adat bekerja. Berlandaskan dari ART bahwa dimana salah satu pasal mengatakan setiap tamu-tamu dewan adat itu akan melakukan evaluasi kegiatan, selain itu dalam satu tahun ini, kami dewan adat Tobungku melakukan juga rapat pleno untuk menetapkan mars dewan adat Tobungku dan seni budaya lainnya" Ungkap Ketua Dewan Adat Tobungku.
Hal senada disampaikan, Wakil Bupati Morowali mengucapan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Ketua dewan adat Tobungku dan seluruh jajaran atas kinerjanya yang telah ikut serta mewujudkan visi misi pemerintah daerah.
Menurutnya, Keberhasilan pelaksanaan program pembangunan tidak mungkin dapat dilakukan hanya oleh satu komponen semata, namun harus dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh stakeholder yang ada.
" Hal ini Selaras dengan dengan visi dan misi Pemerintah Daerah Morowali yang keenam tentang pengembangan budaya, seni dan agama. Kami berharap rekomendasi rekomendasi yang telah dipaparkan oleh Ketua Dewan adat tadi dapat kita komunikasikan dan duduk bersama membahas anggaran yang dibutuhkan sehingga ini bisa menjadi salah satu prioritas Pemda dalam mewujudkan Morowali yang berbudaya" Ungkap H. Najamudin.
Mantan Kandepag Poso tersebut juga, memaparkan refleksi kinerja Tahajud selama kurang lebih 4 Tahun ini telah memberikan sentuhan pembangunan yang luar biasa bagi masyarakat Morowali. Pihaknya berujar bahwa Pemerintah Daerah tengah fokus meningkatkan sumber daya manusia. " Anggaran yang begitu besar ini dikelola dengan baik dengan tujuan memberikan kesejahteraan bagi Masyarakat.
" Diperjalanan kami Bapak Bupati bersama Wakil Bupati Morowali Selama empat tahun ini, tentu masih banyak lembaga- lembaga adat maupun kemasyarakatan yang belum terkoordinir dengan baik, khususnya Dewan adat Tobungku. Maka dengan adanya anggaran yang tersedia ini, Kami optimis untuk mendukung segala pemenuhan fasilitas sarana dan prasarana Bagi lembaga Dewan adat." Ungkapnya
Diharapakan,Adanya lembaga dewan adat ini, bisa memberikan hikmah yang baik bagi perkembangan seni dan budaya Kabupaten Morowali.
Turut hadir dalam kegiatan, diantaranya Asisten III Bidang Administrasi Umum Husban Laonu, M.Si., Pejabat Teras Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali, Wakil Ketua II DPRD Asgar Ali, Anggota DPRD Morowali Partai PKB Dg. Pasolong, Ketua Dewan Adat Tobungku Morowali Drs. Maizun Ilwan Ridwan, Danramil Bungku Tengah Kapten Inf Sukamto, Kapolsek Bungku Tengah AKP I Gusti Nyoman Suarta, S.H, Ketua MUI Kab. Morowali H. Maulidin, S.Ag., M.Fil.I, Camat Bungku Tengah Wirda Rosanti S.STP., M.PA bersama Jajaran, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta Tamu Undangan Lainnya.