Secara Virtual, Sekda Ikuti Sosialisasi Pemenuhan Vaksinasi Lansia

  Kamis 08 April 2021   helman kaimu     94

2

BUNGKU, morowalikab.go.id, Didampingi Kepala Seksi Imunisasi, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPP dan KB) Daerah, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Morowali, H. Moh. Jafar Hamid, SH.,M.M, mengikuti Zoom Meeting Sosialisasi perubahan pertanyaan skrining bagi sasaran vaksinasi menjadi 7 pertanyaan, di Ruang Kerja Sekda, Kamis (8/4/21).

Kegiatan yang  berlangsung secara virtual dipimpin Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Dante Saksono Harbuwono, diikuti seluruh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten Kota se-Indonesia.

Dalam paparannya, Wamen Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono mengungkapkan sejumlah strategi percepatan vaksinasi lansia. Munculnya strategi ini diakibatkan munculnya sejumlah masalah diantaranya, turunnya angka partisipasi vaksinasi lansia, lansia takut dan khawatir akan keamanan vaksin, lansian memiliki keterbatasan akses transportasi kefaskes/sentra vaksinasi, dan kemampuan lansia mengakses teknologi pendaftaran dan penjadwalan vaksinasi terbatas.

1

Dari sejumlah masalah tersebut, pemerintah memiliki solusi bagi lansia yang mengharuskan mendapat prioritas pelayanan vaksinasi dimanapun tanpa dibatasi alamat, KTP maupun Domisil.

‘’Solusi persoalan vaksinasi lansia antara lain, mempercepat program vaksinasi lansia dengan mekanisme 1:2, yaitu: 1 orang non lansia dapat divaksin jika membawa 2 orang lansia untuk divaksinasi, melibatkan komunitas, organisasi sosial dan pihak swasta untuk menjangkau lansia yang belum vaksinasi dan membantu proses edukasi dan sosialisasi vaksinasi kepada lansia, mendekatkan akses vaksinasi melalui mobile vaccination dan mengatur transportasi dan mobilisasi lansia menuju dan pulang dari lokasi vaksinasi pertama dan kedua, serta mempermudah pelayanan pendaftaran dan penjadwalan vaksinasi lansia melalui pendaftaran kolektif dan bantuan pendaftaran dengan melibatkan komunitas dan organisasi sosial,'' tutur Dante Saksono Harbuwono melanjutkan.

Diketahui bahwa, Untuk mendukung kegiatan ini, dibutuhkan dukungan pimpinan daerah dalam hal ini Gubernur, Bupati dan Walikota seluruh Indonesia, diantaranya.

1.       Mengalokasikan vaksin dan memprioritaskan vaksinasi lansia di semua tempat, terutama di daerah tujuan mudik menjelang periode libur Idul Fitri.

2.       Melayani seluruh lansia dimanapun tanpa dibatasi alamat KTP maupun domisili lansia.

3.       Mengendalikan laju vaksinasi petugas publik, mengingat hampir disemua daerah laju vaksinasi petugas publik jauh lebih tinggi dari lansia.

4.       Mengingat keterbatasan suplai vaksin, prioritas vaksinasi diberikan kepada kelompok yang risiko fasalitasnya paling tinggi, yaitu lansia. Hal ini penting untuk menekan angka hospitalisasi dan mencegah kematian.

5.       Strategi Mobilisasi Lansia dapat dilakukan melalui kerja sama dengan komunitas, organisasi lokal, dan pihak swasta untuk mendaftarkan serta mengatur transportasi antar jemput lansia ketempat pelayanan vaksinasi, dan

6.       Mempercepat program vaksinasi lansia dengan mekanisme 1:2, yaitu, 1 orang non-lansia dapat difaksin jika membawa 2 orang lansia untuk divaksinasi, termasuk bagi petugas publik dan masyarakat umum.

 

Berita Terkait

bupati-morowali-apresiasi-program-replanting-oil-palm

BUPATI MOROWALI APRESIASI PROGRAM REPLANTING KELAPA SAWIT

Morowali: Berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Perkebunan No: 247/KPTS/KB.120/8/2018 Tanggal 3 Agustus 2018 tentang pedoman peremajaan kelapa sawit pekebun, serta Surat Keputusan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Morowali No: 167/DP

gelar-workshop-bnn-kabupaten-morowali-undang-insan-pers-wujudkan-kotan

Gelar Workshop, BNN Kabupaten Morowali Undang Insan Pers Wujudkan Kota Tanggap Ancaman Narkoba

Morowalikab.go.id-Bungku- Wakil Bupati Morowali Dr.H.Najamudin, S.Ag, S.Pd, M.Pd hadiri Workshop ” Penguatan Kapasitas Kepada Insan Media untuk Mendukung Kota Tanggap Ancaman Narkoba“. Yang di gelar oleh BNNK Morowali. Acara tersebut berl

koordinasi-lpls-dukung-pembudayaan-germas-di-morowali

Koordinasi LP/LS Dukung Pembudayaan GERMAS di Morowali

morowalikab.go.id - Bungku - Menerapkan pola hidup bersih dan sehat di era new normal pandemi COVID-19 harus terus dipertahankan. Mendukung hal tersebut, Koordinasi Lintas Program dan Lintas Sektor (LP/LS) dalam Pembudayaan Gerakan Masyarakat Hidup S

bpk-ri-perwakilan-sulteng-entry-meeting-dengan-pemkab-morowali

BPK RI Perwakilan Sulteng Entry Meeting dengan Pemkab Morowali

morowalikab.go.id - Bungku - Dalam rangka pemeriksaan terinci atas laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Morowali Tahun Anggaran 2020, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah melakukan Entry Meeting ber

drs-taslim-resmikan-unit-kerja-kantor-imigrasi-kelas-iii-non-tpi-banggai-kabupaten-morowali

Drs. Taslim Resmikan Unit Kerja Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Banggai Kabupaten Morowali

PPID.Morowalikab.go.id-Bungku- Bupati Morowali, Drs. Taslim meresmikan Unit Layanan Paspor Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Banggai Di kabupaten Morowali , Komplek Perkantoran Fonuasingko, Kamis (5/12/2019). Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ke