Kegiatan Pendidikan dan pelatihan Perkoperasian Resmi ditutup oleh Kadis Koperasi dan UMKM Kabupaten Morowali.

  Rabu 07 April 2021   Octaviana Latong     157

Morowalikab.go.id-Bungku- Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Perkoperasian yang dilaksankanan oleh Dinas  Koperasi dan UMKM Kabupaten Morowali di Aula Losmen Amanah, Desa Ipi selama 3 (tiga) hari mulai 5-7 Maret 2021, secara resmi ditutup oleh Kadis Koperasi dan UMKM Kabupaten Morowali Hj.siti Asmaul Husna Syah, SE, MM, M.Si. Rabu (7/4/2021).

WhatsApp Image 2021-04-07 at 13-34-38 (1)

Kadis Koperasi dan UMKM Kabupaten Morowali Hj.Siti Asmaul Husna Syah, SE, MM, M.Si, dalam sambutannya, mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi kepada peserta pelatihan yang telah mengikuti kegiatan hingga selesai. Dikatakannya bahwa Peningkatan sumber daya manusia merupakan hal yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan produktifitas usaha koperasi.

“ Saya atas nama Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Morowali, sangat berterimakasih dan mengapersiasi kepada peserta yang masih konsisten mengikuti kegiatan ini. Terselanggaranya kegiatan ini, para peserta mampu memperoleh pengetahuan yang memadai, dengan tujuan bisa dimanfaatkan dan bisa berdaya saing, serta bisa bertahan ditengah globalisasi ataupun disaat wabah pandemi covid-19 seperti saat ini. Adapun Hasil berita acara rekomendasi pelatihan manajemen koperasi yang sudah disepakati bersama akan diteruskan kami sampaikan kepada bapak Bupati Morowali untuk ditindak lanjuti. ” Pungkasnya.

lebih lanjut, Ia mengajak kepada peserta kegiatan mampu Bersama-sama mensukseskan program pemerintah daerah yaitu terwujudnya Kota/Kabupaten pintar (Smart City).

“Mari kita sama-sama suskseskan program pemerintah Daerah Kabupaten Morowali yaitu meningkatkan pengelolaan sumber daya manusia guna peningkatan pendapatan asli daerah dengan melibatkan usaha kecil/menengah lokal dan koperasi agar lebih bisa meningkatkan ekonomi masyarakat dan menyerap tenaga kerja lokal dengan tetap menjaga iklim investasi yang baik dan kelestarian alam.” Ungkapnya.

WhatsApp Image 2021-04-07 at 13-34-38

Dikesempatan yang sama, Drs. Moh. Arsyad Karim, MM sebagai narasumber, berharap agar peningkatan sumber daya manusia melalui gerakan koperasi dan UMKM mampu mewujudkan kesejahteraan Bersama masyarakat Morowali.

“ Meningkatnya sumber daya manusia otomatis Pendapatan income perkapita bagi anggota koperasi sekaligus UMKM akan meningkat, sehingga visi dan misi Kabupaten Morowali itu akan terlaksana. selain itu, Impian Kabupaten Morowali untuk mensejahterahkan rakyatnya tidak susah dicapai, sepanjang gerakan koperasi dan UMKM baik eksekutif maupun legislatif benar-benar memberikan iklim yang kondusif mencipatakan satu peluang yang besar bagi kesejahteraan masyarakat.” Ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut,  Sekretaris Kadis Koperasi dan UMKM Kabupaten Morowali Moh. Ridwan Dg. Malureng, S.Ag, M.M, dan Drs. Moh. Arsyad Karim, MM sebagai narasumber, serta dihadiri 30 orang peserta pelatihan pelaku Koperasi dan UMKM Se- Kabupaten Morowali.

Adapun berita acara rekomendasi pelatihan manjamen koperasi yang di telah disepakati oleh tim perumus rekomendasi adalah sebagai berikut:

1. Dalam rangka peningkatan SDM pengurus koperasi yang dibina oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Morowali perlu diadakan pelatihan secara berkesinambungan yang di pertajam dari segi akuntasni yang disimulasikan untuk menyeragamkan model pelaporan, pertanggungjawaban, RAT dan Monev,

2. Dibutuhkan intervensi pemerintah dalam hal ini Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Morowali untuk menerbitkan koperasi illegal yang beroperasi diwilayah kabupaten morowali,

3. Perlu pemberdayaan, pendampingan dan pembinaan koperasi secara sehat berkala untuk mencapai sasaran koperasi sehat,

4. Perlu penambahan notaris pembuat akte koperasi yang diusulkan Kementerian Koperasi RI untuk mengantisipasi biaya pembuatan akte yang cukup mahal disebabkan karena hanya satu-satunya pembuat akte koperasi di Kabupaten Morowali,

5. Untuk membantu biaya pembuatan akte koperasi diusulkan agar pembuatan akte tersebut dapat dianggarkan lewat APBD Morowali.

6. Perlu melibatkan perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Morowali untuk menyisihkan dananya membantu permodalan koperasi.

7. Meresfel dan mengaktifkan Dekopinda (Dewan Koperasi Indonesia Daerah) Kabupaten Morowali.

Berita Terkait

pemkab-morowali-ikuti-rakor-tentang-evaluasi-penanganan-covid-19-bersama-gubernur-sulawesi-tengah-secara-virtual

Pemkab Morowali Ikuti Rakor tentang Evaluasi penanganan covid 19 Bersama Gubernur Sulawesi Tengah Secara Virtual

Morowalikab.go.id-Bungku- Menindaklanjuti surat edaran penerapan disiplin protokol kesehatan covid- 19 Gubernur Sulawesi Tengah Nomor 440/519/dis/kes, 22 september 2020, Pemerintah Kabupaten Morowali, Dr. H. Najamudin, S.Ag, S.Pd, M.Pd beserta unsur

pastikan-aman-bupati-morowali-jalani-vaksinasi-pertama

Pastikan Aman, Bupati Morowali Jalani Vaksinasi Pertama

morowalikab.go.id - Bungku - Bupati Morowali, Drs. Taslim telah menjalani vaksinasi Covid-19 dosis pertama di Rujab Bupati Morowali Rabu, (24/02). Tak hanya Bupati, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Morowali, Ny.

plt-kadis-kominfo-sebagai-narasumber-konsultasi-publik-ranperda-penyelenggaraan-pemerintahan-berbasis-tik

Plt. Kadis Kominfo sebagai Narasumber Konsultasi Publik Ranperda Penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis TIK

PPID - Morowalikab.go.id – BUNGKU - Dihadapan Bupati Morowali dan Tim Konsultan Perda Universitas Tadulako (UNTAD), Plt. Kadis Komunikasi dan Informatika Daerah, Drs. Syahrur, MM mempresentasikan Rancangan Perda tentang Penyelenggaran Pemerintahan

pasar-ramadhan-1440-hpusat-kuliner-buka-puasa-di-bungku

Pusat Kuliner "Pasar Ramadhan" di Bungku, Meramaikan Ramadhan 1440 H.

PPID - Morowalikab.go.id - Bungku - Peresmian pasar ramadhan 1440 H digelar di Lapangan Sepak Bola Bungku Tengah pada Senin, (06/05/19). Acara dibuka langsung Bupati Morowali, Drs. Taslim,  dihadiri oleh Camat Kec. Bungku Tengah, beberapa Kepala OPD

bupati-morowali-dukung-bni-smart-city

Dukung BNI Smart City, Bupati Morowali: ''Ini Berdampak Pada Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat''

BUNGKU - morowalikab.go.id - BNI Smart City merupakan salah satu konsep pengembangan perkotaan berbasis teknologi digital atau informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas dan kinerja pelayanan perkotaan, mengurangi biaya dan konsumsi sumber