Gelar Syukuran dan Doa Bersama -Pemkab Morowali dan Masyarakat Kecamatan Bungku Barat, Siap Terima PT. BTIIG beroperasi.

  Rabu 01 Desember 2021   Octaviana Latong     14036

WhatsApp Image 2021-12-01 at 21-44-18

Morowalikab.go.id-Bungku- Pemerintah Daerah Morowali berharap kepada PT. BTIIG agar dapat memberdayakan keberadaan masyarakat lokal, khususnya masyarakat Kecamatan Bungku Barat". Hal demikian disampaikan oleh Camat Bungku Barat Jalaludin Ismail, Mewakili Bupati Morowali saat menghadiri acara syukuran dan doa bersama masyarakat Desa Ambunu dan PT. BTIIG dalam rangka pemmbangunan pengelolahan Biji Nikel di Tiga Desa yaitu Desa Ambunu, Topogaro dan Tondo. Bertempat di Wilayah Kecamatan Bungku Barat, Rabu (01/12). Proses pembangunan sekaligus perusahaan pemilik pabrik, yakni PT. Baoshuo Taman Industry Invesment Group (BTIIG) sedangkan perusahaan daerah (Perusda) Kabupaten Morowali digandeng sebagai mitra kerja.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Morowali yang diwakili oleh Camat Bungku Barat Jalaludin Ismail menyampaikan permintaan maaf kepada para tamu undangan atas ketidakhadirannya Bupati, dikarenakan sedang melakukan Vidcon KPK bersama Gubernur Sulteng di Waktu yang sama. 

" Atas nama pemerintah daerah, Saya sampaikan permintaan maaf kami, karena bapak bupati tidak bisa hadir diacara ini, dikarenakan mempunyai acara diwaktu yang sama". Pungkasnya.

WhatsApp Image 2021-12-01 at 21-44-14 (1)

Dijelaskannya, bahwa tentunya dengan banyaknya industry pertambangan di Kabupaten Morowali, ini sangat berdampak positif dan menguntungkan bagi daerah, baik pemerintah maupun Masyarakat Morowali. 

"  Kami (red-Pemkab) bersama masyarakat Kecamatan Bungku Barat berharap Pembangunan industry ini tidak hanya sekedar membangun pabrik-pabrik saja, namun harus dibarengi dengan langkah meningkatkan Peningkatan Asli Daerah (PAD), meningkatkan kesempatan kerja, mengurangi kemiskinan dan juga mampu meningkatkan kesejehateraan masyarakat utamanya masyarakat lokal" Ujarnya. 

Sementara itu, Direktur PT. BTIIG Mr. Gao mengungkapkan dalam berinvestasi di Indonesia kini persyaratan-persyaratan hukum telah disetujui pemerintah, dan ini merupakan sebuah mega proyek di Indonesia.

"Proyek investasi kami adalah proyek feronikel dan stainless steel dalam skala besar, serta proyek teknologi energi baru. investasi pada tahap pertama sangat besar, yang akan memudahkan masyarakat lokal untuk mencari pekerjaan setelah memasuki proses produksi." Ungkap Mr. Gao

Lebih jauh, PT Baoshuo menyampaikan beberapa janji kepada desa yang dalam lokasi industri. Pertama, akan memperioritaskan masyarakat sekitar lokasi industri. Kedua, akan memberikan fasilitas listrik kepada masyarakat sekitar dengan harga yang lebih terjangkau. Ke Tiga, akan membangunkan masjid-masjid baru atau memperbaiki masjid yang sudah ada, sekaligus memberikan fasilitas listrik gratis untuk masjid-masjid di sekitar kawasan industri dan memberikan tunjangan gaji kepada satu imam disetiap masjid. Ke Empat, memberikan pelayanan pendidikan disekolah setempat dalam bentuk renovasi sekolah, dan berupa listrik gratis kepada sekolah-sekolah setempat. Memberikan bea siswa bagi siswa kurang mampu yang telah diakui pemerintah. Dan yang ke Lima, memperioritaskan warga desa sekitar kawasan industri untuk melakukan kerjasama kepada perusahaan dalam hal menyediakan kebutuhan makanan pokok seperti sayuran, buah-buahan, air minum, daging dan telur.

WhatsApp Image 2021-12-01 at 21-44-14

“Semoga dengan kehadiran kami dapat mensejahterakan masyarakat Kecamatan Bungku Barat dan Morowali secara umum,” tutup Mr Gao.

Tujuan diadakannya acara ini adalah meningkatkan silahtuhrahmi antara masyarakat desa Ambunu dan sekitarnya bersama PT. BTIIG. Diketahui, acara sykuran in merupakan hari kedua di Desa Ambunu, setelah Desa Topogaro dan akan dilanjutkan pada Kamis di Desa Tondo.

Acara tersebut diakhiri dengan pembacaan Doa bersama. Turut hadir unsur forkompimda Morowali, Direktur PT. BTTIG Mr. Gao, Perusda  Hi, Syahrir Ishak, S.E, Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Desa Wosu Ustad Muhammad Camat Bungku Barat, Jalaludin Ismail bersama para Kepala Desa se- Kecamatan Bungku Barat, Kapolsek dan sejumlah aparat TNI Kodim 1311/Morowali. 

 

 

 

Berita Terkait

bupati-morowali-sampaikan-pesan-penting-pada-acara-haul-guru-tua-ke-55-pendidikan-sebagai-prioritas-utama

Bupati Morowali Sampaikan Pesan Penting pada Acara Haul Guru Tua ke-55: "Pendidikan Sebagai Prioritas Utama"

Morowalikab.go.id- Bungku-  Pelaksanaan peringatan Haul Guru Tua ke-55 yang diselenggarakan di Pelataran Masjid Nurul Iman Desa Wosu Kecamatan Bungku Barat, Kabupaten Morowali berlangsung dengan khidmat dan lancar. Sabtu (13/05/2023).  &

peringati-hari-ibu-ke-91-bupati-morowali-sebut-phi-sebuah-momentum-kebangkitan-bangsa

Peringati Hari Ibu Ke-91, Bupati Morowali Sebut PHI Sebuah Momentum Kebangkitan Bangsa

morowalikab.go.id - Bungku - Bupati Morowali, Drs. Taslim, memimpin upacara peringatan Hari Ibu Ke-91 Tahun 2019 di Kompleks Kampus Alkhairaat Morowali, Desa Wosu, Kecamatan Bungku Barat, Kamis (26/12/2019). Upacara peringatan Hari Ibu Ke-91 Tahu

dlhd-dan-sdc-morowali-peringati-hari-tanam-pohon-di-desa-matarape-kecamatan-menui

DLHD Dan SDC Morowali Peringati hari Tanam pohon di Desa Matarape Kecamatan Menui

Morowalikab.go.id,Matarape Pohon memiliki peranan vital bagi manusia karena manfaat yang bisa didapatkan, salah satunya yaitu suplai oksigen.  Tak ketinggalan di hari Menanam Pohon Nasional Pemerintah Kabupaten Morowali Bupati Morowali Drs.T

pemkab-morowali-sosialisasikan-undang-undang-ormas-wabup-ungkapkan-hal-ini

Pemkab Morowali Sosialisasikan Undang-Undang Ormas, Wabup Ungkapkan Hal ini

Morowalikab.go.id - Bungku - Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah menggelar Sosialisasi Undang-undang Ormas di Ruang Pola Lantai II Kantor Bupati, Rabu (6/7/22) pagi. Kegiatan yang dibuka oleh Wakil

bupati-morowali-salurkan-benih-unggul-hasil-penangkaran-binaan-bumdes-puntari-kepada-22-kelompok-tani

Bupati Morowali, Salurkan Benih Unggul Hasil Penangkaran Binaan Bumdes Puntari Kepada 22 Kelompok Tani

Morowalikab.go.id-Bungku- Bupati Morowali Drs. Taslim salurkan benih unggul hasil penangkaran binaan BumDES Desa Puntari Makmur kepada 22 Kelompok tani,  Bertempat di Kantor Desa Puntari Makmur Minggu (08/01/2023).   Kegiatan yang diini