Tingkatkan SDM Tangguh, Bupati Membuka Kegiatan Pelatihan Menjahit UMKM Morowali

  Senin 07 Juni 2021   helman kaimu     180

2

Morowalikab.go.id, Bungku, Untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) tangguh, Bupati Morowali, Drs. Taslim membuka kegiatan Pelatihan Menjahit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Morowali Tahun Anggaran 2021, di Ruang Pola Kantor Bupati, Senin (7/6/21).

3

Diikuti peserta lokal Morowali, Kegiatan yang diinisiasi Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Morowali menghadirkan Instruktur dari Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil (ST3) Bandung.

Hadir dalam kegiatan diantaranya, Ketua TP-PKK Kabupaten Morowali, Ny. Asnoni Taslim, unsur Forkopimda Morowali, Pimpinan perusahaan BUMN dan BUMD, serta tamu undangan lainnya.

1

Bupati Morowali, Taslim, dalam sambutannya mengatakan Koperasi dan UMKM adalah persoalan penting bagi bangsa, bahkan dalam kaitannya dengan program-program pemerintah daerah.

‘’Bagi Pemda, ini menjadi urusan wajib yang merupakan salah satu masalah krusial dalam bidang penciptaan lapangan kerja serta menanggulangi masalah pengangguran. Olehnya, pelatihan menjahit bagi UMKM di Kabupaten Morowali dilaksanakan atas dasar suatu pemikiran bahwa UMKM maupun Koperasi adalah tanggung jawab pemerintah dan semua pihak,’’ ujarnya.

4

Selain itu, Taslim menambahkan bahwa kegiatan ini, juga merupakan upaya peningkatan kualitas SDM melalui pelatihan menjahit, untuk peningkatan produksi yang berkualitas.

‘’Pelatihan ini, merupakan bagian dari upaya strategis membekali pelaku usaha kita dalam penguasaan ketrampilan menjahit yang dapat digunakan dalam meningkatkan kualitas hasil produksi, sehingga mampu bersaing dan meningkatkan pendapatan serta menyerap tenaga kerja sehingga tercapai tujuan sejahtera bersama dan pemulihan ekonomi nasional,’’ ungkapnya.

Ia berharap, seluruh peserta belajar dengan sungguh-sungguh, serta mampu menyerap ilmu sebanyak-banyaknya dari para instruktur guna meningkatkan hasil produksi dengan kualitas yang lebih baik.

‘’Saya berharap seluruh peserta mampu menyerap ilmu sebanyak-banyaknya. Galilah ilmu dari para instruktur seluas-luasnya, agar mendapatkan bekal ilmu yang mapan untuk selanjutnya mampu bersaing di Pasar Global,’’ tutur Taslim.

Sementara itu, Kadis Koperasi dan UMKM, Hj. Siti Asmaul Husna Syah, mengungkapkan peningkatan SDM merupakan hal yang sangat dibutuhkan untuk peningkatan produktifitas UMKM. Berkenaan dengan itu, Dinas Koperasi dan UMKM melaksanakan pelatihan yang dilaksanakan di Losmen Amanah dan Sanggar Senam Putri Morowali di Desa Ipi Kecamatan Bungku Tengah.

‘’Kegiatan pelatihan produktifitas UMKM akan dilaksanakan di Losmen Amanah dan Sanggar Senam Putri Morowali yang ada di Desa Ipi. Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama 12 hari yakni sejak tanggal 7-18 Juni 2021,’’ pungkasnya.

Diketahui Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Morowali terdaftar UMKM sebanyak 4.603 unit usaha dengan omzet 784.037.138.000 Milyar Rupiyah, dengan rincian, Usaha Mikro, Rp. 412.304.558.000,-,  Usaha Kecil, Rp. 248.812.580.000,, dan Usaha Menengah sebesar Rp. 122.920.000,- dengan serapan tenaga kerja sebanyak 6.898 orang.

Mengusung tema ‘’Dengan Program Pemberdayaan UMKM Kita Tingkatkan SDM Pelaku Usaha Yang Tangguh, Terampil dan Mandiri Menyongsong Morowali Sejahtera Bersama,’’ berakhir dengan penyematan tanda kepesertaan oleh Bupati Morowali kepada Perwakilan peserta pelatihan serta penyerahan cendera mata dari ST3 Bandung kepada Bupati Morowali dan juga sebaliknya penyerahan cendera mata dari Bupati Morowali kepada Instruktur dari ST3 Bandung.

Berita Terkait

wabup-morowali-pimpin-upacara-17-bulan-berjalan-januari-2020

Wabup Morowali Pimpin Upacara 17 Bulan Berjalan Januari 2020

Bungku - morowalikab.go.id - Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali Menggelar Upacara 17 Bulan berjalan Januari 2020 di Halaman Kantor Bupati Morowali, Kompleks Perkantoran Fonuasingko Bungku, Desa Bente, Kecamatan Bungku Tengah. Upacara yang dipimpin

kepala-kantor-atr-bpn-kab-morowali-sukseskan-program-strategis-nasional-pengukuran-dan-pemetaan-bidang-tanah-di-kab-morowali

Antonius Boetar Boetar, SH: "Sukseskan Program Strategis Nasional, Pengukuran dan Pemetaan Bidang Tanah di Kab. Morowali

morowalikab.go.id - Bungku. Bertempat di Kantor ATR/BPN Kabupaten Morowali, Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Morowali melaksanakan pengangkatan sumpah Panitia Ajudikasi Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap dan Satuan Tugas Kantor Pertanahan Nasion

pemkab-morowali-ikuti-rakor-tentang-evaluasi-penanganan-covid-19-bersama-gubernur-sulawesi-tengah-secara-virtual

Pemkab Morowali Ikuti Rakor tentang Evaluasi penanganan covid 19 Bersama Gubernur Sulawesi Tengah Secara Virtual

Morowalikab.go.id-Bungku- Menindaklanjuti surat edaran penerapan disiplin protokol kesehatan covid- 19 Gubernur Sulawesi Tengah Nomor 440/519/dis/kes, 22 september 2020, Pemerintah Kabupaten Morowali, Dr. H. Najamudin, S.Ag, S.Pd, M.Pd beserta unsur

letakkan-batu-pertama-smk-nurul-ummah-bupati-pendidikan-lahirkan-generasi-berkualitas

Letakkan Batu Pertama SMK Nurul Ummah, Bupati: ‘’Pendidikan Lahirkan Generasi Berkualitas’’

Morowalikab.go.id, Bumi Raya, Pembangunan Infrastruktur jalan, jembatan dan lainnya merupakan hal yang sangat mendesak dan dibutuhkan oleh seluruh masyarakat, namun jika tidak ditunjang dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai seluruh pembang

bupati-morowali-kunker-tiga-desa-di-kec-menui-kepulauan

Bupati Morowali Kunker Tiga Desa di Kec. Menui Kepulauan

PPID / morowalikab.go.id / Menui Kepulauan. Kamis, (21/11), Bupati Morowali, Taslim bersama Ketua TP-PKK, Asnoni Taslim melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) di 3 desa dalam wilayah Kec. Menui Kepulauan. Dengan didampingi oleh Staf Ahli Bidang Pemban