Sepakati 7 Poin Tuntutan Buruh, Bupati Gelar Audiens Bersama Serikat Buruh FPE Kabupaten Morowali.

  Jumat 14 Agustus 2020   helman kaimu     1377

Morowali, IKP Kominfo, Bupati Morowali, Drs. Taslim menggelar kegiatan rapat Audiensi bersama Serikat Buruh Federasi Pertambangan dan Energi (FPE) Kabupaten Morowali, di Ruang Rapat Kantor Bupati Morowali, Kompleks perkantoran Fonuasingko, Desa Bente, Kecamatan Bungku Tengah, Kamis (13/08/20).

Rapat yang berlangsung dengan penuh keakraban berlangsung dengan diskusi antara Bupati Morowali dengan sejumlah perwakilan serikat buruh Federasi Pertambangan dan Energi Kabupaten Morowali.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Morowali, Taslim berharap setiap tuntutan buruh harus diselesaikan dengan cara diskusi sehingga setiap tuntutan dapat diselesaikan dengan bijak.

IKP 1

Sementara itu, Ketua DPC Serikat Buruh FPE Kabupaten Morowali, Nasri Sonna mengungkapkan bahwa tujuan dari audiens ini untuk menyampaikan beberapa poin tuntutan buruh kepada Pemda dan juga memberikan masukan sehingga tahun ini Pemda harus segera melakukan survey KHL yang melibatkan Dewan Pengupahan. Selain itu, kegiatan ini merupakan  rangkaian  agenda nasional di Jakarta yang berkaitan dengan pembahasan Rancangan Perundang-undangan Ketenaga Kerjaan.

‘’Audiensi ini merupakan momen yang baik dalam mendiskusikan sejumlah tuntutan buruh termasuk membahas persoalan pengupahan, yang menjadi dasar penghitungan penentuan Upah Minimum Kabupaten (UMK),’’ terang Nasri Sonna.

IKP 2

Berikut 7 poin berita acara tuntutan Serikat Buruh Federasi Pertambangan dan Energi  Kabupaten Morowali yang disepakati bersama diantaranya:

1. Tolak Pasal-pasal yang merugikan buruh/pekerja.

2. Akomodir masukan SP/SB terkait Draft RUU Cipta Kerja.

3. Keluarkan klaster ketenagakerjaan dari RUU Cipta Kerja jika usulan SP/SB tidak diakomodir

4. Segera lakukan survey KHL di Kabupaten Morowali

5. Segera adakan mediator HI di Kabupaten Morowali.

6. Segera fungsikan lembaga kerjasama Tripartite Kabupaten Morowali.

7. Pembangunan HALTE Bus dan penambahan bus angkutan Karyawan luar kawasan.

Dari hasil pembahasan Audiensi tersebut dapat disimpulkan sebagai berikut.

a. Tuntutan poin 1 s/d 3 akan diteruskan ketingkat nasional.

b. Tuntutan poin 4 survey KHL akan segera direalisasikan.

Tuntutan poin 5 Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja akan segera menyurati ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Morowali perihal permintaan mediator. Tuntutan poin 7 akan ditindak lanjuti dengan mengirim surat keperusahaan.

Berita acara kesepakatan tersebut ditandatangani oleh sejumlah pihak diantaranya, Kabid HI, Syarat Jaminan Sostek dan Ketenagakerjaan, Ahmad, ST, Kasie Jamsostek dan Ketenagakerjaan, Andi Imran, ST, Ketua DPC FPE Kab. Morowali, Hasri Sonna, Sekretaris PK FPE PT. ITSS, Fauzan, Ketua FPE PK PT. SMI, Ketua PK FPE PT. GCNS, Sulrahman, Ketua PK FPE PT. GCNS, Ketua FPE PK PT. IRNC, Hendra dan Wakil Ketua FPE PT. IMIP, Guntur. Selain itu, kesepakatan tersebut turut pula ditandatangani Bupati Morowali selaku yang mengetahui.

 

Berita Terkait

buka-turnamen-askab-pssi-morowali-2021-bupati-taslim-harapkan-junjung-sportivitas

Turnamen ASKAB PSSI Morowali 2021, Bupati Taslim Harapkan Junjung Sportivitas

Morowalikab.go.id-Bungku- Mengusung tema “ Bangun sepakbola generasi muda morowali dengan profesionalisme, spotivitas dan berdisiplin, bangkitkan potensi, raih prestasi”, Bupati Morowali Drs. Taslim resmi membuka turnamen ASKAB PSSI Kab

pemkab-morowali-ikuti-sosialisasi-inpres-nomor-2-tahun-2021-tentang-optimalisasi-pelaksanaan-program-jamsostek

Pemkab Morowali Ikuti Sosialisasi Inpres Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jamsostek

  morowalikab.go.id - Bungku - Pemerintah Kabupaten Morowali mengikuti Sosialisasi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek), Selasa (20/04). Sosialisasi y

hadiri-seminar-keteknik-sipilan-bupati-morowali-sampaikan-hal-ini

Hadiri Seminar Keteknik sipilan, Bupati Morowali Sampaikan Hal ini

Morowalikab.go.id-Bungku-Bupati Morowali Drs. Taslim menghadiri acara seminar Keteknik Sipilan, di Kampus PSDKU Untad Morowali, Desa Bahomoleo, Kec.Bungku Tengah, Jumat(25/11/22).   Kegiatan ini diinisiasi oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil

dinas-kominfo-morowali-gelar-sertib-kadis-baru

Dinas Kominfo Morowali Gelar Sertijab Kadis Baru

BUNGKU, morowalikab.go.id, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) daerah Kabupaten Morowali menggelar serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Dinas baru di Ruang Kerja Kadis, Rabu (7/4/21). Sertijab yang ditandai dengan penandatanganan beri

rapat-pertemuan-forkopimda-dengan-fmmk-bupati-tegaskan-utamakan-musyawarah

Rapat Pertemuan Forkopimda dengan FMMK, Bupati Tegaskan Utamakan Musyawarah

morowalikab.go.id - Bungku - Rapat Pertemuan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama Forum Masyarakat Menui Kepulauan (FMMK) digelar di Ruang Pola Kantor Bupati Jumat, (02/10). Rapat dipimpin langsung oleh Bupati Morowali, Drs. Taslim