Peduli Pengelolaan Sampah Nasional, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Resmikan Fasilitas PDU Kabupaten Morowali

  Selasa 23 Maret 2021   helman kaimu     1793

6_thumbnail

BUNGKU, morowalikab.go.id, Peduli pengelolaan sampah nasional, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Direktur Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Sampah, Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (B3), bersama Bupati Morowali, Drs. Taslim meresmikan fasilitas Pusat Daur Ulang (PDU) Kabupaten Morowali, Selasa (23/03/21).

Peresmian yang berlangsung secara virtual di Ruang Pola Kantor Bupati dihadiri Kadis Lingkungan Hidup Daerah, Andi Kaharudin, ST., MM, Kadis Komunikasi dan Informatika Daerah, Ramli Sanudin, SE., M.Si, dan sejumlah Pejabat Eselon III, IV, serta Staf Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kabupaten Morowali.

Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 pada KLHK, Rosa Vivien Ratnawati dalam sambutannya mengatakan Program pengelolaan sampah merupakan perwujudan pelaksanaan fasilitas dan bantuan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah dalam upaya peningkatan kapasitas dan kinerja pengelolaan sampah, limbah dan B3.

‘’Program KLHK ini dilaksanakan untuk mewujudkan upaya peningkatan kapasitas dan kinerja pengelolaan sampah, limbah dan B3 di Daerah, sehingga mampu mengatasi persoalan sampah dengan baik. Untuk itu Pemda Morowali harus memanfaatkan fasilitas PDU lebih efektif,’’ ujarnya.

1

Sementara itu, Bupati Morowali, Taslim sangat berterima kasih kepada KLHK yang telah memberikan bantuan kepada Pemda Morowali berupa fasilitas PDU sehingga pengelolaan sampah di Kabupaten Morowali dapat teratasi dengan baik.

‘’Saya sangat berterima kasih kepada Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 atas bantuan berupa fasilitas PDU sehingga sampah yang ada di Tempat Pembuangan Akhir dapat diolah menjadi pupuk organik,’’ ucapnya.

3

Lebih lanjut, Taslim menuturkan dengan adanya fasilitas PDU, dapat mempermudah Pemerintah Daerah menghasilkan pupuk organik yang menjadi kebutuhan pertanian di Kabupaten Morowali.

‘’Adanya fasilitas PDU dari KLHK dapat mempermudah Pemda menghasilkan pupuk organik yang menjadi kebutuhan pertanian. selain itu, dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat,’’ pungkas mantan anggota DPRD Kabupaten Morowali.

4

Kegiatan yang berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 berakhir dengan penandatanganan prasasti secara bersama-sama antara Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 bersama Bupati Morowali. Hal tersebut pertanda resminya pemanfaatan fasilitas PDU Kabupaten Morowali yang terletak di Desa Bahoruru Kecamatan Bungku Tengah.

Adapun fasilitas pengelolaan sampah yang diresmikan pemanfatannya berupa Pusat Daur Ulang (PDU) kapasitas 10 ton/hari berada diatas lahan 20 M x 20 M, 2 unit Conveyor pemilah, 1 unit Conveyor vider, 1 Unit pencacah kompas, 1 unit pencetak pelet, 1 unit Mixer, 2 unit Skener pengayak kompos, 1 unit Mesin pres hidrolik, dan Motor pengangkut tiga roda.

 

Berita Terkait

bps-kabupaten-morowali-gelar-rakorkab-regsosek-tahun-2022

BPS Kabupaten Morowali Gelar Rakorkab Regsosek Tahun 2022

Morowalikab.go.id - Bungku - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Morowali menggelar Rapat Koordinasi Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022, di Aula Grand Qafia Hotel, Desa Bahomohoni, Jumat (23/09/2022). Rakorkab digelar dalam

pakaian-adat-tobungku-warnai-upcara-hardiknas-2022-di-morowali

PAKAIAN ADAT TOBUNGKU WARNAI UPACARA HARDIKNAS 2022 DI MOROWALI

morowalikab.go.Id -Bungku- Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali menggelar Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Berlangsung di Halaman Kantor Bupati Morowali, Jumat (13/5/22). Peringatan tersebut tidak dilaksanakan sebagaimana tanggal

dprd-morowali-gelar-rapat-paripurna-agendakan-pendaoat-bupati-dan-jawaban-pengusul-terhadap-pengajuan-ranperda

DPRD Morowali Gelar Rapat Paripurna, Agendakan Pendapat Bupati dan Jawaban Pengusul terhadap Pengajuan Ranperda

Morowalikab.go.id - Bungku - DPRD Kabupaten Morowali menggelar Rapat Paripurna ke-8 Masa Persidangan I dengan agenda mendengarkan Jawaban Pengusul atas Pendapat Bupati terhadap Ranperda Inisiatif DPRD dan Pendapat Pemerintah Daerah atas Tanggapan F

bupati-morowali-hadiri-tabligh-akbar-dan-silaturrahim-warga-nu

Bupati Morowali Hadiri Tabligh Akbar Dan Silaturrahim Warga NU

Morowalikab.go.id, Witaponda, Bupati Morowali, Drs. Taslim didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten, Ny. Asnoni Taslim, menghadiri Tabligh Akbar dan Silaturrahim warga Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Morowali, Senin (22/8/22). Acara yang diselimuti hujan

tingkatkan-layanan-kesehatan-di-bahomotefe-pt-vale-kerjasama-dengan-dkp2kb-morowali-gelar-pelatihan

Tingkatkan Layanan Kesehatan di Bahomotefe, PT. Vale Kerjasama dengan DKP2KB Morowali Gelar Pelatihan

Morowalikab.go.id - Bungku Timur - Bupati Morowali, Drs. Taslim resmi membuka Pelatihan Peningkatan Kualitas Layanan Kesehatan dan Peningkatan Kapasitas Pengetahuan bagi Pengelola Program Pencegahan Pengendalian Penyakit Puskesmas Bahomotefe di Aul