Peduli Pengelolaan Sampah Nasional, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Resmikan Fasilitas PDU Kabupaten Morowali

  Selasa 23 Maret 2021   helman kaimu     461

6_thumbnail

BUNGKU, morowalikab.go.id, Peduli pengelolaan sampah nasional, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Direktur Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Sampah, Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (B3), bersama Bupati Morowali, Drs. Taslim meresmikan fasilitas Pusat Daur Ulang (PDU) Kabupaten Morowali, Selasa (23/03/21).

Peresmian yang berlangsung secara virtual di Ruang Pola Kantor Bupati dihadiri Kadis Lingkungan Hidup Daerah, Andi Kaharudin, ST., MM, Kadis Komunikasi dan Informatika Daerah, Ramli Sanudin, SE., M.Si, dan sejumlah Pejabat Eselon III, IV, serta Staf Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kabupaten Morowali.

Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 pada KLHK, Rosa Vivien Ratnawati dalam sambutannya mengatakan Program pengelolaan sampah merupakan perwujudan pelaksanaan fasilitas dan bantuan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah dalam upaya peningkatan kapasitas dan kinerja pengelolaan sampah, limbah dan B3.

‘’Program KLHK ini dilaksanakan untuk mewujudkan upaya peningkatan kapasitas dan kinerja pengelolaan sampah, limbah dan B3 di Daerah, sehingga mampu mengatasi persoalan sampah dengan baik. Untuk itu Pemda Morowali harus memanfaatkan fasilitas PDU lebih efektif,’’ ujarnya.

1

Sementara itu, Bupati Morowali, Taslim sangat berterima kasih kepada KLHK yang telah memberikan bantuan kepada Pemda Morowali berupa fasilitas PDU sehingga pengelolaan sampah di Kabupaten Morowali dapat teratasi dengan baik.

‘’Saya sangat berterima kasih kepada Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 atas bantuan berupa fasilitas PDU sehingga sampah yang ada di Tempat Pembuangan Akhir dapat diolah menjadi pupuk organik,’’ ucapnya.

3

Lebih lanjut, Taslim menuturkan dengan adanya fasilitas PDU, dapat mempermudah Pemerintah Daerah menghasilkan pupuk organik yang menjadi kebutuhan pertanian di Kabupaten Morowali.

‘’Adanya fasilitas PDU dari KLHK dapat mempermudah Pemda menghasilkan pupuk organik yang menjadi kebutuhan pertanian. selain itu, dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat,’’ pungkas mantan anggota DPRD Kabupaten Morowali.

4

Kegiatan yang berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 berakhir dengan penandatanganan prasasti secara bersama-sama antara Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 bersama Bupati Morowali. Hal tersebut pertanda resminya pemanfaatan fasilitas PDU Kabupaten Morowali yang terletak di Desa Bahoruru Kecamatan Bungku Tengah.

Adapun fasilitas pengelolaan sampah yang diresmikan pemanfatannya berupa Pusat Daur Ulang (PDU) kapasitas 10 ton/hari berada diatas lahan 20 M x 20 M, 2 unit Conveyor pemilah, 1 unit Conveyor vider, 1 Unit pencacah kompas, 1 unit pencetak pelet, 1 unit Mixer, 2 unit Skener pengayak kompos, 1 unit Mesin pres hidrolik, dan Motor pengangkut tiga roda.

 

Berita Terkait

tolak-diskriminasi-sorak-morowali-temui-pemda

TOLAK DISKRIMINASI, SORAK MOROWALI GELAR UNJUK RASA

Morowalikab.go.id - Solidaritas Tenaga Kerja (SORAK) Morowali, menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Bupati Morowali, Rabu (17/10/18). Ratusan peserta aksi massa yang tergabung dari sejumlah perwakilan buruh, dengan tegas menolak diskriminasi dan memin

koordinasi-lpls-dukung-pembudayaan-germas-di-morowali

Koordinasi LP/LS Dukung Pembudayaan GERMAS di Morowali

morowalikab.go.id - Bungku - Menerapkan pola hidup bersih dan sehat di era new normal pandemi COVID-19 harus terus dipertahankan. Mendukung hal tersebut, Koordinasi Lintas Program dan Lintas Sektor (LP/LS) dalam Pembudayaan Gerakan Masyarakat Hidup S

wujudkan-pelayanan-prima-dan-berbasis-teknologi-dengan-aplikasi-sitaka

Wujudkan Pelayanan Prima dan Berbasis Teknologi dengan Aplikasi SITAKA

PPID - Morowalikab.go.id - Bungku - Bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Morowali, Selasa (8/10/19), pemda menggelar kegiatan sosialisasi aplikasi untuk wujudkan sistem pelayanan kepegawaian yang prima dan berbasis teknologi informasi terhada

pemkab-morowali-gelar-peringatan-isra-miraj-1442-h

Pemkab Morowali Gelar Peringatan Isra Mi'raj 1442 H

morowalikab.go.id - Bungku - Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali dalam hal ini panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) menggelar kegiatan keagamaan berupa peringatan Isra Mi'raj Nabi Besar Muhammad SAW 1442 H/2021 M pada Jumat, (26/03). Diketah

sidang-paripurna-komitmen-bersama-eksekutif-dan-legislatif

Sidang Paripurna, Komitmen Bersama Eksekutif dan Legislatif

BUNGKU - morowalikab.go.id - Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, melaksanakan ''Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I Tahun 2019. Kegiatan berlangsung di Ruang Sidang DPRD, Kamis (17/01/19), dihadiri B