PAKAIAN ADAT TOBUNGKU WARNAI UPACARA HARDIKNAS 2022 DI MOROWALI

  Jumat 13 Mei 2022   Citra Sari     1633

6c1326e3-2bdc-4990-bfe4-449f5f40c11a_content

morowalikab.go.Id -Bungku- Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali menggelar Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Berlangsung di Halaman Kantor Bupati Morowali, Jumat (13/5/22). Peringatan tersebut tidak dilaksanakan sebagaimana tanggal semestinya 2 mei kemarin sebab bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1443 H dan Cuti Bersama, yang disampaikan melalui surat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, nomor 28254/MPK/TU.02.03/2022 tertanggal 22 April 2022. 

73ceacf4-4bff-40a7-a5dd-ed4fab14e463

Upacara yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Morowali, Drs. Yusman Mahbub, dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Morowali, Amir Aminudin S.Pd.,MM, dan kepala SKPD lainnya, Ketua Dewan Adat tobungku, Drs. Maidzun Ilwan Ridhwan, serta tamu undangan lainnya. 

Seluruh peserta Upacara di halaman Kantor Bupati mengenakan Pakain Adat, sementara itu, Upacara diselenggarakan secara tatap muka terbatas dengan protokol kesehatan sejak pukul 08.00 WIB. Disebutkan juga dalam Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Hardiknas 2022, tema tahun ini adalah "Pimpin Pemulihan Bergerak untuk Merdeka Belajar".

0c900405-e6fd-4368-8c6a-2b83fee6934c_thumbnail

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Morowali yang diwakili Sekda Morowali menyampaikan Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

"Kurikulum Merdeka, yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran. Kini Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan. Anak-anak juga tidak perlu lagi khawatir dengan tes kelulusan karena Assessmen Nasional yang sekarang di gunakan tidak bertujuan untuk "menghukum" guru atau murid, tetapi sebagai bahan refleksi agar guru terus terdorong untuk belajar, supaya kepala sekolah termotivasi untuk meningkatkan kualitas sekolahnya menjadi lebih inklusif atau keterbukaan kelompok masyarakat untuk toleransi dan menghargai budaya", katanya. 

5056ee9b-02b9-4227-b602-2983599806db_content

 

Mengutip dari laman resmi Kemdikbud, berikut ini isi lengkap pidato Nadiem Makarim dalam upacara Hardiknas 2022:

Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh, Salam sejahtera bagi kita semua,
Om swastiastu,
Namo buddhaya,
Salam kebajikan,
Rahayu.

Saudara-saudariku sebangsa dan setanah air,
Selama dua tahun terakhir, banyak sekali tantangan yang harus kita hadapi bersama, yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Bahkan, kita mungkin tidak pernah membayangkan bahwa kita semua dapat mengatasinya.
Hari ini, saudara-saudariku,adalah bukti. Bukti bahwa kita jauh lebih tangguh dari semua tantangan, lebih berani dari rasa ragu dan tidak takut untuk mencoba. Kita tidak hanya mampu melewati, tetapi berdiri di garis depan untuk memimpin pemulihan dan kebangkitan.
Di tengah hantaman ombak yang sangat besar, kita terus melautkan kapal besar bernama Merdeka Belajar, yang di tahun ketiga ini telah mengarungi pulau-pulau di seluruh Indonesia.
Kurikulum Merdeka, yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran. Kini Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan.
Anak-anak kita juga tidak perlu lagi khawatir dengan tes kelulusan karena Asesmen Nasional yang sekarang kita gunakan tidak bertujuan untuk "menghukum" guru atau murid, tetapi sebagai bahan refleksi agar guru terus terdorong untuk belajar; supaya kepala sekolah termotivasi untuk meningkatkan kualitas sekolahnya menjadi lebih inklusif dan bebas dari ancaman tiga dosa besar pendidikan.
Semangat yang sama juga sudah kita dengar dari para seniman dan pelaku budaya,yang sekarang mulai bangkit lagi, mulai berkarya lagi dengan lebih merdeka. Itu Semua berkat kegigihan kita untuk melahirkan terobosan ana abadi kebudayaan dan kanal budaya pertama di Indonesia. Dampaknya, sekarang tidak ada lagi batasan ruang dan dukungan untuk berekspresi, untuk terus menggerakkan pemajuan kebudayaan.
Semua perubahan positif yang kita usung bersama ini tidak hanya dirasakan oleh para orang tua,guru, dan murid di Indonesia, tetapi sudah digaungkan sampai ke negara-negara lain melalui presidensi Indonesia di konferensi tingkat tinggi G20.Tahun ini kita membuktikan diri bahwa kita tidak lagi hanya menjadi pengikut, tetapi pemimpin dari gerakan pemulihan dunia.
Para penggerak Merdeka Belajar di seluruh Indonesia yang saya banggakan, Langkah kita hari ini sudah semakin serentak, laju kita sudah semakin cepat. Namun, kita belum sampai di garis akhir. Maka,tidak ada alasan untuk berhenti bergerak meski sejenak. Ke depan, masih akan ada angin yang kencang dan ombak yang jauh lebih besar, serta rintangan yang jauh lebih tinggi. Dan kita akan terus memegang komando, memimpin pemulihan bersama, bergerak untuk Merdeka Belajar.

Selamat Hari Pendidikan Nasional.
Wassalamualaiku─▒n warahmatullahi wabarakatuh,
Om shanti, shanti, shanti, om,
Namo buddhaya.

Berita Terkait

kunker-di-menui-bupati-dan-wabup-serahkan-sejumlah-bantuan

Kunker di Menui, Bupati dan Wabup Serahkan Sejumlah Bantuan

Morowalikab.go.id, Menui Kepulauan, Guna mewujudkan visi ‘’Masyarakat Morowali Sejahtera Bersama’’, Bupati Morowali, Drs. Taslim bersama Wakil Bupati, DR. H. Najamudin, S.Ag., S.Pd., M.Pd, menyerahkan sejumlah bantuan yang

perkuat-silaturahmi-pemda-morowali-dan-anggota-dpr-ri-h-ahmad-hmali-tatap-muka-bersama-masyarakat-menui-kepulauan

Perkuat Silaturahmi, Pemda Morowali dan Anggota DPR RI H. Ahmad H.MAli Tatap Muka Bersama Masyarakat Menui Kepulauan

Morowalikab.go.id-Menui Kepulauan- Pemerintah daerah dibawah kepemimpinan Tahajud saat ini, tidak hanya memprioritaskan kesejahteraan masyarakat di darat akan tetapi masyarakat pulau juga menjadi prioritas utama dalam mewujudkan visi sejahtera bersa

jawaban-bupati-morowali-atas-pandangan-umum-fraksi-fraksi-terhadap-nota-keuangan-rapbd-perubahan-ta-2020

Bupati Morowali Jawab Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Terhadap Nota Keuangan RAPBD Perubahan TA 2020

Morowalikab.go.id, Bungku, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Morowali, menggelar Rapat Paripurna ke-4 masa persidangan 1 Tahun Sidang 2020-2021 di Ruang Sidang DPRD, Senin (13/09/20). Rapat dengan agenda mendengarkan jawaban Bupati

bpkad-morowali-bersama-kpknl-gelar-penilaian-aset-milik-daerah

BPKAD Morowali Bersama KPKNL Gelar Penilaian Aset Milik Daerah

Morowalikab.go.id – Bungku - Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali, melalui Badan Pengelolaan Keungan dan Aset Daerah (BPKAD) melakukan penataan Barang Milik Daerah (BMD). Melibatkan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Kota Pal

bupati-resmi-membuka-kosn-fl2sn-dan-gsi-jenjang-sdsmp-se-morowali

Bupati Resmi Membuka KOSN, FL2SN dan GSI Jenjang SD/SMP se Morowali

Morowalikab.go.id - Bungku - Bupati Morowali, Drs. Taslim menghadiri sekaligus resmi membuka Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN), Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN) dan Gala Siswa Indonesia (GSI) jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah