PAD Morowali 21,49 Persen, Bupati: Maksimalkan Sumber Potensi Pendapatan

  Selasa 23 Juni 2020   Winda Bestari     3117

 

morowalikab.go.id - Bungku - Badan Pengelola Pendapatan Daerah (BPPD) menggelar Rapat Evaluasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Morowali semester I (Januari-Juni) tahun 2020, di ruang pola Kantor Bupati pada Selasa, (23/06).


Rapat dipimpin oleh Bupati Morowali, Drs. Taslim bersama Kepala BPPD, Drs. Harsono Lamusa dan Sekretaris Daerah, H. Moh. Jafar Hamid, SH., M.M. Rapat evaluasi juga diikuti oleh para pimpinan OPD dan camat.

Target PAD yang ditetapkan pada Tahun Anggaran 2020 adalah sebesar Rp. 313.163.695.089,84. Melalui rapat evaluasi tersebut, BPPD menyajikan data laporan realisasi penerimaan pendapatan. Tercatat hingga 22 Juni 2020, total PAD yang telah dicapai adalah sebesar Rp. 67.308.652.846,58 atau mencapai 21,49%.

Namun demikian, tidak tercapainya target PAD bukan tanpa alasan. Pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda berakhir. Sebarannya meningkat tiap hari hingga memengaruhi seluruh sektor. Hal ini membuat sektor pajak maupun retribusi anjlok. Sehingga selama masa pandemi, PAD mengalami penurunan atau tidak mencapai target.

Untuk menekan potensi defisit, Taslim mengimbau agar seluruh stakeholder yang bersangkutan dapat lebih progresif dan bekerja sama dalam meningkatkan sumber pendapatan daerah.
"mengatasi defisit dengan memaksimalkan PAD itu akan menekan defisit. Jika kedepan kita rutin melakukan evaluasi seperti tahun sebelumnya, tentu kita akan mudah mengetahui kondisi defisit yang sesungguhnya", pungkas Taslim.

Ia berharap, melalui evaluasi tersebut, hasil yang diperoleh selain mampu menghambat peluang defisit, namun ia juga dapat menjadi bahan rujukan terkait angka real dalam rancangan KUA PPAS. Taslim juga menegaskan agar BPPD bisa lebih inovatif dan cermat menggali potensi sumber pendapatan.
"Semoga kita saling memberikan informasi dan mendapat gambaran berapa sesungguhnya target pendapatan yang kita capai baik dari retribusi IMB, TKA maupun dari jenis-jenis pendapatan lainnya. Sehingga ini akan menjadi rujukan anggaran dalam rangka menyusun KUA PPAS kedepannya," harap Taslim.

Berita Terkait

bupati-morowali-hadiri-peletakan-batu-pertama-pembangunan-mako-batalyon-c-pelopor-satbrimob-polda-sulteng

BUPATI MOROWALI HADIRI PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN MAKO BATALYON C PELOPOR SATBRIMOB POLDA SULTENG

morowalikab.go.id -Bungku- Kapolda Sulawesi Tengah bersama Bupati Morowali menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Mako Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulteng, di Desa Labota, Kecamatan Bahodopi, Selasa (12/07/22). Acara diawali deng

hadiri-perpisahan-mahasiswa-kkn-bupati-harapkan-dukungan-ugm-tingkatkan-sdm-morowali

Hadiri Perpisahan Mahasiswa KKN, Bupati Harapkan dukungan UGM Tingkatkan SDM Morowali

Umbele - morowalikab.go.id - Jelang berakhirnya Kuliah Kerja Nayata (KKN) pada tanggal 7 Februari nanti di Desa Umbele, 30 orang  mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta menggelar kegiatan perpisahan. Kegiatan yang berlangsung di Gedung S

wabup-dr-najamudin-lantik-ketua-dpc-api-kab-morowali-periode-2020-2025

Wabup Dr. Najamudin Lantik Ketua DPC API Kab. Morowali Periode 2020-2025

Morowalikab.go.id-Bungku- Wakil Bupati Morowali Dr. H.Najamudin, S.Ag, S.Pd, M.Pd, melantik  Dewan Pimpinan Cabang, Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Ketua Pendeta Jefri, Masa Kerja periode 2020-2025 di Aula Kantor Bupati. Senin, (31/08). Dala

apjaker-morowali-gelar-audiensi-bersama-pemda-morowali-dan-stakeholder-terkait

APJAKER Morowali Bersama Pemda Morowali dan Stakeholder Terkait Audiensi dengan Kemenaker RI

Morowalikab.go.id-Bungku- Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali melalui Disnakertrans berkolaborasi dengan Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja ( APJAKER) Kabupaten Morowali menyelenggarakan audiensi sekaligus silaturahmi bersama Stakeholder terka

sekda-morowali-lepas-kafilah-morowali-ikuti-mtq-xxix-di-banggai

Sekda Resmi Lepas Kafilah Morowali Ikuti MTQ XXIX di Banggai

Morowalikab.go.id - Bungku - Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Morowali, Drs. Yusman Mahbub, M.Si melepas kafilah Kabupaten Morowali untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-29 tingkat Provinsi Sula