Sunday 14 May 2023
Maisarah
568
Morowalikab.go.id –Bungku- Bupati Morowali hadir dalam Kegiatan Sosialisasi Desa Tangguh Bencana (Destana) tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Morowali di GOR Fonuasingko, Desa Bente Kecamatan Bungku Tengah, Senin (15/05/2023).
Panitia pelaksana, Nurul Afni Daud, SE melaporkan kegiatan ini dilakukan sebagai upaya persiapan pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana) pada daerah rawan bencana di Kabupaten Morowali. Destana merupakan desa yang memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana.
“Kegiatan ini dilakukan selama 3 (tiga) hari dengan peserta kegiatan berjumlah 80 orang yang terdiri dari 50 peserta yang mewakili seluruh kecamatan di Kabupaten Morowali yaitu golongan peduli masyarakat, perangkat desa, relawan, tim pramuka, tim reaksi cepat, anggota BPBD dan anggota DPD PPNI”. Pungkasnya
Sementara itu dalam sambutannya Bupati Morowali, Drs Taslim mengapreasiasi kegiatan sosialisasi desa tangguh bencana sebagai salah bentuk persiapan masyarakat tangguh dalam menghadapi bencana. Desa-desa yang berada pada wilayah rawan bencana di Kabupaten Morowali diharapkan memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi di daerah rawan bencana, menghadapi ancaman bencana serta memulihkan diri segera dari dampak bencana.
“perlunya mitigasi bencana untuk persiapan dini dalam menghadapi bencana dengan kondisi Kabupaten Morowali yang berada pada zona merah. Upaya kita dalam meminimalisir dampak bencana dengan meningkatkan kesiapsiagaan dan kesadaran dari masyarakat.” Ungkapnya.
Hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah Kabupaten Morowali, Drs.Yusman Mahbub, M.Si, Unsur Forkopimda Morowali, Pejabat Teras Pemerintah Morowali, Ketua Pusat Penelitian Mitigasi dan Kebencanaan (LPPM) Universitas Tadulako Dr.Ir.Rustam Efendi, S.Si.,MT, Kepala BPBD Kabupaten Morowali, Perwakilan Kapolres Morowali, serta tamu dan peserta kegiatan yang hadir.